Tekno & Sains
·
29 Januari 2021 10:01

Penjelasan Eiger soal Surat Keberatan Video Review YouTuber: Kami Salah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penjelasan Eiger soal Surat Keberatan Video Review YouTuber: Kami Salah (109672)
Eiger Flagship Store Jakarta. Foto: Agaton Kenshanahan/kumparan
Netizen di Twitter dihebohkan dengan secarik surat berisi keberatan yang disampaikan oleh Eiger kepada pemilik akun Youtuber. Dalam surat itu, Eiger menyatakan bahwa kualitas video review yang diunggah memiliki kualitas yang tak baik dan meminta untuk dihapus.
ADVERTISEMENT
Alasannya karena kualitas yang video Youtuber itu membuat produk Eiger terlihat berbeda dari yang dipasarkan.
Surat tersebut mendadak viral usai sang Youtuber, Dian Widiyanarko dalam akun Twitternya @duniadian pada Kamis (28/1) mengunggah keluhannya. Dalam unggahan itu, Dian mengaku kaget, padahal dia tak dibayar oleh siapa pun dalam pembuatan video.
Keberatan yang disampaikan PT Eigerindo Multi Produk Industri itu ditujukan pada sebuah link video review kacamata Eiger yang dipakai Dian untuk bersepeda.
Keberatan untuk menghapus konten tersebut tentu ditolak oleh Dian lantaran tak dibayar siapa pun termasuk Eiger. Justru pada video review kali ini dia memberi promosi gratis produk Eiger ke-37 ribu subscribers YouTube-nya.
Dian juga sempat mengaku sebagai pengguna setia produk Eiger.
ADVERTISEMENT

Sempat viral

Netizen yang melihat unggahan tersebut lantas ikut memperbincangkan dan heran. Secara detail, ada tiga poin keberatan yang dilayangkan Eiger kepada Dian.
Pertama, soal kualitas video yang "kurang bagus". Kedua soal suara di luar video dari video yang membuat informasi yang disampaikan tidak jelas kepada konsumen.
Keberatan ketiga Eiger keberatan karena setting lokasi pengambilan video yang dijelaskannya "kurang proper". Eiger pun meminta agar video tersebut dihapus.
“Dari poin keberatan tersebut, kami berharap Saudara dapat memperbaiki dan/atau menghapus konten review produk kami yang saudara unggah di channel/YouTube milik saudara,” tulis surat yang ditandatangani pada 23 Desember 2020 tersebut.

Eiger Angkat Bicara

CEO Eiger Ronny Lukito pun angkat bicara menjawab viralnya surat yang beredar di dunia maya tersebut. Ronny mengaku bahwa surat yang dilayangkannya tersebut benar dari perusahaan dan dia menyampaikan permintaan maafnya ke Dian dan publik.
ADVERTISEMENT
Dalam surat itu, Ronny menyebut bahwa inti dari pihaknya melayangkan surat adalah sebagai masukan kepada pemilik konten agar bisa lebih baik lagi. Namun, Eiger sadar bahwa cara penyampaian mereka salah.
Berikut penjelasan lengkap dari Ronny yang diterima kumparanTECH:
Selamat malam rekan-rekan media.
Berikut pernyataan resmi dari PT Eigerindo Multi Produk Industri, yang disampaikan langsung oleh Ronny Lukito sebagai CEO.
Atas nama perusahaan PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI), sebagai perusahaan yang menaungi merk EIGER Adventure, dengan rendah hati kami menyampaikan permintaan maaf sebeasr-besarnya kepada masyarakat atas masalah yang terjadi.
Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat kami sampaikan:
  • Surat yang diunggah melalui akun twitter @duniadian benar dikirimkan dari oleh tim internal kami.
  • Kami sadari, apa yang kami lakukan tidak tepat dan salah. Sejatinya maksud dan tujuan awal kami adalah untuk memberikan masukan kepada reviewer agar lebih baik lagi. Tetapi sekali lagi, kami menyadari bahwa cara penyampaian kami salah.
ADVERTISEMENT
Sekali lagi kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada Eigerian. Semoga Tuhan selalu menyertai niat baik kita.
Hormat kami,
Ronny Lukito