Tekno & Sains
·
8 Februari 2021 8:15

Orang Ini Telan AirPods saat Tidur, Kok Bisa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Orang Ini Telan AirPods saat Tidur, Kok Bisa? (3105)
searchPerbesar
Bradford Gauthier tak sengaja menelan AirPods saat tertidur. Foto: Bradford Gauthier via Facebook
Hati-hati ketika pakai earphone Bluetooth saat hendak tidur. Kamu bisa saja menelan perangkat audio seperti AirPods tanpa sadar saat kamu terlelap.
ADVERTISEMENT
Kejadian naas semacam itu baru-baru ini dialami oleh Bradford Gauthier, seorang pria asal Worchester, Massachussets, AS. Kepada media massa NBC, ia menjelaskan kronologi bagaimana peristiwa aneh tersebut menimpa dirinya.
Kejadian menelan Apple AirPods saat tidur bermula pada Senin (1/2). Saat itu, ia baru saja menyekop salju yang turun di sekitar rumahnya ketika larut malam. Setelah selesai mengurusi salju, ia memutuskan untuk nonton film menjelang tidur. Namun, karena dia punya bayi, dia tak bisa menonton film saat malam tanpa earphone Bluetooth.
"Kami memiliki bayi berusia 6 bulan, jadi kami tidak menonton TV di malam hari di kamar, jadi saya selalu memakai AirPods saya dan hanya menonton Netflix atau apa pun," kata Gauthier.
ADVERTISEMENT
Ketika dia bangun keesokan harinya dan bersiap kembali menyekop salju, dia menyadari ada sesuatu yang tidak benar dengan kerongkongannya.
Gauthier segera minum air. Sayangnya, air yang diminum tidak turun dan harus dia muntahkan kembali ke wastafel.
Secara kebetulan, Gauthier menyadari bahwa salah satu AirPods telah hilang. Dia berupaya mencarinya dengan fitur Find My AirPods di ekosistem Apple. Tapi, karena baterai AirPods itu sudah habis, dia tidak bisa menemukannya.
"Saya pikir saya mungkin akan mengalami serangan jantung jika saya menekan tombol itu dan suara keluar dari tenggorokan saya," katanya.
Mengetahui kejadian tersebut, anak Gauthier, Owen, mengatakan bahwa sang ayah mungkin telah menelan AirPods ketika tidur. Meski anaknya cuma bercanda, Gauthier segera mengecek kondisinya ke klinik di dekat rumah.
ADVERTISEMENT
Ketika sampai di klinik, Gauthier melakukan pemeriksaan X-ray. Ternyata, AirPods tersebut memang ada dan nyangkut di bagian bawah kerongkongan.
"Dia (petugas klinik) berkata, 'Baiklah, kita akan menjalani X-ray,' Anda tahu, sebagai tindakan pencegahan, dan lihatlah, dia kembali ke kamar, dan raut wajahnya tak ternilai harganya," kata Gauthier.
Tidak jelas bagaimana bisa Gauthier menelan AirPods ketika tidur. Yang jelas, saat ini AirPods itu sudah berhasil diangkat setelah Gauthier menjalani endoskopi.
Orang Ini Telan AirPods saat Tidur, Kok Bisa? (3106)
searchPerbesar
AirPods yang tak sengaja ditelan oleh Bradford Gauthier saat tertidur. Foto: Bradford Gauthier via Facebook
Hebatnya, Gauthier mengatakan kalau AirPods yang dia telan masih bisa berfungsi. Kata dia, hanya mikrofonnya saja yang agak bermasalah.
"Saya pikir saya harus mencari video YouTube tentang cara membongkar dan memperbaikinya sendiri, atau mengganti mikrofon, atau membeli yang baru," kata Gauthier.
ADVERTISEMENT
Dalam posting di akun Facebook, Gauthier mewanti-wanti agar orang-orang tidak memakai earphone wireless saat tidur.
"Berhati-hatilah saat mendengarkan headphone nirkabel saat Anda tertidur. Anda tidak akan pernah tahu di mana mereka akan berakhir," kata dia.
Orang Ini Telan AirPods saat Tidur, Kok Bisa? (3107)
searchPerbesar
Bradford Gauthier tak sengaja menelan AirPods saat tertidur. Foto: Bradford Gauthier via Facebook