kumparan
4 Februari 2020 19:26

Resmi Pisah, TCL Setop Bikin Smartphone BlackBerry

Ilustrasi BlackBerry Messenger
Ilustrasi BlackBerry Messenger. Foto: Whorm Katharine/Flickr
Masa depan smartphone BlackBerry semakin tidak jelas. Ini seiring dengan selesainya kemitraan antara BlackBerry dengan TCL Communications, yang memproduksi smartphone mereka secara global.
ADVERTISEMENT
Berhentinya kerja sama dengan TCL diumumkan oleh Blackberry melalui kicauan di Twitter pada Senin (3/2). Dalam kicauan tersebut, Blackberry menjelaskan bahwa TCL tidak akan lagi menjual ponsel bermerek BlackBerry per 31 Agustus 2020, karena tidak lagi memiliki hak untuk memproduksinya. Adapun perangkat yang telah dijual sebelumnya akan terus didukung hingga 31 Agustus 2022.
BlackBerry sendiri telah menyetop produksi smartphone mereka sejak 2016 lalu dan memberikan lisensi kepada perusahaan lain. Kesepakatan lisensi yang paling besar didapatkan oleh TCL Communications sejak Desember 2016.
Dari hasil kerja sama ini, keduanya mampu merilis smartphone Android bergaya BlackBerry seperti KEYone, Motion, KEY2, dan KEY2 LE. Namun, inovasi ini tak pernah benar-benar menjadi gebrakan di pasar smartphone.
ADVERTISEMENT
Selain TCL Communications, sebenarnya Blackberry juga bekerja sama dengan beberapa mitra lain. Untuk wilayah Indonesia, misalnya, perusahaan smartphone asal Kanada itu bekerja sama dengan BB Merah Putih. Kerja sama keduanya hanya menghadirkan satu ponsel bernama BlackBerry Aurora di Indonesia pada 2017.
BlackBerry juga bekerja sama dengan Optiemus Infracom untuk membuat ponsel mereka di wilayah India, Sri Lanka, Nepal, dan Bangladesh.
BlackBerry KeyOne
Ponsel BlackBerry KeyOne. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Meski masih punya beberapa partner lain, tampaknya smartphone Blackberry akan vakum sejenak dari pasar smartphone. Sebab, hak wilayah produksi milik TCL mencakup sisa wilayah lain selain milik BB Merah Putih dan Optiemus.
TCL telah mengonfirmasi bahwa mereka memang akan berhenti bekerja sama dengan Blackberry.
"Kami sangat bersemangat dan rendah hati untuk menerima tantangan ini. Apa yang membuat perangkat ini hebat bukan hanya perangkat keras yang dikembangkan dan diproduksi oleh TCL Communications, tetapi juga fitur keamanan dan perangkat lunak penting yang disediakan oleh BlackBerry Limited untuk memastikan ini adalah perangkat BlackBerry orisinil,” ujar TCL, dalam pernyataan resmi mereka, menurut laporan BBC.
ADVERTISEMENT
"Masa depan cerah untuk TCL Communications dan BlackBerry Limited, dan kami harap Anda akan terus mendukung keduanya saat kami terus maju di jalur masing-masing.”
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan