Tekno & Sains
·
16 Juni 2021 15:14
·
waktu baca 4 menit

Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel (320407)
searchPerbesar
True Wireless Stereo realme Buds Q2 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
realme resmi membawa dua earbuds true wireless stereo (TWS) terbarunya ke Indonesia pada Rabu (16/6). Mereka adalah realme Buds Q2 dan realme Buds Wireless 2 Neo yang masuk kategori produk AIoT dari realme, yang dapat terkoneksi secara nirkabel.
ADVERTISEMENT
realme Buds Q2 datang sebagai penerus realme Buds Q generasi pertama, dengan teknologi dan fitur yang lebih baik dari pendahulunya. Sementara realme Buds Wireless 2 Neo menawarkan bass yang lebih mendalam dan noise cancellation peredam kebisingan sebagai kemampuan kuncinya.
kumparanTECH berkesempatan menjajal kedua perangkat tersebut selama beberapa hari. Simak ulasannya di bawah ini.

realme Buds Q2

Desain

Pertama, mari bahas realme Buds Q2. Setelah unboxing kemasannya, kamu akan mendapatkan earbuds dengan case cangkang yang halus dan mungil. Case tersebut cukup nyaman digenggam dan tidak licin di telapak tangan, mengurangi risiko terjatuh. Ia juga kompak untuk masuk saku celana, baju, atau tas.
Di dalam kemasan ada tip atau pucuk earbuds cadangan, buku petunjuk, kabel USB, dan tentu saja si earbuds realme Buds Q2, yang desainnya tak jauh berbeda dengan realme Buds Q generasi pertama. Hanya area kontrol sentuh yang dipoles wujudnya lebih pipih daripada pendahulunya. Kontrol sentuh ini tidak ada gestur geser (swipe), hanya ada fitur tekan (tap) sekali hingga beberapa kali yang masing-masing fungsinya bisa dikustomisasi lewat aplikasi realme Link.
Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel (320408)
searchPerbesar
True Wireless Stereo realme Buds Q2 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
realme Buds Q2 yang di-review kumparanTECH kebetulan berwarna biru pastel. Ada opsi varian warna hitam. Tampilan kontrol sentuhnya bermotif berlian yang bisa menimbulkan efek kilau ketika dilihat dari sudut pandang tertentu. Perpaduan warna dan motif berlian itu menunjukkan kesan premium pada earbuds.
ADVERTISEMENT
Meski wujudnya terlihat cerah dan padat dengan sentuhan matte, earbuds dan cangkangnya sedikit mudah kotor ketika beberapa kali dipegang atau tak sengaja tersentuh permukaan berdebu. Kamu tak perlu khawatir soal ini, karena perangkat bisa dibersihkan dengan mudah sehingga kembali tampak seperti baru.
realme Buds Q2 memiliki tip silikon yang lembut dan mudah dicantolkan di lubang telinga. Jika terasa kekecilan atau kebesaran, realme menyediakan silikon cadangan dalam berbagai ukuran. Tinggal pilih mana yang cocok dengan kuping kamu. Karena ukurannya mungil, earbuds ini bikin telinga tidak cepat lelah, dan bahkan tidak sakit ketika dipakai selama berjam-jam.
Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel (320409)
searchPerbesar
True Wireless Stereo realme Buds Q2 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Kualitas audio

realme Buds Q2 mampu memberikan kualitas suara yang mengesankan jika kita komparasi dengan harganya. Salah satu alasannya adalah kehadiran Bass Boost Driver 10mm di dalam perangkat.
ADVERTISEMENT
Fitur tersebut menawarkan bass yang kuat dan kencang tanpa membuat audio menjadi cempreng atau tidak jelas. Bass-nya tidak membuat telinga sakit maupun merusak speaker perangkat sehingga aman walau volumenya mentok kanan alias 100.
Hal ini terasa ketika realme Buds Q2 dipakai untuk mendengarkan lagu To the Bone dari Pamungkas. Earbuds mampu menghasilkan dentuman bass yang terasa penuh dan tidak menutupi suara vokal.
Pengguna bisa mengatur audio realme Buds Q2 lewat aplikasi realme Link. Ada tiga pilihan pengaturan audio equalizer, yakni Bass Boost+, Dynamic, dan Bright.
Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel (320410)
searchPerbesar
Ilustrasi True Wireless Stereo realme Buds Q2 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Hal menarik lainnya adalah realme Buds Q2 datang dengan fungsi 88ms Super Low Latency. Fitur ini mampu mengurangi latensi atau jeda antara video dan audio saat pengguna menonton video atau bermain game. Selama pengalaman kumparanTECH memakai realme Buds Q2, hampir tak terasa jeda alias video dan audio berjalan baik sehingga cukup nyaman ketika streaming Spotify, YouTube, atau main game Mobile Legends.
ADVERTISEMENT
Kemampuan lain yang tak kalah hebat adalah environmental noise cancellation-nya, sangat bermanfaat ketika pengguna ingin melakukan atau menerima panggilan telepon dengan voice call maupun WhatsApp Call. Sistem diklaim mampu meredam audio yang mengganggu di sekitar pengguna.
Ketika dipakai, noise cancellation di realme Buds Q2 memang bekerja dengan cukup baik. Kita bisa mendengar suara lawan bicara secara jernih. Sementara suara kumparanTECH juga dapat didengar jelas oleh lawan bicara, berkat mikrofon yang presisi di dalam perangkat. Hanya sedikit suara bising masuk yang masih bisa ditoleransi.

Baterai dan Fitur Lain

realme Buds Q2 dibekali dengan baterai yang diklaim mampu hidup hingga 20 jam. kumparanTECH sendiri merasakan earbuds ini sanggup hidup dengan durasi hampir serupa. Cukup awet untuk ukuran earbuds yang mungil.
ADVERTISEMENT
Perihal pengisian dayanya memang membutuhkan waktu cukup lama sampai menunjukkan indikator lampu LED hijau alias baterai penuh. Cas lewat case realme Buds Q2 membutuhkan waktu hampir 2,5 jam untuk mengisi 0 hingga 100 persen. Sementara cangkangnya sendiri memakan waktu sekitar 2 jam untuk dicas sampai penuh baterainya.
Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel (320411)
searchPerbesar
True Wireless Stereo realme Buds Q2 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Sayangnya, cangkangnya ini masih memakai port micro-USB, belum USB Type-C yang kekinian. Itu sebabnya realme masih menyediakan tambahan kabel data USB untuk kebutuhan charge baterai.
Perlu dicatat, realme Buds Q2 sudah memiliki sertifikat tahan air berlabel IPX4. Artinya, earbuds aman terkena cipratan air atau keringat ketika berolahraga.

realme Buds Wireless 2 Neo

Desain

Sekarang kita beralih ke realme Buds Wireless 2 Neo. Secara desain, memang penampakannya sedikit lebih ramai dibanding realme Buds Q2 dan perangkat juga masih memiliki kabel yang menggantung walau berlabel wireless.
ADVERTISEMENT
Wujudnya hampir mirip dengan realme Buds Wireless generasi pertama. Bedanya, bagian buds-nya kali ini dirombak dengan desain yang lebih minimalis dan sudah tersedia port USB-Type C, tak lagi micro-USB. Pada penyangga leher juga masih terdapat tombol kontrol yang terdiri satu tombol multi-fungsi (untuk pairing Bluetooth, putar atau stop lagu, hingga buka gaming mode) dan dua tombol volume (naik atau turun).
Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel (320412)
searchPerbesar
realme Buds Wireless 2 Neo Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Selain earbuds, di dalam kemasannya kamu juga bakal mendapat buku petunjuk penggunaan, kabel data USB-Type C, dan tip silikon cadangan dengan berbagai ukuran. Jika lupa dengan kemampuan tombol multi-fungsi, buku petunjuknya cukup membantu mengingatkan kamu untuk bagaimana cara pakai dan apa saja fungsinya.
Konsep desainnya yang unik ini diberi nama Trendsetting Design oleh realme. Varian warna yang disediakan hanya warna hitam dengan aksen kuning ciri khas realme. Meski bentuknya tak mungil, earbuds ini secara mengejutkan cukup ringan sekitar 23,1 gram. Bobotnya setara dengan dua buah ceri.
ADVERTISEMENT
Bahan karet pada penyangganya juga nyaman dipakai seharian penuh dan tidak membuat leher gatel maupun pegal. Tip silikon realme Buds Wireless 2 Neo juga lembut dan mudah dicantolkan di lubang telinga. Earbuds juga tak sakit ketika dipakai selama berjam-jam.
Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel (320413)
searchPerbesar
realme Buds Wireless 2 Neo Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Kualitas Audio

realme memasang fitur Bass Boost Driver 11.2mm dan Bass Boost+ yang dipadukan dengan algoritma peningkatan bass komposit. Mode Bass Boost+ juga mampu mendorong bass ke tingkat yang lebih tinggi tanpa membuat telinga terasa sakit atau berdengung pasca-pemakaian.
Sepanjang pengalaman memakai realme Buds Wireless 2 Neo, kumparanTECH merasakan bass yang dimiliki terasa lebih dalam ketika mendengarkan lagu The Pretender dari Foo Fighters. Pengalaman ini juga terasa pada musik rock lainnya, misal, lagu Hysteria dari Muse.
ADVERTISEMENT
Sekarang ada tambahan mode audio Dynamic dan Bright, yang pengaturannya bisa dilakukan lewat aplikasi realme Link. Dynamic mampu menyeimbangkan suara bass, treble, dan mid, sementara Bright meningkatkan suara manusia, cocok untuk mendengarkan podcast dan audio book.
realme Buds Wireless 2 Neo juga nyaman dipakai saat main game mobile macam Mobile Legends atau PUBG. Pengalaman ini bisa dirasakan ketika Gaming Mode diaktifkan, dengan cara tekan tiga kali tombol multi-fungsi.
Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel (320414)
searchPerbesar
realme Buds Wireless 2 Neo Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Ketika Gaming Mode berjalan, perangkat tengah mengaktifkan 88ms Super Low Latency. Fitur latensi super rendah ini juga ada di realme Buds Wireless 2 Neo. Latensi antara video dan audio dikurangi serendah mungkin, sehingga pengguna hampir tidak merasakan jeda pada keduanya.
Tak hanya realme Buds Q2, realme Buds Wireless 2 Neo juga punya environmental noise cancellation. Fitur ini secara signifikan mengurangi kebisingan ketika sedang menelepon. Selama pemakaian, kumparanTECH cukup merasakan audio yang mengganggu di sekitar sukses diredam hingga suara dari lawan bicara bisa didengar cukup jelas.
ADVERTISEMENT

Baterai dan Fitur Lain

Dibanding generasi sebelumnya, realme Buds Wireless 2 Neo memiliki daya baterai yang lebih tahan lama. Peningkatan ini diklaim menghasilkan masa pakai baterai total 17 jam. Bahkan, jika pengguna memakai earbuds hanya 3 jam sehari, maka perangkat hanya perlu dicas satu kali dalam seminggu.
Klaim tersebut tak jauh berbeda dengan pengalaman kumparanTECH selama menjajal realme Buds Wireless 2 Neo. Perangkat bisa bertahan dalam durasi sekitar 17 jam dengan pemakaian wajar (mendengar musik dan menelepon, dengan beberapa kali istirahat) dari 100 hingga 0 persen.
Untuk pengisian daya baterai dari nol hingga penuh, butuh waktu sekitar 2 jam. Menariknya, ketika baru dicas selama 10 menit, earbuds bisa dipakai untuk mendengarkan musik hingga 2 jam. Kehadiran port USB Type-C, yang lebih baik dari micro-USB, cukup membantu pengisian daya dengan dukungan charger berteknologi fast charging.
Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel (320415)
searchPerbesar
realme Buds Wireless 2 Neo Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
realme Buds Wireless 2 Neo mengadopsi fitur Magnetic Instant Connect, sama dengan pendahulunya. Fitur ini membantu dalam menyambungkan earbuds dengan perangkat lain seperti smartphone ketika buds dipisah, tak lebih dari 3 detik keduanya sudah tersambung berdasarkan pengalaman kumparanTECH. Sementara realme Buds Wireless 2 Neo akan langsung terputus ketika buds disatukan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, realme Buds Wireless 2 Neo juga bisa mengalihkan koneksi dari satu gadget ke gadget lain secara cepat dengan bantuan aplikasi realme Link.
realme Buds Wireless 2 Neo sudah punya sertifikat tahan air IPX4, yang artinya perangkat masih mampu bertahan dari percikan air hingga cipratan keringat. Tidak dianjurkan untuk memakai earbuds ini ketika tengah berenang di kolam atau pantai, jika pengguna masih ingin menggunakannya dalam jangka waktu panjang.
Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kencang, Super Fleksibel (320416)
searchPerbesar
realme Buds Wireless 2 Neo Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Kesimpulan realme Buds Q2 dan realme Buds Wireless 2 Neo

realme Buds Q2 merupakan paket earbuds yang ringan, ringkas, serta mudah dibawa ke mana saja. Fitur di dalamnya cukup membantu meningkatkan pengalaman mendengar audio dalam menelepon hingga streaming musik, seperti noise cancellation dan Bass Boost Driver 10mm.
ADVERTISEMENT
realme Buds Wireless 2 Neo secara tampilan desainnya lebih ramai karena ada kabel, tetapi ia sangat cocok untuk kamu yang gemar olahraga. Fitur Magnetic Instant Connect menjadi daya tarik tersendiri karena sanggup menyambung ke smartphone lebih cepat.
Ia juga sudah mendukung USB Type-C, membuat pengisian dayanya lebih cepat. Dicas sebentar, pengguna bisa memakai realme Buds Wireless 2 Neo dalam waktu beberapa jam.
Baik realme Buds Q2 dan realme Buds Wireless 2 Neo, dapat terhubung secara mulus dengan perangkat smartphone dan komputer. Keduanya bisa jadi pilihan buat kamu yang sedang mencari TWS untuk mendukung kegiatan belajar atau kerja dari rumah.
Fitur pendukung ENC, IPX4 dan ketahanan baterai yang dibanderol dengan harga Rp 200 ribuan membuat keduanya bisa dikatakan sebagai TWS paling lengkap dikelasnya dan earphone neckband paling sporty dikelasnya.
ADVERTISEMENT
Jadi, kamu pilih mana?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020