Potret AI Nobita Versi ‘Kearifan Lokal’ Klop Sama Nuansa Desa Indonesia

7 November 2023 7:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Karakter Doraemon Versi AI Foto: @paskoboy/Instagram
zoom-in-whitePerbesar
Karakter Doraemon Versi AI Foto: @paskoboy/Instagram
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Para penggemar serial kartun Doraemon pasti sangat mengenal hampir semua karakter di dalamnya. Sebut saja Nobita yang selalu merengek minta alat aneh-aneh dari kantong ajaib milik Doraemon.
ADVERTISEMENT
Seluruh peran di kartun itu kental dengan nuansa manga dan anime Jepang. Namun, pernahkah kamu berpikir bagaimana rupa mereka dilihat dari sudut pandang ‘kearifan lokal?’
Seorang kreator dalam negeri, Pasko Boyoh mencoba membuat beberapa karakter ini menggunakan teknologi AI. Ia meng-generate beberapa karakter dan menyesuaikannya kondisi pedesaan di Indonesia.
Tentu dalam pembuatan karakter ini, sang kreator menggunakan sebuah platform AI untuk pemrosesan gambar.
Karakter Doraemon Versi AI Foto: @paskoboy/Instagram
“Untuk pembuatannya, tentu saja saya harus memasukan beberapa perintah ke program AI tersebut dengan deskripsi sesuai karakter yang ingin saya buat, dalam hal ini karakter Nobita dan kawan-kawan,” kata Pasko kepada kumparanTECH.
Meski begitu, Pasko tak cuma memasukkan perintah alias prompt. Ia melakukan berbagai penyesuaian hingga mendapatkan hasil gambar yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
“Mendapatkan hasil final gambar yang saya posting tersebut tidaklah mudah hanya menuliskan perintah dan tinggal AI yang bekerja.”
“Saya perlu beberapa penyesuaian dalam bentuk badan karakter dan lingkungannya menyesuaikan dengan konsep ‘kearifan lokal’ Indonesia yang ingin saya sampaikan, tapi tentu saja masih tetap mempertahankan beberapa ciri khas karakter,” ujarnya.
Karakter Doraemon Versi AI Foto: @paskoboy/Instagram
Di Instagram, karya Pasko mendapat sambutan baik dari para netizen. Ada yang merespons karakternya lucu, bahkan bertanya bagaimana cara membuatnya.
Enggak cuma Nobita dkk saja, di akun Instagramnya, Pasko aktif mem-posting imaji dari beberapa karakter lain seperti Crayon Shinchan.
Selain itu bahkan ada beberapa tokoh dari dalam negeri yang ia berhasil ciptakan pakai AI. Tokoh yang diunggah dibingkai dengan kombinasi tema dari film atau latar tempat lain.
ADVERTISEMENT
Gimana, menarik bukan?