kumparan
search-gray
Tekno & Sains15 November 2019 11:02

Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple

Konten Redaksi kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100928)
Rubrik Flagship Gadget edisi 1. Foto: Rangga Sanjaya/kumparan
Dari tiga iPhone yang rilis pada tahun 2019 ini, iPhone 11 adalah varian yang paling seksi. Ia adalah lompatan besar sebagai suksesor iPhone XR.
Hal paling menarik dari iPhone 11 ada pada harganya. Dipatok 50 dollar AS lebih murah dibandingkan iPhone XR. Banderol yang lebih rendah, serta peningkatan fitur yang signifikan, menggambarkan upaya Apple agar iPhone 11 bisa diterima lebih banyak orang. Sementara penambahan nama "Pro" diberikan kepada iPhone yang lebih mewah di tahun ini.
kumparan sudah menjajal iPhone 11 selama beberapa bulan terakhir. Kami punya impresi hebat soal smartphone ini.
iPhone yang Nyaman
Penampilan iPhone 11 mengikuti jejak iPhone XR yang merupakan ponsel berlayar 6,1 inci. Semua masih sama pada bagian kanan, kiri, atas, dan bawahnya. Ukuran ini ideal, dibandingkan dengan iPhone 11 Pro yang layarnya lebih kecil, 5,8 inci, atau iPhone 11 Pro Max yang besar, 6,5 inci.
Walau iPhone 11 adalah ukuran yang ideal, namun menggenggam iPhone versi Pro adalah pengalaman yang lebih mantap. Versi Pro jauh lebih padat dari sisi build quality. Apple mengemas baterai yang lebih besar, serta balutan baja yang menambah bobot, memberi sensasi mantap dalam genggaman.
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100929)
iPhone 11. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100930)
iPhone 11. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Pada bagian layar masih ada notch sebagai rumah untuk kamera dan speaker. Walau ukuran dan resolusinya masih sama, layar iPhone 11 lebih baik daripada iPhone XR. Ia menghasilkan warna lebih cerah, namun tetap menjaga akurasi dari warna aslinya.
Perdana dengan iOS 13
iPhone 11 dan keluarganya adalah smartphone perdana yang hadir dengan sistem operasi baru, iOS 13. OS ini punya beragam fitur baru. Ada Dark Mode, Face ID yang semakin baik, baterai yang lebih hemat, Night Mode baru yang sangat baik, serta peningkatan emoji.
Yang menarik tentu Apple Arcade. Fitur ini memungkinkan kita memainkan game yang ada di dalam katalog. Game-game ini bisa didapatkan dengan cara berlangganan seharga Rp 69 ribu.
iOS 13 juga punya gestur baru yang memudahkan kita untuk edit teks. Misal, swipe kiri dengan tiga jari untuk undo, swipe kanan dengan tiga jari untuk redo. Soal undo teks, itu juga bisa dilakukan dengan ketuk layar dua kali pakai tiga jari. Fungsi ini berlaku di aplikasi iMessages, Notes, Microsoft Word, Safari, sampai Twitter.
Kamera
iPhone 11 adalah salah satu yang terbaik untuk urusan ambil foto dan video jika kamu sedang mempertimbangkan membeli gadget mahal hari ini.
Kualitas yang baik diberikan pada autofokus yang bekerja lebih cepat. Hasilnya lebih tajam secara keseluruhan dengan reproduksi warga yang lebih akurat dibandingkan iPhone XR.
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100931)
Kamera iPhone 11. Foto: Aditya Noviansyah/kumparan
Foto yang diambil dengan cahaya yang cukup hasilnya tampak hebat. Lalu foto yang diambil pada malam hari juga luar biasa, berkat fitur Night Mode yang sangat berguna untuk fotografi cahaya rendah. Fitur Night Mode membuat foto dalam kondisi minim cahaya menjadi terang dan jelas, meski masih ada sedikit noise di sekitar gambar, tetapi gangguan yang ada itu masih dapat ditoleransi lantaran masih memuaskan.
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100932)
Hasil kamera belakang iPhone 11. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100933)
Hasil kamera belakang iPhone 11. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100934)
Hasil foto dari kamera belakang iPhone 11. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100935)
Hasil foto dari kamera belakang iPhone 11 dengan mode night. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100936)
Hasil foto dari kamera belakang iPhone 11 dengan mode night. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100937)
Hasil foto dari kamera belakang iPhone 11 dengan mode night. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Kami suka dengan peningkatan lensa ultrawide yang mengesankan jika kita memakainya di ruang yang artistik atau untuk mengabadikan pemandangan indah. Hasil foto ultrawide tampak bagus, tidak ada cekungan di ujung fotonya sehingga terlihat rapi. Hal ini juga terjadi ketika kita ambil foto bokeh yang gradasi foreground dan background terkesan tersambung dengan halus.
Satu-satunya hal yang terlewat dari kamera iPhone 11 adalah lensa telephoto. Bagi mereka yang gemar mengambil foto zoom bisa jadi ini adalah masalah besar.
Kamera depan iPhone 11 beresolusi 12 MP. Ia punya fitur yang enggak jauh beda sama kamera belakang. Ada juga lensa wide yang cukup menolong untuk foto selfie banyak orang alias Goofie menjadi lebih asyik. Fitur lain yang tak kalah seru adalah Slofie alias Slow Motion Selfie. Pengguna bisa membuat video slow motion dengan kamera depan.
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100938)
Hasil foto dari kamera depan iPhone 11. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100939)
Hasil foto dari kamera depan iPhone 11. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100940)
Hasil foto portrait kamera depan iPhone 11 yang menantang cahaya matahari. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100941)
Hasil foto dari kamera depan iPhone 11 dengan mode portrait. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100942)
Hasil foto kamera depan iPhone 11 di malam hari. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Cip A13 Bionic Makin Kencang
Selama menjajal iPhone 11, kami tidak merasa ada kendala dalam performa. Ini karena kehadiran cip baru A13 Bionic, yang diklaim Apple sebagai prosesor tercepat dibanding Snapdragon 855 dan prosesor sejenisnya.
Ketika buka banyak aplikasi dan melakukan multitasking, tidak ada gejala yang membuat performa iPhone 11 menjadi lambat. Saat main game PUBG Mobile dengan setting kualitas grafis tinggi, smartphone ini sanggup menjalankan permainan tersebut dengan lancar dan tanpa lagging. Nonton video juga jauh lebih nyaman, sekalipun dengan video beresolusi 4K.
Video
Charger Bawaan Belum Fast Charging
Satu hal yang kumparan sesalkan dari iPhone 11 ini adalah pengisian baterainya yang terbilang makan waktu lama, karena dia belum fast charging. Ia masih menggunakan daya 5 W. Berbeda dengan dua saudaranya, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, yang dilengkapi baterai 18W yang sudah didukung teknologi fast charging.
Beda charger, maka akan beda kualitas. Terbukti dalam pengujian, dari kapasitas baterai 10 persen ke 100 persen memakan waktu sekitar 2,5 jam.
Oleh sebab itu, jika ingin menikmati teknologi fast charging Apple, disarankan untuk beli sendiri charger iPhone 18W. Charger tipe ini sanggup mengisi daya dari 0 persen ke 50 persen dalam waktu 30 menit.
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100943)
iPhone 11. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Kesimpulan
Kami cukup puas dengan iPhone 11. Walau kamera belakangnya hanya dua, bukan tiga seperti iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, tetapi hasil foto dan videonya sangat mumpuni. Kekurangan dari sektor kameranya ada pada absennya lensa telephoto yang mungkin jadi masalah serius bagi para pencinta gambar yang lebih padat.
Performa iOS 13 terus membaik, walau di awal sempat ada beberapa bug yang cukup mengganggu, namun Apple terus memperbaikinya.
Review iPhone 11, Flagship 'Terjangkau' dari Apple (100944)
Desain iPhone 11. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
iPhone 11 akan menjadi smartphone yang sempurna andai Apple mendukung paket pembeliannya dengan charger berteknologi fast charging. Tidak ada reverse wireless charging untuk jadi pengisian perangkat lain atau airpods juga membuat nilai iPhone 11 sedikit turun.
Kehadiran iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max, masih harus menunggu waktu di Indonesia. Tiada yang tahu pasti kapan ia akan dijual resmi di Indonesia, walaupun ketiganya sudah mengantongi lulus sertifikat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dari Kementerian Perindustrian.
Di tengah kebuntuan itu, ada sedikit harapan buat kamu yang sudah tidak sabar ingin beli iPhone 11 di Indonesia. Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, JD.id, membuka program menarik untuk mendapatkan iPhone 11 seharga Rp 11 perak pada periode 11 hingga 15 November 2019. Untuk mendapatkannya, kamu bisa memakai kode kupon JDIPHONE11 pada halaman Kode Voucher setiap kali belanja Rp 500.000 di JD.id. Kuota kode kupon ini terbatas. Dan, iPhone 11 ini hanya akan diberi kepada 11 orang terpilih.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white