Remaja 17 Tahun Terduga Hacker Uber dan GTA 6 Ditangkap Polisi Inggris

26 September 2022 7:03
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi hacker. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hacker. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Polisi London mengumumkan menahan seorang remaja berusia 17 tahun asal Oxfordshire, London, Inggris. yang dicurigai adalah hacker di balik peretasan sistem internal Uber dan pembocoran video gameplay Grand Theft Auto (GTA) 6, pada Jumat (23/9).
ADVERTISEMENT
Polisi mengumumkan penangkapan ini adalah hasil investigasi Bersama dengan National Crime Agency Inggris.
Tidak ada detail yang diberikan pihak kepolisian, namun diyakini penangkapan ini berkaitan erat dengan kasus peretasan sistem internal Uber, dan pembocoran 90 video penampakan game GTA 6 yang belum jadi. Kedua peretasan tersebut terjadi di waktu berdekatan di pertengahan September 2022 kemarin, dilakukan oleh hacker dengan pseudonim ‘teapotuberhacker’.
Pada 16 September 2022 lalu, sistem internal Uber dibobol setelah seorang hacker menyamar sebagai pegawai IT memperoleh kredensial akun beberapa sistem inti dari Uber. Peretas mengambil alih Slack, AWS, tools keamanan SentinelOne, repo kode, dan lain sebagainya.
Sebuah screenshot percakapan Slack memperlihatkan hacker memiliki akses dasbor finansial perusahaan, menampilkan keuntungan tahunan perusahaan penyedia layanan taksi online tersebut.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Logo Uber (ilustrasi). Foto: REUTERS/Thomas White
zoom-in-whitePerbesar
Logo Uber (ilustrasi). Foto: REUTERS/Thomas White
Selang beberapa hari, Rockstar Games, developer game GTA dan Red Dead Redemption terkena masalah serupa. Seorang pengguna di forum GTAForums mengunggah total 90 klip game GTA 6 yang dijadwalkan baru dirilis 2 tahun lagi. Pihak Rockstar Games mengkonfirmasi video tersebut memang berasal dari GTA 6, dan seharusnya tidak dilihat oleh publik.
Video yang tersebar memperlihatkan cuplikan yang sesuai dengan informasi bocoran terkait game GTA 6. Misal, ada beberapa karakter yang bisa dimainkan seperti protagonis wanita, dan permainan latar tempat di kota Vice City.
Ada juga adegan karakter yang dimainkan bernama Lucia tampak mencoba merampok restoran waffle dengan komplotannya bernama Jason dan mengambil sandera. Ada hitungan mundur 'Time Until Cops Dispatched' (waktu hingga polisi dikirim) di pojok layar.
ADVERTISEMENT
Uber menggandeng FBI dan Departemen Kehakiman AS untuk investigasi. Mereka kemudian menulis bahwa pelaku yang membobol perusahaan berkemungkinan adalah orang yang sama yang membocorkan video GTA 6.
Blog Uber juga menulis kemungkinan afiliasi hacker terhadap gang hacker besar Lapsus$, yang riwayatnya pernah membobol Microsoft, Cisco, Samsung, Nvidia, Okta dan banyak perusahaan besar lainnya. Dua anggota Lapsus$ ditangkap oleh kepolisian London pada Maret lalu. Sejak saat itu, belum ada kasus yang secara langsung Lapsus$ umumkan mereka adalah pelakunya.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·