Tekno & Sains
·
20 Oktober 2017 10:52

Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Saling Lacak Teman

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Saling Lacak Teman (59478)
Ilustrasi WhatsApp (Foto: Pixabay)
Aplikasi pesan instan WhatsApp tampaknya tak mau kalah dengan pesaingnya yang terus menghadirkan fitur baru di dalam layanannya. WhatsApp juga baru saja mengumumkan fitur anyar yaitu berbagi lokasi secara real-time, yang kini sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sekarang buat kamu yang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi sehari-harinya bisa mengirim lokasi saat itu juga, dan terus dipantau oleh orang yang kamu bagikan, bisa juga dalam grup obrolan.
Pelacakan itu tentu tidak untuk selamanya, karena kamu bisa mengatur berapa lama ingin membagikan lokasimu, jadi tidak akan selamanya lokasi kamu bisa dilihat teman. Bahkan, kamu juga bisa menghentikan berbagi lokasi tersebut setiap saat.
Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Saling Lacak Teman (59479)
Live Location di WhatsApp. (Foto: WhatsApp)
Sebenarnya fitur ini bukanlah sesuatu yang baru dari keluarga Facebook, mengingat pada Mei lalu Facebook Messenger sudah meluncurkan fitur serupa. Tapi, melihat banyaknya pengguna WhatsApp di seluruh dunia maka fitur ini bisa menjadi penyegaran karena fitur aplikasi pesan tersebut yang 'itu-itu' saja sebelumnya.
Buat yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini, berikut langkah-langkahnya.
ADVERTISEMENT
#1 Buka obrolan dengan teman atau sebuah grup diskusi di WhatsApp.
#2 Klik tombol lampiran (ikon paper clip), lalu pilih menu "Location," kamu selanjutnya akan menemukan opsi baru "Share Live Location." Pilih opsi tersebut!
#3 Silakan tentukan berapa lama kamu ingin berbagi Live Location. Pilihannya ada 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.
#4 Sekarang, setiap orang di chat yang kamu pilih bisa melihat lokasi kamu secara real-time di peta digital.
#5 Pengguna bisa memilih untuk menghentikan fitur Live Location dengan menekan "Stop Sharing" atau membiarkan waktu aktif Live Location berakhir.
#6 Jika ada lebih dari satu orang berbagi lokasinya di sebuah grup WhatsApp, foto orang-orang yang berbagi lokasi itu akan terlihat di peta yang sama.
ADVERTISEMENT