kumparan
23 November 2018 14:48

Pendiri Apple Nasihati CEO Facebook Mark Zuckerberg, Apa Katanya?

Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple. (Foto: Wikimedia Commons)
Setelah CEO Apple Tim Cook mengkritik Facebook soal skandal Cambridge Analytica yang membocorkan data pengguna, sekarang giliran salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, yang juga mengomentari hal sama tentang perusahaan media sosial tersebut.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya kritik, Wozniak juga memberikan beberapa petuah untuk Zuckerberg. Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, ia memberikan sejumlah rekomendasi khusus terhadap Facebook yang telah menghadapi berbagai masa kritis dalam beberapa bulan terakhir.
Wozniak berkata, Facebook perlu mengingat bahwa orang lebih penting daripada teknologi. Pria berusia 68 tahun itu juga menyarankan perusahaan berhenti mengutamakan uang di atas moral.
Mark Zuckerberg bersaksi di depan sidang Komite (Foto: REUTERS/Leah Millis)
"Mereka tidak akan melakukan satu hal yang akan merugikan mereka sepeser pun," kata Wozniak seperti dilansir Business Insider.
“Saya belum melihat satu langkah pun. Saya telah melihat Zuckerberg berbicara tentang ‘Kami akan melakukan ini,’ ‘Kami akan membuat ini terbuka,’ ‘Kami akan memberi Anda sedikit lebih banyak pilihan.’ Saya belum melihat mereka melakukan satu hal nyata."
ADVERTISEMENT
Wozniak juga mengkritik kebijakan periklanan Facebook yang harus lebih jelas. Menurutnya, media sosial itu harus lebih terbuka soal pengguna yang ditargetkan dalam pemasaran iklannya.
Selain itu, ia menyarankan Facebook harus membuka diri untuk memungkinkan pengguna mengekspor data mereka, termasuk linimasa, teman, dan postingan, serta memindahkannya ke situs media sosial lain.
"Saya muak dengan semua eksekutif ketika saya mendengar... mengalihkan jawaban dan masalah nyata, dan bahkan semua janji dan tindakan nyata yang akan membantu orang," tambah Wozniak. "Saya selalu mengutamakan konsumen - orang kecil di atas orang atau perusahaan besar, kuat, berkuasa, atau kaya."
Ilustrasi Facebook (Foto: AFP PHOTO / Martin Bernetti)
Tidak hanya kali ini saja Wozniak berbicara terbuka tentang Facebook. Pada April 2018 lalu misalnya, ia pernah berencana berhenti main Facebook karena merasa perusahaan tidak menghormati data pribadi pengguna.
ADVERTISEMENT
"Pengguna memberikan setiap detail kehidupan mereka ke Facebook dan ... Facebook membuat banyak uang iklan dari ini," kata Wozniak kala itu. “Semua keuntungan didasarkan pada info pengguna, tetapi pengguna tidak mendapatkan keuntungan apa pun.”
“Apple mengeluarkan uangnya dari produk yang bagus, bukan dari Anda. Seperti yang mereka katakan, dengan Facebook, Anda adalah produknya."
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan