Tekno & Sains
·
2 Desember 2020 13:37

Oppo Reno 5 Dipastikan Masuk Indonesia, Sudah Lulus TKDN

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Oppo Reno 5 Dipastikan Masuk Indonesia, Sudah Lulus TKDN (5642)
searchPerbesar
Bocoran tampilan Oppo Reno 5. Foto: Istimewa
Oppo dipastikan akan segera memboyong smartphone baru penerus Reno 4 ke Indonesia. Handphone (HP) yang dimaksud adalah Oppo Reno 5.
ADVERTISEMENT
Tanda-tanda Oppo Reno 5 segera hadir di Indonesia telah terlihat pada situs TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) Kementerian Perindustrian dengan mendapatkan nilai TKDN sebesar 31.85 persen. Sertifikat telah dikeluarkan pada Oktober 2020 lalu.
Tidak hanya itu, di situs sertifikasi postel Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga sudah terdapat sertifikat perangkat dengan kode CPH 2159 yang terdaftar dengan nomor sertifikat 71283/SDPPI/2020. Model Oppo CPH 2159 diketahui adalah Oppo Reno 5.
Oppo Reno 5 Dipastikan Masuk Indonesia, Sudah Lulus TKDN (5643)
searchPerbesar
Sertifikat TKDN Oppo Reno 5. Foto: Screenshot
PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto, juga telah membenarkan bahwa Oppo tengah menyiapkan suksesor Reno 4 untuk segera rilis di Indonesia. Namun, Aryo tidak memberikan keterangan lengkap soal waktu perilisan dan hanya mengatakan awal tahun 2021.
“Kami memang sedang mempersiapkan suksesor dari perangkat Reno 4 di Indonesia. Mudah-mudahan jika tidak ada halangan dapat segera diperkenalkan dalam waktu dekat, kemungkinan pada awal tahun mendatang. Memang belum banyak yang dapat kami informasikan mengenai perangkat ini, pastinya perangkat ini akan membawa fitur baru yang akan direspon baik konsumen seperti halnya AI Color Portrait pada Reno 4,” katanya dalam keterangan yang diterima kumparan, Rabu (2/11).
ADVERTISEMENT
Aryo pun tidak membeberkan spesifikasi dari Oppo Reno 5. Namun, ia memastikan HP Reno 5 nantinya dilengkapi dengan sistem operasi terbaru ColorOS 11 yang berbasis Android 11.
Oppo Reno 5 Dipastikan Masuk Indonesia, Sudah Lulus TKDN (5644)
searchPerbesar
UI Customization ColorOS 11. Foto: Oppo
Menariknya, pada sistem operasi ini, Oppo menjanjikan akan membawa berbagai fitur baru dan kustomisasi baru pada perangkat Reno 5. Jika dilihat dari pola kehadiran perangkat Reno sebelumnya, diperkirakan setelah memperkenalkan fitur kamera AI pada Reno 4, nantinya perangkat Reno 5 akan berfokus pada fitur perekaman video berbasis kecerdasan buatan.
Sementara bocoran yang beredar di internet menyebutkan, Oppo Reno 5 akan dibekali empat kamera belakang dengan masing-masing beresolusi 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), dan dua modul kamera 2 MP. Sedangkan, kamera depan dengan resolusi 32 MP.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan GSMArena, smartphone penerus Reno 4 itu diprediksi memiliki layar 6,47 inci OLED dan kapasitas baterai 4.300 mAh dengan pengisian super cepat 65 W. Belum diketahui prosesor yang akan digunakan oleh Oppo Reno 5 ini.