Pakai Galaxy AI di Galaxy Tab S9, Berguna Banget Buat yang Super Sibuk

11 Juni 2024 13:01 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Samsung Galaxy Tab S9 Series. Foto: Habib Allbi Ferdian/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Samsung Galaxy Tab S9 Series. Foto: Habib Allbi Ferdian/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fitur kecerdasan buatan milik Samsung, Galaxy AI, sudah tersedia di tablet Galaxy Tab S9 yang notabene didesain sebagai perangkat yang lebih portabel dari laptop, dan bisa memberi pengalaman yang mirip seperti memakai laptop Windows berkat keberadaan fitur DeX.
ADVERTISEMENT
Dengan hadirnya Galaxy AI, para pengguna Galaxy Tab S9 seharusnya mendapatkan tools yang lebih hebat untuk menyelesaikan tugas dan mendorong produktivitasnya. Hal itu dirasakan oleh tim kumparanTECH yang mendapatkan manfaat dari Galaxy AI, sejak ia sudah mendukung bahasa Indonesia.
Untuk memulai Galaxy AI di perangkat tablet, baik itu Galaxy Tab S8 Series maupun Galaxy Tab S9 Series, kita harus download terlebih dahulu paket bahasa Indonesia pada Galaxy AI. Mari kita mulai...

Download Paket Bahasa Indonesia Galaxy AI

ADVERTISEMENT
Berdasarkan pengalaman tim kumparanTECH memakai komputer tablet untuk bekerja, Galaxy AI sangat berguna ketika kita memanfaatkan fitur Transcript Assist, Summarize, dan Circle to Search.

Fitur transkripsi bahasa Indonesia (Transcript Assist) dari Voice Recording, sangat berguna

Transcript Assist merupakan fitur kecerdasan buatan yang bisa melakukan transkripsi secara otomatis dalam bahasa Indonesia, berdasarkan file rekaman audio dari aplikasi Voice Recording di perangkat Samsung Galaxy.
Sebagai jurnalis, tim kumparanTECH pasti memanfaatkan aplikasi Voice Recording saat melakukan wawancara dengan narasumber. Ketika wawancara berakhir, kami bisa dengan mudah melakukan transkripsi rekaman tersebut menjadikannya teks dalam bahasa Indonesia, hanya dengan melakukan klik untuk beberapa langkah. Kami tidak perlu lagi mendengar rekaman, melakukan pause, lalu menuliskan apa yang dikatan narasumber.
ADVERTISEMENT
Akurasi transkripsi ke bahasa Indonesia dari Galaxy AI cukup tinggi. Yang perlu dilakukan berikutnya adalah check dan recheck transkripsi tersebut. Jika rekaman suaranya jelas atau jernih, transkripsi teks dapat dilakukan dengan baik.
Fitur ini juga sangat bermanfaat bagi para pebisnis, atau eksekutif perusahaan, dalam melakukan perekaman audio saat sedang rapat. Transript Assist bisa mendeteksi berbagai suara dalam rekaman audio. Transkripsi teksnya akan mencatat bahwa suara ini berasal dari Speaker 1, Speaker 2, Speaker 3, dan seterusnya, lengkap dengan timecode-nya.

Berikut cara pakai Transcript Assist

Memakai fitur Transcript Assist di Samsung Galaxy Tab S9. Foto: Aditya Panji/kumparan

Merangkum dokumen PDF dengan Summarize, atau menerjemahkannya ke bahasa Indonesia dengan Translate

Galaxy Tab S9 Series enak banget untuk dipakai kerja sebagai perangkat yang lebih compact dari laptop. Membaca dokumen PDF jelas lebih nyaman karena layar tablet lebih besar dan lebar dibandingkan smartphone. Akan lebih hebat apabila dokumen itu dibuka dengan aplikasi Samsung Notes.
ADVERTISEMENT
Saat membuka dokumen PDF dengan Samsung Notes, kita bisa memanfaatkan dua fitur hebat Note Assists. Yang pertama adalah Summarize. Dia bisa membantu untuk merangkum suatu bagian dalam dokumen PDF. Hasil rangkumannya cukup membantu untuk memberi poin-poin penting. Akurasi ringkasannya memang tidak selalu sempurna. AI manapun yang ada sekarang ini, tidak dapat menggantikan pemahaman mendalam seperti ketika manusia membaca teks secara utuh.
Fitur Summarize membantu kita dalam menghemat waktu untuk memahami suatu informasi yang panjang, di tengah tenggat waktunya sudah mepet. Fitur ini sangat cocok untuk pelajar, jurnalis, pengacara, yang sering berhadapan dengan banyak dokumen dan teks.
Berhubung Galaxy AI sudah mendukung bahasa Indonesia, maka kita juga bisa melakukan terjemahan bahasa. Ketika membuka dokumen atau PDF dalam bahasa Inggris, sejumlah bagian atau paragraf dari dokumen itu bisa langsung diterjemahkan ke bahasa Indonesia, dan hasilnya pun dapat dimaklumi. Kita tetap perlu mengecek secara singkat arti dari terjemahan tersebut. Kita tinggal melakukan penyesuaian jika ada terjemahan yang tidak akurat.
Dari depan ke belakang: Samsung Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9 Plus, dan Galaxy Tab S9 Ultra. Foto: Habib Allbi Ferdian/kumparan

Summarize dan Translate di browser Samsung Internet

Oiya, fitur Summarize dan Translate informasi berbasis teks ini, juga bisa dipakai di browser bawaan Samsung Internet. Untuk menggunakannya, kita tinggal membuka suatu website, lalu klik simbol Galaxy AI yang simbolnya seperti bintang benderang di kanan atas, kemudian pilih Summarize atau Translate.
ADVERTISEMENT

Circle to Search: Cari apa saja yang ada di layar

Sekarang kita bahas salah satu fitur terbaik di Galaxy AI. Yes, apalagi kalau bukan; Circle to Search. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mencari informasi apa pun yang muncul di layar tablet tanpa perlu memikirkan keyword untuk diketik di search bar Google.
Misalnya, kamu sedang menonton drama Korea di Galaxy Tab S9, dan ada objek yang menarik perhatian dan kamu ingin mencari tahu lebih dalam tentang hal itu. Begitu objek tersebut muncul, kamu cukup menekan dan menahan tombol Home virtual untuk mengaktifkan fitur Circle to Search. Galaxy Tab S9 Series akan otomatis membuat screenshot dari tampilan layar itu, lalu tinggal kita lingkari objek yang menarik perhatian itu. Objeknya bisa berupa teks atau gambar. Seketika kita bisa mendapatkan lebih banyak informasi atas objek tersebut dari mesin pencari Google. Ini cara yang sangat menyenangkan, cepat, dan tentu sangat relevan.
Membuka Circle to Search dengan cara menahan tombol Home saat menonton konten YouTube di Galaxy Tab S9. Foto: Aditya Panji/kumparan

Kesimpulan

Keberadaan Galaxy AI di tablet Galaxy Tab S9 Series telah memberikan suatu nilai tambah yang berarti. Fungsi-fungsinya sangat terlihat, bermanfaat dan relevan untuk orang Indonesia, lantaran ia sudah mendukung bahasa Indonesia. Fitur-fitur Galaxy AI bermanfaat untuk pengguna yang sering bekerja dengan teks, rekaman suara, dan melakukan pencarian informasi.
ADVERTISEMENT
Sejumlah keterbatasan memang masih ada pada Galaxy AI, seperti dalam hal akurasi. Tapi kita juga perlu ingat, tim Samsung terus mengembangkan Galaxy AI, termasuk untuk hal yang terkait dengan bahasa Indonesia.
Galaxy AI bahasa Indonesia itu sendiri digarap oleh tim penelitian Samsung Research di 3 negara, yaitu Indonesia, India, dan Korea Selatan. Kami memiliki keyakinan ia akan terus berkembang dan punya kemampuan yang makin hebat dalam urusan memproses data.