Tekno & Sains
·
15 Maret 2021 18:08

Rekam Jejak HP Oppo Reno Edisi Spesial: Barcelona hingga Marvel Avengers

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rekam Jejak HP Oppo Reno Edisi Spesial: Barcelona hingga Marvel Avengers (237996)
Logo Oppo di smartphone Reno 5 Marvel Avengers Edition. Foto: Oppo
Dalam industri smartphone, Oppo terus menghadirkan inovasi-inovasi yang menarik untuk para penggunanya. Hal yang terbaru adalah menghadirkan handphone (HP) edisi khusus untuk Oppo Reno 5 yang bertemakan Marvel Avengers dengan desain dan aksesoris yang terbatas.
ADVERTISEMENT
Jika dibandingkan dengan brand smartphone lain, Oppo memang jago dalam hal mengeluarkan edisi khusus untuk setiap produknya. Jika menilik ke belakang, tidak hanya ada edisi Marvel Avengers saja, Oppo pernah merilis HP Reno Series dengan bertemakan klub sepak bola FC Barcelona hingga karakter ikonik Disney, Mickey Mouse.
Aryo Meidianto, selaku PR Manager Oppo Indonesia, Reno Series mengungkap salah satu seri smartphone yang memperhitungkan tampilan sebagai nilai tambah adalah Oppo Reno Series. Hal tersebut dibuat untuk agar konsumen bisa melihat smartphone sebagai bagian dari penampilan mereka sehari-hari.
Jika kamu masih belum tahu apa saja perangkat Oppo Reno Special Edition yang pernah diluncurkan oleh Oppo di Indonesia, kamu bisa melihat daftarnya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Oppo Reno 10x Zoom FC Barcelona Edition

Rekam Jejak HP Oppo Reno Edisi Spesial: Barcelona hingga Marvel Avengers (237997)
Oppo Reno 10x Zoom edisi FC Barcelona. Foto: Oppo
Pada tahun 2019, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan perilisan Oppo Reno 10x Zoom edisi khusus FC Barcelona. Oppo Reno 10x Zoom sendiri adalah generasi pertama dari Oppo Reno Series. Ponsel itu datang langsung dengan menghadirkan teknologi terkini pada saat itu.
Oppo Reno 10x Zoom FC Barcelona Edition dibekali spesifikasi yang canggih, seperti prosesor Qualcomm Snapdragon 855 serta RAM jumbo 8 GB dan memori internal 256 GB. Di bagian kamera Oppo Reno 10x Zoom memiliki kamera selfie 16 MP dan trio kamera belakang 48 MP, 8 MP, dan telephoto 13 MP dengan kemampuan zoom 10x.
Sama seperti namanya, Reno 10x Zoom FC Barcelona Edition punya boks, penampang bodi belakang, dan case warna biru-merah khas blaugrana. Bukan hanya tampak luar saja, jeroan dari Oppo Reno 10x Zoom edisi spesial ini juga serba Barcelona.
ADVERTISEMENT
Untuk tema antarmukanya misalnya, yang spesial terinspirasi Barcelona dengan tampilan logo dan garis warna merah dan biru. Selain itu, ada ikon spesial dan ringtone juga yang bertema dari klub sepak bola asal Katalan tersebut.

Oppo Reno 10x Zoom Limited Edition Seri Seniman Indonesia

Rekam Jejak HP Oppo Reno Edisi Spesial: Barcelona hingga Marvel Avengers (237998)
Oppo Reno 10x Zoom Limited Edition Seri Arkiv Vilmansa. Foto: Oppo
Tidak hanya menghadirkan edisi spesial, FC Barcelona saja, Oppo juga merilis seri Reno 10x Zoom Limited Edition bekerja sama dengan para seniman Indonesia, di antaranya Darbotz, Arkiv Vilmansa, dan Ronald Apriyan.
Para ketiga seniman ini ikut memproduksi perangkat Oppo Reno 10x Zoom Limited Edition, di mana mereka dibebaskan untuk berkarya dengan gaya khas dan karakter masing-masing yang diwujudkan dalam medium penampang bodi belakang ponsel.
Seri Darbotz, misalnya, mengangkat tema “Berbeda Tapi Tetap Satu”. Darbotz berupaya menggambarkan keadaan masyarakat Indonesia yang beragam tapi tetap menjadi satu kesatuan melalui warna hitam putih, garis, dan karakter monster yang menjadi ciri khasnya.
ADVERTISEMENT
Seri Arkiv Vilmansa menonjolkan karakter Mickey Mouse, figur yang menjadi kegemaran Arkiv dari kecil hingga menjadi ciri khas karyanya. Arkiv menamai karyanya pada Limited Edition sebagai 'Crown of Creation'. Adapun, seri Ronald Apriyan memiliki ciri goresan penuh warna untuk menuangkan imajinasi memakan Nasi Padang di luar angkasa.
Rekam Jejak HP Oppo Reno Edisi Spesial: Barcelona hingga Marvel Avengers (237999)
Pameran Oppo Reno 10x Zoom edisi spesial di Plaza Indonesia, Jakarta Foto: Oppo
Dalam rangkaian peluncuran Reno 10x Zoom Limited Edition itu, Oppo juga menyelenggarakan pameran seni bertajuk Renoscape pada awal Agustus 2019. Pameran ini menampilkan karya dari ketiga seniman di atas, yang mana bisa dinikmati melalui augmented reality (AR) di perangkat Oppo Reno 10x Zoom.
Setelah berkolaborasi dengan Darbotz, Arkiv, dan Ronald, Oppo juga menggandeng 7 seniman Indonesia lain yang terdiri dari Eko Nugroho, Agung "Agugn" Prabowo, Cinanti Astria Johansjah, Kemalezedine, Mella Joarsma, Radi Arwinda, dan Uji "Hahan" Handoko.
ADVERTISEMENT

Oppo Reno 2 Year of the Mouse Limited Edition

Rekam Jejak HP Oppo Reno Edisi Spesial: Barcelona hingga Marvel Avengers (238000)
Gambar karakter Disney, Mickey Mouse di casing belakang Oppo Reno 2. Foto: Dok. Oppo
Tahun berganti ke 2020, Oppo kembali merilis edisi khusus untuk ponsel Reno Series. Kali ini, bertemakan "Year of the Mouse" dengan menampilkan karakter ikonik Disney, Mickey Mouse.
Oppo Reno 2 yang rilis di Indonesia hadir dengan tampilan desain yang baru, dengan sentuhan manis bertemakan Mickey Mouse. Ada gambar Mickey Mouse di bagian casing belakang Oppo Reno 2 edisi spesial tersebut, yang proses grafisnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk hasil dengan tingkat presisi yang tinggi.
Secara spesifikasi, Oppo Oppo Reno 2 Year of the Mouse Limited Edition tidak memiliki perbedaan dengan edisi regular. Ponsel ini tetap ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 730G, RAM 8 GB, dan memori internal 256 GB. Di bagian kamera, ia punya kamera selfie 16 MP dengan trio kamera belakang 48 MP, 8 MP, 13 MP.
ADVERTISEMENT
Selain Reno 2, Oppo juga sempat memberikan penawaran khusus Reno 2F Disney Special Bundling. Melalui bundling spesial ini, perangkat Reno 2F memang tak memiliki desain khusus, tetapi pengguna bisa mendapatkan hadiah menarik seperti tumblr dan tote bag bertema Mickey Mouse.

Oppo Reno 5 Marvel Avengers Edition

Rekam Jejak HP Oppo Reno Edisi Spesial: Barcelona hingga Marvel Avengers (238001)
Oppo Reno 5 Marvel Edition. Foto: Oppo
Sempat absen di Reno 4, kini Oppo kembali menghadirkan edisi khusus di seri produk Reno 5 di awal tahun 2021. Oppo merilis Reno 5 dengan tema Marvel Avengers dan tersedia dalam jumlah yang terbatas.
Perangkat Reno 5 edisi spesial Marvel Avengers, yang merupakan hasil kolaborasi Oppo dengan studio animasi dan hiburan Marvel. Edisi spesial ini dijual dalam jumlah yang sangat terbatas melalui sistem undangan yang disebar lewat akun media sosial Oppo Indonesia hingga media massa.
ADVERTISEMENT
Oppo mengemas Reno 5 Marvel Avengers Edition tampil secara spesial. Pada bagian bodi belakang, terdapat desain yang menggambarkan gabungan dari berbagai karakter dan element dari seri Marvel Avengers. Perpaduan warna hitam, abu–abu, perak, dan merah memberikan kesan perangkat teknologi tinggi yang terinspirasi dari teknologi superhero Marvel.
Rekam Jejak HP Oppo Reno Edisi Spesial: Barcelona hingga Marvel Avengers (238002)
Oppo Reno 5 Marvel Avengers Edition. Foto: Oppo
Rekam Jejak HP Oppo Reno Edisi Spesial: Barcelona hingga Marvel Avengers (238003)
Oppo Reno 5 Marvel Avengers Edition. Foto: Oppo
Di bagian tengah terdapat logo Avengers dan elemen perisai dari Captain America. Desain X pada bagian belakang dibuat berdasarkan logo dari Black Widow, sementara struktur sarang lebah terinspirasi dari pakaian yang dikenakan oleh para Avengers.
Sistem operasi ponsel ini juga dimodifikasi, di antaranya jendela kunci layar dengan logo yang menggambarkan pakaian Avengers Quantum. Sementara untuk wallpaper kunci layar, Oppo menyediakan enam karakter yang dapat digunakan, mulai dari Iron-Man, Hulk, Black Widow, Thor, hingga Hawkeye.
ADVERTISEMENT
Soal spesifikasi, Oppo Reno 5 edisi spesial ini tetap didukung cip Snapdragon 720G, layar 6,4 inci AMOLED, dan konfigurasi kamera belakang 64 MP, 8 MP, 2 MP, dan 2 MP.