kumparan
7 November 2019 15:01

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Tolak Undangan Masuk Grup, Begini Caranya

Ilustrasi Whatsapp. Foto: antonbe via Pixabay
WhatsApp kembali meluncurkan opsi pengaturan privasi dan sistem mengundang seseorang ke dalam grup. Kini, pengguna memiliki opsi menerima atau tidak ketika diundang masuk ke sebuah grup.
ADVERTISEMENT
Selama ini seseorang bisa memasukkan orang lain ke grup WhatsApp meski tanpa persetujuan pemilik akun. Pengguna WhatsApp tidak memiliki opsi untuk memilih apakah dirinya mau bergabung atau tidak.
Dengan adanya opsi ini, pengguna bisa menghindari grup sembarangan yang orang-orangnya pun tidak dikenali. Fitur ini telah tersedia sejak Rabu (6/11).
Kemunculan fitur ini juga didasari oleh kekhawatiran perusahaan induk Facebook terhadap data pribadi pengguna setelah muncul serangan spyware yang diduga milik perusahaan siber Rusia, NSO Group.
Ilustrasi WhatsApp Foto: REUTERS/Thomas White
Untuk menggunakan opsi ini, pengguna hanya perlu membuka Pengaturan, kemudian pilih Akun dan masuk ke dalam Privasi. Di bagian Grup, ada tiga pilihan kategori pengguna yang bisa menambahkan kamu ke dalam grup.
‘Semua Orang’, artinya semua orang tanpa kecuali bisa menambahkanmu ke dalam grup. ‘Kontak Saya’, artinya hanya pengguna WhatsApp yang ada di kontakmu saja yang bisa mengundangmu bergabung ke grup.
ADVERTISEMENT
Ada juga opsi 'Kontak Saya Kecuali' yang menawarkan pengaturan tambahan untuk memilah siapa saja dalam daftar kontak pengguna yang dapat mengundangmu ke grup.
Fitur atur izin undang grup di aplikasi WhatsApp. Foto: WhatsApp
Dengan adanya opsi ini, pengguna jadi memiliki kontrol lebih terhadap pesan-pesan di grup yang mereka terima. Dalam sebuah pernyataan, WhatsApp berkata fitur ini sudah bisa dinikmati beberapa pengguna dan akan segera diluncurkan ke seluruh pengguna WhatsApp di seluruh dunia dalam waktu dekat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan