Tekno & Sains
·
18 Januari 2021 16:40

Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149468)
Oppo Reno 5 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Oppo Reno 5 akhirnya resmi dirilis di Indonesia pada pekan lalu. Handphone (HP) ini menjadi generasi kelima dalam jajaran Reno Series yang pertama kali diperkenalkan Oppo pada 2018 lalu.
ADVERTISEMENT
Seperti para pendahulunya, Oppo Reno 5 dibekali dengan desain yang ciamik dan kaya fitur kamera. Hal tersebut tidak mengherankan karena Oppo memang menargetkan anak muda sebagai target pasar khusus di Reno Series.
Lantas, seperti apa sih pengalaman memakai HP yang dibanderol dengan harga Rp 4.999.000 itu? kumparanTECH berkesempatan menjajal Oppo Reno 5 dalam seminggu terakhir. Kamu bisa melihat review-nya berikut ini.

Desain cantik berwarna-warni

Desain Oppo Reno 5 tampak mirip dengan pendahulunya. Ia masih punya bobot yang ringan dengan berat cuma 171 gram dan ketebalan hanya 7,7 mm. Luas layarnya yang 6,4 inci juga bisa memberikan kesan compact ketika digenggam karena rasio layarnya yang memanjang dengan perbandingan 20:9.
Dimensi yang ringan dan tipis itu kemudian dipadukan dengan bodi belakang HP yang berbahan polikarbonat. Meski bukan berbahan kaca, Oppo sukses membuat Reno 5 agar terasa premium di tangan. Hal tersebut tampaknya didukung oleh bagaimana Oppo memoles penampang belakang Reno 5.
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149469)
Oppo Reno 5 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149470)
Oppo Reno 5 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149471)
Oppo Reno 5 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Varian yang kumparanTECH coba ini punya nama warna Fantasy Silver. Permukaannya dibuat sedikit agak kasar dengan desain 2.5D, membuatnya tak hanya mampu mengurangi bekas sidik jari yang bikin perangkat tampak kotor, tetapi juga tidak selip saat dipegang.
ADVERTISEMENT
Walaupun namanya Silver, varian warna ini enggak cuma menampilkan warna perak (bahkan, mungkin tak pernah benar-benar kelihatan perak). Lewat teknik finishing yang disebut Oppo sebagai Reno Glow dan Diamond Spectrum, Reno 5 mampu menampilkan warna yang berbeda-beda jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda.
Tampilannya yang bisa berganti-ganti warna tersebut bikin Reno 5 tampak cantik dan enggak bikin bosan saat dipandang. HP ini cocok buat kamu yang mau tampil beda dengan HP kamu walaupun tak memakai case.
Bagi kamu yang lebih kalem dan enggak mau berwarna-warni, Oppo Reno 5 juga hadir dengan warna Starry Black. kumparanTECH sempat melihat varian warna tersebut dari jarak dekat. Ia punya permukaan yang lebih halus dan warna hitam yang pekat, membuat penampang belakangnya dapat memantulkan refleksi objek di sekitarnya.
ADVERTISEMENT
Untuk mendukung penampang belakangnya yang keren itu, Oppo mendesain modul kamera belakang Reno 5 dengan bentuk persegi panjang di mana ujung sudutnya melengkung. Ukuran modul kamera ini sedikit lebih besar dari Oppo Reno 4, namun ia tampak cocok dan padu dengan penampang bodi belakang varian Fantasy Silver yang manis.
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149472)
Oppo Reno 5 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149473)
Oppo Reno 5 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Beralih ke bagian layar depan, Oppo Reno 5 hadir dengan satu buah punch hole, berbeda dari Reno 4 yang memiliki dual-punch hole. Dengan berkurangnya jumlah kamera di bagian depan, kumparanTECH merasa layar Reno 5 terasa lebih lega dari pendahulunya itu.
Di layarnya tersebut, Oppo telah memberi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Mereka juga memberikan tempered glass bawaan sebagai proteksi tambahan. Meski tampak sepele, tempered glass itu nyatanya cukup berguna agar layar aslinya tak langsung mendapat kontak dari benda tajam. kumparanTECH sendiri menemukan ada sejumlah goresan halus di bagian tersebut setelah dipakai seminggu, kemungkinan karena tergesek ketika ditaruh di kantong celana.
ADVERTISEMENT
Oppo juga memberikan jelly case bawaan di kotak pembelian. Namun, kumparanTECH tidak pernah memakainya karena varian Fantasy Silver yang kumparanTECH pakai tak gampang kotor dan enak digenggam. Mungkin, untuk varian Starry Black, jelly case itu lebih berguna agar bodinya enggak gampang kotor.

Layar mulus, warna gonjreng

Tak cuma membuat HP yang enak digenggam, Oppo juga membuat layar Reno 5 enak ditatap lama-lama tanpa bikin mata lelah.
HP tersebut punya panel AMOLED dengan resolusi Full HD Plus (2400x1080 pixel). Ketika menatap layar, kumparanTECH merasa disuguhkan warna yang 'gonjreng' dan lebih hidup ketimbang layar berpanel IPS.
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149474)
Oppo Reno 5 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149475)
Oppo Reno 5 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Bagian layar Reno 5 juga telah diberi fitur refresh rate 90 Hz dengan touch sampling 180 Hz. Meski bukan refresh rate yang tertinggi di pasar saat ini, fitur tersebut membuat Reno 5 lebih unggul dari pendahulunya.
ADVERTISEMENT
Dengan refresh rate 90 Hz, perpindahan frame jadi lebih smooth. Scrolling media sosial ataupun main game yang mendukung fitur tersebut pun terasa lebih mulus. Kalau kamu ingin lebih irit baterai, kamu bisa mematikan fitur ini di bagian Setting.
Selain itu, meski tak lagi diberi AON Smart Sensor, Reno 5 tetap bisa menjalankan fitur layar pintar seperti Air Gesture. Melalui fitur ini, kamu bisa melakukan scrolling lewat gestur tangan di depan layar, tanpa menyentuh HP. Bagi yang suka main Instagram sembari makan, fitur ini cukup membantu karena enggak perlu menyentuh layar buat scrolling ketika tangan lagi sibuk untuk makan.

Kamera: Makin banyak fitur video

Jika kita bicara Reno Series, fitur yang paling diandalkan Oppo di lini smartphone ini sebenarnya adalah bagian kamera. Di Reno 5, Oppo menyematkan sejumlah fitur baru untuk perekaman video. Namun, sebelum masuk ke bagian tersebut, mari kita bahas hasil fotonya terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Oppo Reno 5 hadir dengan 4 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, ultra-wide 8 MP, lensa macro 2 MP, dan kamera mono 2 MP. Untuk kamera selfie-nya, Oppo menyematkan lensa beresolusi 44 MP.
Secara garis besar, hasil foto di semua kamera tersebut menghasilkan warna yang natural, tajam, dan konsisten di kondisi pencahayaan yang cukup. Tak banyak yang bisa dikomentari di aspek ini. Reno 5 punya kamera yang baik seperti para pendahulunya.
Menariknya, meski tak ada kamera telephoto, Reno 5 punya mode zoom hingga 5x lipat perbesaran. Hasil foto zoom-nya tergolong baik buat HP yang enggak punya lensa telephoto. Gambar yang dihasilkan tetap detail dan tidak ada efek blur meski mode zoom umumnya sensitif dengan sedikit guncangan saja.
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149476)
Hasil foto kamera utama Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149477)
Hasil foto mode 2x zoom Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149478)
Hasil foto mode 5x zoom Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149479)
Hasil foto mode 2x zoom Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149480)
Hasil foto famera ultrawide Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149481)
Hasil foto kamera makro Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149482)
Hasil foto kamera ultrawide Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149483)
Hasil foto kamera utama Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149484)
Hasil foto mode 5x zoom Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149485)
Hasil foto selife bokeh Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149486)
Hasil foto AI Color Portrait Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149487)
Hasil foto kamera selfie Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149488)
Hasil Foto mode portrait Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Meski demikian, seperti HP di range harga mid-end, kamera Reno 5 terasa sedikit kerepotan saat menangkap gambar di malam hari. Kualitas detail gambar jadi turun, juga ada noise cahaya yang mengganggu.
ADVERTISEMENT
Untungnya, Oppo Reno 5 hadir dengan sejumlah fitur andalan pendahulunya seperti Night Mode dan Ultra Dark Mode. Dengan fitur ini, noise dapat diredam dan detail foto jadi meningkat, bahkan untuk mode foto ultra-wide yang umumnya dikenal sering kesulitan menghasilkan foto yang baik di kondisi malam hari.
Tak cuma mode foto malam hari, Reno 5 juga hadir dengan berbagai fitur andalan Reno sebelumnya, seperti AI Color Portrait, AI Monochrome Video, Ultra-Clear 108 MP Image, Night Flare Portrait. Kamu bisa lihat hasil fotonya berikut.
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149489)
Hasil foto selfie bokeh Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149490)
Hasil foto kamera depan Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149491)
Hasil foto selfie Night Flare Portrait Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149492)
Hasil foto kamera Ultrawide Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149493)
Hasil foto kamera Ultrawide dengan Night Mode Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149494)
Hasil foto kamera utama tanpa Night Mode Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149495)
Hasil foto kamera utama dengan Night Mode Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Seperti yang dibilang sebelumnya, Oppo membekali Reno 5 dengan berbagai fitur video. Setidaknya, ada tiga fitur video yang jadi 'barang jualan' di HP ini. Ketiganya adalah Dual-view Video, AI Highlight Video, dan AI Mixed Portrait.
ADVERTISEMENT
Seperti namanya, Dual-view Video merupakan fitur yang memungkinkan kamu merekam suasana dengan dua sudut pandang berbeda, lewat kamera depan dan belakang. Fitur ini punya 3 template bingkai tampilan dual-view, jadi kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan konten video kamu.
Selain itu, ada pula AI Mixed Portrait. Lewat fitur ini, kamu bisa mudah menggabungkan dua video jadi satu secara estetik dengan eksposur ganda. Jadi, buat kamu 'sobat indie' yang ingin bikin konten video galau dengan latar belakang senja, tapi enggak mau repot-repot edit, fitur ini berguna buat kamu.
Fitur andalan terakhir yang jadi andalan Reno 5 adalah AI Highlight Video. Bisa dibilang, fitur ini adalah versi advance dari Ultra Night Video dan HDR Live.
ADVERTISEMENT
Lewat AI Highlight Video, kecerdasan buatan (AI) di Reno 5 bakal menyesuaikan kondisi cahaya sekitar untuk meningkatkan kualitas perekaman video saat malam hari. Jadi, hasil perekaman kamu bakal lebih jelas dan minim gangguan noise cahaya.
Perekaman video di Reno 5 sendiri mampu merekam hingga resolusi 4K pada tingkat frame 30 fps lewat kamera belakang. Sedangkan kamera depannya bisa menghasilkan video resolusi FHD pada tingkat frame yang sama. Kualitas perekaman kedua kedua kamera ditunjang oleh fitur stabilisasi, jadi enggak gampang terganggu dengan getaran ketika merekam sambil berjalan.

Performa: resep lama dengan 'bumbu' tambahan

Meski membawa peningkatan yang banyak pada sektor kamera, Reno 5 hadir dengan prosesor yang identik dengan Reno 4. Keduanya sama-sama memakai Qualcomm Snapdragon 720G dengan kartu grafis Adreno 620. Hal tersebut membuat pengalaman performa Reno 5 tak jauh berbeda dari Reno 4.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah kesempatan setelah peluncuran Reno 5, Oppo menjelaskan bahwa mereka tetap mengandalkan Snapdragon 720G karena masih banyak potensi kecerdasan buatan yang bisa dikulik oleh mereka untuk aspek kamera, yang jadi andalan seri Reno.
Menurut kumparanTECH sendiri, sebenarnya tak ada masalah menggunakan prosesor satu tahun lalu. Toh, Snapdragon 720G bisa diandalkan untuk aktivitas sehari-hari.
Untuk menjalankan aktivitas berat seperti gaming, misalnya, Reno 5 bisa menjalankan game Call of Duty: Mobile dalam pengaturan grafis dan frame rate rata kanan alias tinggi. Adapun untuk game League of Legends: Wild Rift, ia mampu menjalankan permainan secara mulus di pengaturan grafis High Definition. Sedangkan untuk PUBG, kamu bisa menjalankan game tersebut dalam konfigurasi grafis HD-High atau Smooth-Ultra.
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149496)
League of Legend: Wild Rift di Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149497)
Call of Duty: Mobile di Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149498)
PUBG: Mobile di Oppo Reno 5. Foto: Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Adapun untuk multi-tasking, kumparanTECH tak memiliki keluhan apa pun. Ketika minimize aplikasi, misalnya, tak ada loading ulang saat membukanya kembali. Kemampuan tersebut tidak mengherankan karena kapasitas RAM HP ini mencapai 8 GB.
ADVERTISEMENT
Oppo juga menyediakan ruang memori internal hingga 128 GB di Reno 5. Kapasitas tersebut juga didukung dengan slot khusus di SIM tray untuk tambahan memori eksternal hingga 256 GB. Namun, kumparanTECH tak menggunakan SIM eksternal itu karena RAM 128 GB sudah lebih dari cukup untuk menyimpan aplikasi dan data pribadi.
Meski punya resep spesifikasi hardware yang mirip dengan Reno 4, Oppo Reno 5 dari berbagai sisi lebih unggul ketimbang pendahulunya tersebut.
Pengalaman penggunaan Oppo Reno 5 juga lebih mudah dan seamless karena telah berjalan dalam antarmuka ColorOS 11.1. Ini merupakan antarmuka terbaru dari Oppo yang berbasis Android 11.
Melalui ColorOS 11.1 tersebut, Oppo memberikan sejumlah fitur yang dirasa sangat membantu sehari-hari. Contohnya adalah Three-finger Translate with Google, fitur hasil kerja sama Oppo dan Google Lens yang memungkinkan pengguna translate suatu bahasa hanya dengan swap tiga jari di layar. Ketika membaca artikel dengan kalimat asing yang sulit dipahami, fitur ini sangat membantu karena tak perlu lagi repot-repot ke Google Translate dan mencari maknanya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada juga fitur Game Space yang selalu aktif ketika kumparanTECH mau main game mobile. Fitur ini biasanya muncul di sebagai side-bar, di mana kita bisa mengatur mode performa yang diinginkan. Ketika main League of Legends: Wild Rift atau Call of Duty: Mobile yang perlu performa maksimal untuk tetap kompetitif, misalnya, kumparanTECH selalu mengaktifkan Competition Mode agar performa HP lebih maksimal. Tentunya, mode ini akan menguras lebih banyak daya ketika diaktifkan.
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149499)
Screenshot daya tahan baterai Oppo Reno 5. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Walaupun demikian, kumparanTECH menemukan baterai Oppo Reno 5 yang berkapasitas 4.310 mAh bisa diandalkan sehari-hari. Selama seminggu memakai HP ini, screen on time kumparanTECH selalu tembus di angka 5-6 jam hingga baterai benar-benar habis.
Bahkan, kalaupun baterainya habis, kumparanTECH tak perlu lama-lama nge-charge baterai Reno 5. Sebab, ia telah mendukung fast charging 50 Watt yang bisa mengisi daya dari nol sampai penuh kurang dari 50 menit.
ADVERTISEMENT
HP ini semakin terasa komplet dengan keberadaan fitur NFC. Yah, bisa dibilang, ini merupakan salah satu fitur dambaan konsumen HP mid-end di Indonesia. Sebelumnya, dalam review pendahulu Reno 5 pada tahun lalu, kumparanTECH mengatakan bahwa kekurangan Reno 4 disebabkan ketiadaan NFC. Oppo tampaknya hendak menjawab kritik kumparanTECH dan konsumen di pasar tersebut melalui Reno 5 ini.

Kesimpulan

Oppo Reno 5 merupakan HP mid-end yang komplet, mulai dari desain yang elegan, layar yang apik dan mulus, performa dan kamera yang mantap di kelasnya, serta baterai yang bisa tahan seharian.
Meski demikian, secara sekilas HP ini tak jauh berbeda dari pendahulunya Reno 4. Dari desain yang mirip sampai prosesor yang identik, apa Reno 5 bisa dibilang sebagai HP yang benar-benar berbeda dan layak upgrade? Jawabannya, iya.
Review Oppo Reno 5: HP Komplet Harga Rp 5 Juta (149500)
Oppo Reno 5 cuma punya satu kamera depan 44 MP. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Meskipun Reno 5, tampak memakai resep yang sama seperti Reno 4, keduanya tetap berbeda. Reno 5, dalam hal ini, memiliki sejumlah fitur andalan khas HP mid-end yang tidak dimiliki Reno 4 seperti refresh rate 90 Hz dan NFC.
ADVERTISEMENT
Sebagai kesimpulan, Oppo Reno 5 adalah HP segmen menengah yang komplet. Sulit untuk menemukan kekurangan dari HP ini, karena Oppo tampaknya telah menambal semua kritik yang mereka dapat dari Reno 4 lalu lewat perangkat ini.

Kelebihan

  • Keberadaan NFC dan refresh rate layar 90 Hz membuat fitur di Oppo Reno 5 semakin lengkap
  • Desain cantik
  • Kualitas kamera yang baik di kelasnya

Kekurangan

  • Masih memakai prosesor yang sama dengan pendahulunya, membuat pengalaman penggunaan terasa mirip