kumparan
11 September 2019 9:53

Platform Game Apple Arcade Resmi Rilis, Biaya Bulanan Rp 70.000

CEO Apple, Tim Cook, memperkenalkan platform game Apple Arcade. Foto: Reuters/Stephen Lam
Industri game akan jauh lebih menarik di bulan September ini setelah Apple merilis layanan berlangganan game-nya, yang diberi nama Arcade. Layanan ini membuat pengguna Apple bisa main game di perangkat iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan Apple TV.
ADVERTISEMENT
Dalam acara spesial Apple yang berlangsung di Cupertino, pada Selasa (10/9), perusahaan ini menjanjikan untuk meluncurkan Arcade pada 19 September 2019. Layanan ini pertama kali diumumkan pada Maret lalu.
Apple juga secara resmi mengumumkan biaya berlangganan Arcade yang dipatok seharga 4,99 dolar AS atau sekitar Rp 70.000.
Dalam acara hari ini, Apple menunjukkan beberapa demo game yang berjalan di Arcade. Game ini termasuk dari Capcom yang berjudul "Shinsekai: Into The Depths." Ada pula permainan "Sayonara Wild Hearts" yang dikembangkan Simogo dan diterbitkan oleh Annapurna Interactive.
Layanan game berlangganan Apple Arcade. Foto: Apple
Arcade hadir di tengah tren berlangganan game sedang populer di dunia. Ada Google Stadia yang memungkinkan pengguna main dengan membuka browser Chrome atau di televisi yang terhubung Chromecast. Microsoft juga sedang mengembangkan layanan serupa dalam Project xCloud.
ADVERTISEMENT
Arcade mengambil pendekatan yang berbeda. Alih-alih streaming konten game, pemain Arcade justru diajak untuk mengunduh konten ke perangkat Apple untuk kemudian dimainkan. Cara ini memberi gameplay untuk online atau offline.
Apple mengatakan game yang tersedia akan eksklusif untuk Arcade dan tidak tersedia di platform lain. Tapi, konten Arcade bisa bekerja atau dikendalikan dengan pengontrol Microsoft Xbox One S dan PlayStation DualShock 4, yang akan membuat gameplay menjadi lebih bervariasi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan