kumparan
23 Februari 2019 20:22

Oppo Resmikan Teknologi Kamera Smartphone 10x Zoom

Teknologi zoom pada kamera smartphone Oppo. Foto: Oppo
Oppo sekali lagi melakukan inovasi pada sektor teknologi kamera smartphone. Di tahun 2017, mereka jadi yang pertama memperkenalkan teknologi kamera zoom 5x. Kemudian di tahun 2019 ini, Oppo jadi yang pertama memperkenalkan teknologi kamera zoom 10x pada smartphone.
ADVERTISEMENT
Teknologi yang diberi nama 10x lossless zoom ini diperkenalkan Oppo di Barcelona dalam gelaran Innovation Event yang berlangsung Sabtu (23/2), menjelang acara pameran produk teknologi terbesar di Eropa, Mobile World Congress (MWC 2019).
Inovasi tersebut terealisasi berkat komitmen investasi yang besar dalam penelitian dan pengembangan. Vice President Oppo, Anyi Jiang, percaya diri inovasi adalah prioritas untuk membawa perkembangan baru ke tangan konsumen. Investasi penelitian dan pengembangan ini bakal terus dilanjutkan Oppo, yang saat ini masuk daftar vendor smartphone global terbesar di dunia, menurut data IDC pada kuartal empat 2018.
Acara peluncuran Oppo. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Teknologi 10x lossless zoom dipercaya memberi kemudahan kepada pengguna dalam mengabadikan momen tanpa harus kehilangan kualitas gambar. Oppo membawa konfigurasi tiga kamera dengan struktur tiga lensa. Terdiri atas lensa telephoto, lensa sudut ultra lebar (ultra-wide), dan kamera utama.
ADVERTISEMENT
Teknologi ini membawa serta fitur Optical Image Stabilization (OIS) pada kamera utama dan lensa telephoto untuk mencapai akurasi yang lebih tinggi dan anti-guncangan. Langkah tersebut memantapkan kamera Oppo agar bukan cuma kuat di sektor gambar diam, tetapi juga gambar bergerak atau video, karena OIS akan meredam guncangan yang dihasilkan dari tangan yang bergetar atau dari pergerakan kamera. Dengan demikian, hasil video akan terlihat lebih mulus.
Keputusan membuat teknologi kamera zoom 10x diambil setelah mereka mendapatkan wawasan dari luar perusahaan yang berasal dari konsumen.
Chelsea Islan dan OPPO F5 warna merah. Foto: Oppo Indonesia
Di luar kemampuan zooming, mulai tahun 2019 ini, Oppo bergerak meningkatkan kemampuan kamera untuk meladeni kebutuhan fotografi cahaya rendah (low light) agar pengguna tetap mendapatkan kualitas foto terbaik sekalipun memotret dalam kondisi kekurangan cahaya. Strategi ini akan dimulai pada produk Oppo F11 Pro yang bakal dirilis dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Langkah ini turut membuat Oppo tak lagi memakai jargon 'Selfie expert' yang dipakai sejak 2016 ketika merilis Oppo F1. Itu menandakan perusahaan tak hanya serius pada sektor kamera depan, karena tak selamanya konsumen membeli smartphone untuk melakukan foto selfie. Oleh karenanya pengembangan dan investasi yang serius digarap Oppo untuk memantapkan kemera belakang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan