kumparan
search-gray
Tekno & Sains26 Januari 2018 13:31

Ponsel Pertama dengan Sensor Fingerprint di Layar Resmi Meluncur

Konten Redaksi kumparan
Ponsel Pertama dengan Sensor Fingerprint di Layar Resmi Meluncur (90792)
Ponsel Vivo dengan fingerprint di layar. (Foto: Vivo)
Setelah menjalani sejumlah pengujian, Vivo akhirnya resmi meluncurkan ponsel pertama yang menggunakan teknologi sensor fingerprint alias sidik jari di layar. Ponsel itu adalah X20 Plus UD, yang diluncurkan Kamis (25/1) di China.
ADVERTISEMENT
Untuk membuka kunci ponsel, pengguna cukup menempelkan jari ke layar. Bukan lagi di sensor sidik jari yang biasanya berada di bagian bawah layar atau belakang ponsel.
Vivo X20 Plus UD sendiri bukan sepenuhnya model baru, karena sebelumnya ponsel X20 Plus biasa sudah hadir pada tahun 2017 lalu. Penambahan nama UD sendiri memiliki arti 'Under Display', merujuk pada sensor fingerprint di layarnya.
Oleh karena itu, spesifikasinya pun tak beda jauh dengan X20 Plus biasa. Vivo mengusung layar seluas 6,43 inci Super AMOLED pada X20 Plus UD, dengan aspek rasio 18:9.
Vivo X20 Plus UD hadir dengan sistem kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi masing-masing 12 MP. Untuk kamera depannya, Vivo menyematkan satu kamera beresolusi 12 MP.
ADVERTISEMENT
Sementara dari sektor otak mesinnya, ponsel ini dibekali cip prosesor Qualcomm Snapdragon 660, RAM 4 GB, dan memori internal 128 GB.
Ponsel ini dibanderol dengan harga 3.600 yuan China, setara Rp 7,5 juta. Untuk saat ini, Vivo X20 Plus UD baru tersedia di China dan belum diketahui kapan akan diluncurkan secara global.
Vivo menjadi perusahaan smartphone pertama yang membawa ponsel dengan teknologi sensor sidik jari di layar. Tapi, diprediksi di tahun 2018 ini kita bakal banyak melihat ponsel-ponsel anyar yang mengusung teknologi serupa.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white