Tekno & Sains
·
26 Oktober 2020 7:31

Ramalan Bill Gates Lagi-lagi Terbukti, Layanan Video Call Kini Sukses Besar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ramalan Bill Gates Lagi-lagi Terbukti, Layanan Video Call Kini Sukses Besar (83886)
Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates. Foto: Arnd Wiegmann/Reuters
Pandemi virus corona memaksa sebagian besar kegiatan dilakukan secara online melalui aplikasi video call seperti Zoom atau Google Meet. Namun, siapa sangka kalau peran video call untuk menggantikan pertemuan tatap muka telah diramal oleh founder Microsoft, Bill Gates, sejak 25 tahun lalu?
ADVERTISEMENT
Sejak 1995, Gates telah memprediksi kalau video call bakal memungkinkan orang bertemu meski terkendala jarak. Begini katanya:
"Perangkat video kecil yang menggunakan kamera yang terpasang pada komputer pribadi atau pesawat televisi akan memungkinkan kita untuk bertemu dengan mudah di seberang jalan raya informasi dengan gambar dan suara yang jauh lebih berkualitas dengan harga yang lebih rendah," kata Gates dalam bukunya The Road Ahead, yang terbit pada 1995.
Sekarang, Gates memprediksi kalau video conference akan menjadi jauh lebih baik di masa depan. Ia meramal kalau praktik aktivitas pertemuan manusia tidak akan pernah kembali seperti saat sebelum pandemi corona.
Hal ini disampaikan Gates dalam sebuah wawancara dengan editor-in-chief GeekWire, Todd Bishop, dalam acara GeekWire Summit 2020 yang dihelat secara online pekan lalu. Bishop, yang membaca buku The Road Ahead dari Gates, mengatakan kalau prediksi mantan CEO Microsoft itu benar.
Ramalan Bill Gates Lagi-lagi Terbukti, Layanan Video Call Kini Sukses Besar (83887)
Pendiri Microsoft, Bill Gates. Foto: Edgar Su/Reuters
"Anda benar dengan kutipan ini," kata Bishop, dikutip dari Inc. Dia pun bertanya kepada Gates mengenai apakah dia melihat kalau pandemi dan keadaan lain berdampak pada masa depan pekerjaan manusia?
ADVERTISEMENT
Menjawab pertanyaan Bishop itu, Gates memprediksi kalau perjalanan bisnis tidak akan pernah kembali ke level sebelum pandemi COVID-19. "Dalam dua atau tiga tahun (ke depan), apakah perjalanan dinas akan turun 50 persen? Mungkin saja," kata Gates.
Gates menambahkan, pertemuan secara digital akan membuat banyak rapat menjadi lebih sederhana dan efektif.
Gates pun menyebut kalau pengalaman manusia setahun ini, yang intens menyelenggarakan acara via video call akan menjadi pengalaman yang lebih baik. Menurutnya, kita telah memangkas progress selama 12 dalam waktu 1 tahun saja.
"Kami telah membuka kemungkinan kemajuan selama 12 tahun hanya dalam setahun terakhir ini. Dan, tentu saja, perangkat lunak kolaborasi, (Microsoft) Teams atau Zoom, akan menjadi jauh lebih baik," kata dia.
Ramalan Bill Gates Lagi-lagi Terbukti, Layanan Video Call Kini Sukses Besar (83888)
Zoom Meetings Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Gates mengatakan, dia sering memberikan umpan balik (feedback) dan saran mingguan kepada para insinyur yang mengerjakan Microsoft Teams, platform video conference yang dikembangkan Microsoft.
ADVERTISEMENT
Menurut Gates, platform video conference tersebut terus meningkat. Contohnya seperti keberadaan fitur peredam kebisingan dan Together Mode (Mode Bersama), yang memungkinkan peserta rapat tampak duduk berdampingan di kursi auditorium alih-alih hanya menampilkan layar individu.
Perkembangan fitur aplikasi video call semacam itu, kata Gates, akan mengubah seberapa sering orang secara fisik pergi ke pertemuan tatap muka. Ia pun menilai kalau perkembangan layanan video call memungkinkan peningkatan besar dalam pembelajaran online, setidaknya di tingkat perguruan tinggi.
Lebih lanjut, Gates memprediksi bahwa orang akan memiliki layar yang lebih besar di masa mendatang, seiring meningkatnya aktivitas yang dilakukan secara online.
"Jika Anda merencanakan perjalanan, jika Anda melihat hasil penjualan, jika Anda melihat performa dari waktu ke waktu, semakin besar layarnya semakin baik," kata Gates. "Anda tahu, bidang visual kami cukup mengesankan. Jadi gagasan bahwa semuanya baik-baik saja di layar kecil, itu tidak akan pernah terjadi untuk skenario yang berbeda ini."
Ramalan Bill Gates Lagi-lagi Terbukti, Layanan Video Call Kini Sukses Besar (83889)
Pendiri Microsoft, Bill Gates. Foto: Edgar Su/Reuters
Tak cuma layar yang lebih besar, Gates juga memprediksi kalau komputer pribadi orang akan semakin besar di masa depan karena kebutuhan untuk menunjang aktivitas secara online. Gates bahkan memperingatkan kalau kamu tak perlu kaget kalau orang akan menghabiskan seluruh dinding rumah mereka dengan layar suatu hari nanti.
ADVERTISEMENT
"Jadi gagasan menggunakan ukuran itu untuk membuat Anda lebih efektif menurut saya tidak bisa dihindari," katanya.
"Kami baru permulaan. Seperti apa belanja yang menyenangkan? Seperti apa kolaborasi cloud di seputar desain? Anda melihat beberapa di antaranya dengan berlangsungnya pilot realitas virtual. Tetapi orang akan diingatkan bahwa layar besar itu bagus."
Kalau menurut kamu sendiri bagaimana? Akankah prediksi ini seakurat perkiraan Gates pada 25 tahun lalu tentang munculnya video call?