kumparan
21 Februari 2020 11:50

Pengguna Samsung Dapat Pesan Aneh '1 1' Lewat Find My Mobile, Apa Maksudnya?

Samsung Galaxy S10 Lite
Samsung Galaxy S10 Lite. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Apakah kamu menggunakan smartphone Samsung? Kalau iya, mungkin kamu mendapatkan pesan aneh '1 1' dari aplikasi Find My Mobile.
ADVERTISEMENT
Pada Kamis (20/2) malam, sejumlah pengguna smartphone Samsung di berbagai negara mengeluh di Twitter karena mendapatkan pesan aneh dari aplikasi tersebut. Pesan ini hanya memberikan dua angka '1' yang tersusun secara vertikal, tanpa keterangan apapun yang menyertainya.
Pesan aneh ini pun kemudian membuat pengguna Samsung waspada. Sebabnya, mereka khawatir bahwa pesan ini menunjukkan kalau data pribadi mereka telah bocor, atau perangkat mereka telah di-hack.
SQR - Samsung Galaxy S10
Samsung Galaxy S10. Foto: REUTERS/Henry Nicholls
Keluhan pengguna Samsung pun membuat produsen smartphone asal Korea Selatan itu angkat bicara. Menurut pengumuman yang disampaikan Samsung di Twitter, pesan aneh tersebut tak sengaja terkirim ke 'beberapa' pengguna mereka setelah perusahaan melakukan pengujian internal.
Tidak jelas pengujian apa yang dilakukan oleh Samsung. Namun, mereka meyakinkan pengguna bahwa pesan tersebut tidak akan memberikan dampak apapun ke perangkat pengguna.
ADVERTISEMENT
Kepanikan pengguna Samsung memang memiliki dasar yang jelas. Sebabnya, aplikasi Find My Mobile terintegrasi dengan data pribadi pengguna yang tersimpan di perangkat ke Samsung Cloud, data lokal, dan akses ke Samsung Pay.
Find My Mobile sendiri pada dasarnya merupakan aplikasi buatan Samsung bagi pengguna mereka untuk melacak ponsel atau tablet yang hilang. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mencari perangkat yang lupa mereka taruh, hingga mengamankan data pribadi mereka dengan memberikan PIN atau password darurat jika perangkat ternyata benar-benar dicuri oleh seseorang.
Tidak diketahui berapa jumlah pengguna ataupun wilayah yang mendapatkan pesan misterius dari Samsung ini. Meski demikian, menurut laporan BBC, notifikasi aneh ini diterima oleh pengguna smartphone dan tablet Samsung yang menjalankan operasi sistem Android Oreo atau yang lebih terbaru.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan