Tekno & Sains
·
17 Juni 2021 8:19
·
waktu baca 4 menit

Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214511)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Pro Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
realme resmi merilis realme Watch 2 Pro untuk pasar Indonesia. Tak cuma realme Watch 2 Pro, produk ekosistem AIoT milik realme ini juga dirilis bersama adiknya, yakni realme Watch 2.
Ada satu hal yang membuat dua smartwatch ini begitu menarik perhatian. realme mengatakan versi realme Watch 2 Pro merupakan smartwatch dengan fitur terlengkap dan memiliki layar yang besar. Sementara sang adik, realme Watch 2, merupakan smartwatch Entry-Level paling worthed buat kamu miliki dengan sederet fitur di dalamnya.
realme Watch 2 Pro boleh jadi menggendong layar yang begitu besar. Namun siapa sangka, bobotnya amat ringan sampai tak terasa memakai jam tangan. Baik realme Watch 2 dan realme Watch 2 Pro punya konektivitas tanpa batas, alias bisa dioperasikan dengan Android dan iOS.
kumparanTECH mendapat kesempatan untuk me-review unit ini. Inilah cerita pengalaman kami memakai kedua produk itu.

realme Watch 2

Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214512)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Desain: Layar Sentuh Luas

realme Watch 2 dirancang dengan layar sentuh 1,4 inci atau 3,5 centimeter dan resolusi 320*320 pixel (323 ppi). Resolusi ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk ukuran jam tangan. Yang pasti, layar tersebut menampilkan visual yang tajam dan hidup.
Touchscreen-nya dirasa cukup dengan skala responsif yang baik. Jam ini punya kecerahan 600 nits dengan lima tingkat penyesuaian dari 20%, 40%, 60%, 80% dan 100%.
Ada fitur Raise to Wake di mana pengguna tak perlu repot menekan tombol untuk melihat penunjuk waktu. Swipe-swipe layar seukuran ini buat kami lancar dan user interface-nya cukup mudah dan singkat untuk dipelajari.
Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214513)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Secara default, ada 10+ animasi dinamis yang dapat pengguna pakai di realme Watch 2. Ia juga menyediakan beberapa wallpaper jam yang bisa dikustomisasi oleh pengguna. Kamu juga bisa menggunakan foto favorit untuk dijadikan wallpaper jam.

Egronomi

realme Watch 2 begitu ringan di pergelangan tangan. Bobotnya yang enteng membuat tangan serasa tak memakai jam tangan. Tentu hal ini menjadi nilai plus buat kamu yang gemar olahraga.
Strap yang berbahan karet mampu menyesuaikan diri pada tiap bentuk pergelangan orang yang berbeda-beda. Tentu beda halnya dengan strap yang berbahan besi yang dalam beberapa hal, kurang cocok dipakai olahraga dan mobilitas tinggi.
Bahan karet dalam strap tak membuat alergi. Strap karetnya juga sangat elastis, gampang kering ketika terkena keringat hingga cipratan air. Selain itu, kami juga tidak perlu khawatir jam ini melorot di tangan karena grip dari strap ini mengikat amat baik.
Di sisi kanan, ada tombol back atau return. Tak ada tombol lain yang mengganggu dan buat kami ini cukup penting untuk kamu yang sangat aware dengan simplisitas dan mobilitas tanpa batas.
Bagian strap-nya juga amat mudah dilepas pasang. Jangan khawatir tali jam ini dapat diganti jika di kemudian hari mengalami kerusakan.
Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214514)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Baterai super awet

Smartwatch ini memiliki baterai dengan daya 315mAh. Kapasitas baterai ini harus diakui super awet. Dengan penggunaan dan konektivitas dengan smartphone setiap hari seperti Fit Notification, deteksi detak jantung, kadar oksigen dalam darah, menghitung kalori dan langkah, hingga mengatur navigasi musik di smartphone, jam ini mampu bertahan hingga 1 minggu, bahkan bisa lebih tanpa perlu di-charge.
Kami mencoba mengukur ketahanan baterai ini selama satu minggu. Jam kami isi hingga full pada Rabu (9/6). Seminggu kemudian, pada Selasa (15/6) realme Watch 2 ini masih menyimpan daya 65 persen. Setengahnya pun belum habis.
realme Watch 2 ditenagai oleh chipset dengan konsumsi daya rendah dan Bluetooth 5.0, untuk mengoptimalisasi baterai dan memastikan daya tahan baterai hingga 12 hari. Alas pengisian daya magnet juga memudahkan pengguna saat mengisi daya baterai. Cukup letakkan dan memulai pengisian.
Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214515)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214516)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Fitur olahraga dan monitor kesehatan

realme Watch 2 sanggup menemani rutinitas olahragamu sehari-hari. Kami sukses mencoba beberapa fitur penting seperti Outdoor Run, Indoor Run, Outdoor Walk, Indoor Walk. Semua fitur ini berjalan akurat meski tak terkoneksi dengan smartphone.
Smartwatch mampu mendeteksi jarak, detak jantung, rata-rata kalori terbakar, penghitungan langkah hingga menghitung durasi berjalan atau berlari secara bersamaan. Smartwatch ini sanggup memantau seluruh hal di atas dengan baik dan akurat.
Kamu juga bisa menjajal fitur lain seperti Outdoor Cycling, Spinning, Hiking, Swimming, Basketball, Yoga, Rowing, Elliptical, Cricket, Strength Training, Free Workout di smartwatch ini.
realme Watch 2 juga punya Display Activity tersendiri dari mode olahraga yang sudah disebut di atas. Display ini menunjukkan jumlah langkah, kalori terbakar, durasi aktivitas berjalan dan berapa jam berolahraga ringan selama seharian penuh dalam bentuk angka dan grafik.
Ada fitur lain yang penting dalam realme Watch 2 Pro, yakni monitor detak jantung dan kadar oksigen dalam darah (SpO2). Sensor detak jantung di smartwatch ini menurut kami begitu akurat. Begitu juga saat mengukur kadar oksigen dalam darah. Fitur ini sangat berfaedah untuk memantau kesehatan di kala pandemi Covid-19.
PPG sensornya punya kemampuan memonitor dengan sangat presisi. realme Watch 2 mampu mengukur kadar oksigen dalam darah 24 jam sehari tanpa bantuan alat medis lain. Semua catatan ini juga bisa disinkronisasi dalam aplikasi realme Link. Semua catatan atau log aktivitas harian juga tersimpan rapi dan mudah diakses, dengan catatan koneksi Bluetooth yang baik.
Berikut ini spesifikasi lengkap realme Watch 2:
Tampilan
- Warna: Hitam - Ukuran: 257.6*35.7*12.2mm (W*H*L) - Berat: 38g
Jenis Strap
- Strap yang dapat dilepas pasang - Lebar: 22mm - Panjang yang dapat disesuaikan: 130-220mm
Layar
- Ukuran layar: 1,4” (3.5cm) - Resolusi: 320*320, 323 PPI - Layar Sentuh Fullscreen
Baterai
- Baterai:315mAh - Daya tahan baterai:12 hari - Daya tahan baterai pada Power Saving Mode:20 hari *7 hari dengan monitor detak jantung yang aktif; 9 hari dengan monitor detak jantung yang tidak aktif
Sensor
- Accelerometer 3 sumbu - Sensor detak jantung - Sensor kadar oksigen darah - IP68 Water Resistant
Konektivitas
- Bluetooth 5.0 - realme Link APP - Android 5.0+ - iOS 11+
Mode Olahraga
- Jalan-jalan di luar dan di dalam Ruangan, - Lari di luar dan di dalam ruangan, - Bersepeda dinamis dan di luar ruangan - Hiking, Kriket, Yoga, Dayung, Latihan Kekuatan, - Basket, Mesin Eliptikal Latihan Bebas, dan 90 Mode Olahraga lainnya * Pembaruan OTA dibutuhkan untuk mode olahraga lainnya
Monitor Kesehatan
- 24-jam Monitor Detak Jantung, - Monitor Tidur, Kadar Oksigen Darah - Pengingat Berdiri, Pengingat Minum - Pengingat Detak Jantung Tinggi/Rendah
Fitur Lain
- Kontrol Musik, Kontrol Kamera, Cari Telepon - Meditasi, Stopwatch, Jam, Ramalan Cuaca - Tampilan Tanggal, Pembaruan OTA - Notifikasi Telepon, Pengingat Pesan, Alarm - Pengingat Target Langkah, Pengingat Baterai Lemah, - Brightness, Vibration , Pemantau Penggunaan, Nyala otomatis - Mode Hemat Daya, Mode Jangan Diganggu

realme Watch 2 Pro

Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214517)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Pro Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Sekarang kita bahas sang kakak: realme Watch 2 Pro. Versi ini setingkat lebih premium dari smartwatch realme Watch 2. Bedanya, di versi pro ini, jam dibekali dengan High-Precision Dual-Satellite GPS di dalamnya.
Layar yang diusungnya juga lebih lebar. Luas layarnya 4,4 centimeter yang membuatnya lebih besar dari layar yang dibawa realme Watch 2. Tentu, sensasi swipe-swipe dengan layar selebar ini bisa semakin leluasa.

Egronomi

realme Watch 2 Pro cukup ringan di pergelangan tangan. Jam ini punya bobot hanya 40 gram saja, alias 2 gram lebih berat dari realme Watch 2 yang memiliki berat 38 gram. Bobot ini membuat tangan serasa tak memakai jam tangan.
Sama seperti versi non pro, strap realme Watch 2 Pro juga berbahan karet dengan tulisan Dare to Leap di salah satu sisinya. Ia tak membuat kita repot saat melepas pasang smartwatch. Strap-nya super elastis, tebal dan bisa dicuci. Kami juga tak khawatir smartwatch ini bakal kedodoran.
Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214518)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Pro Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Layar smartwatch sudah tahan gores sehingga kita tak perlu khawatir jika ia terpentok sesuatu atau terjatuh ke tanah, karena ia mampu menahan goresan dan guncangan benda asing.
Strap bawaan smartphone ini punya permukaan doff yang mulus saat dipegang. Meski mulus, ketika dipasang di tangan, strap ini terasa melekat di pergelangan baik dalam kondisi berkeringat maupun basah terkena air.
Hal ini bikin kagum. Ia menjadi smartwatch yang compact, enggak rewel buat dipakai dalam kondisi mobilitas yang tinggi.
Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214519)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Pro Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Dual-Satellite GPS

realme Watch 2 Pro menggunakan sensor GPS yang sangat presisi. Perangkat GPS dalam smartwatch ini dapat mendeteksi jalur atau rute berjalan, berlari, dengan akurat. Beda halnya dengan smartwatch yang tak dibekali GPS yang hanya mampu mengkalkukasikan rute lari melalui prediksi algoritma, atau GPS dari smartphone yang terkoneksi.
Smartwatch dengan GPS ini sanggup memberikan data yang lebih akurat. realme Watch 2 Pro dibekali GPS dual-satellite, yang dapat memberikan akurasi posisi hingga 2,5 meter dan kecepatan hingga 2 detik.

Baterai super awet

Smartwatch ini memiliki baterai dengan daya 390mAh. Lagi-lagi kami akui konsumsi dayanya sangat irit. Sama seperi realme Watch2, kami pakai smartwatch ini setiap hari bersamaan dengan mengaktifkan Fit Notification, monitor detak jantung, kadar oksigen dalam darah, menghitung kalori, melangkah ratusan meter hingga menyetel musik smartphone lewat gadget ini.
Jam ini mampu bertahan 1 minggu lebih, tanpa mencolokkannya ke charger.
Smartwatch diisi daya full pada Rabu (9/6). Seminggu kemudian, pada Selasa (15/6) realme Watch 2 Pro ini masih menyimpan daya 74 persen, belum sampai 50 persen.
Walaupun memiliki layar yang lebih besar, yakni 1.75”, realme Watch 2 Pro tetap mampu digunakan hingga 14 hari. realme mengatakan bahwa pengguna cukup mengisi ulang daya setiap dua minggu sekali.

Fitur olahraga dan monitor kesehatan

Kami menjajal kemampuan smartwatch ini dalam memonitor aktivitas olahraga dan berjalan kaki. Beberapa fitur yang sempat kami gunakan sama seperti instrumen yang kami pakai di realme Watch 2 seperti Outdoor Run, Indoor Run, Outdoor Walk, Indoor Walk.
Smartwatch ini sanggup membaca rute, mengkalkulasi jarak, mengukur detak jantung, dan menghitung rata-rata terbakarnya kalori, smartwatch ini sanggup monitoring seluruh hal di atas dengan baik dan akurat. Hal tersebut turut dibantu dengan Dual-Satellite GPS milik versi pro.
Data-data aktivitas itu bisa kemudian disinkronisasikan dengan aplikasi realme Link yang ada di smartphone. Kamu tak perlu khawatir kehilangan catatan atau log atas aktivitas olahraga yang kamu lakukan selama ini, dan bisa meningkatkan porsi olahragamu di kemudian hari.
Smartwatch ini juga sanggup merekam aktivitas tidur lewat fitur Sleep. Kita cukup menggunakan jam tangan ini ketika tidur. Indikator yang direkam meliputi Light Sleep, Deep Sleep, dan REM atau tidur bermimpi.
Catatan kualitas tidur akan disimpan dan kemudian dapat disinkronkan melalui aplikasi realme Link di smartphone.
realme Watch 2 Pro juga punya fitur yang sama dengan realme Watch 2 yakni monitor detak jantung dan kadar oksigen dalam darah (SpO2). Smartwatch ini juga bisa mengingatkan kamu untuk minum, bergerak lebih banyak dan bernapas untuk meditasi.
Tampilan
- Warna Hitam dan Silver - Ukuran: 255.2 x 38.9 x 12.65mm - Berat: 40g (dengan tali)
Strap
- Tipe: Strap yang dapat dilepas - Lebar strap: 22mm - Panjang dapat disesuaikan: 150-215mm
Layar
- Ukuran layar: 1.75" (4,4cm) - Resolusi: 320*385 pixel - Layar Sentuh Fullscreen
Baterai
- 390mAh - Daya tahan baterai: 14 hari - 24 jam monitor detak jantung aktif
Sensor
- Accelerometer 3 sumbu - Sensor detak jantung - Sensor kadar oksigen darah - IP68 Water Resistant
Konektivitas
- Bluetooth 5.0 - realme Link APP
Mode Olahraga
- Jalan-jalan di luar dan dalam Ruangan - Lari di Luar dan dalam Ruangan - Bersepeda dinamis dan outdoor - Hiking, Kriket Badminton, Lompat Tali - Yoga, Dayung, latihan kekuatan, Basket, mesin eliptikal - Latihan bebas, dan 90 Mode Olahraga lainnya *(Pembaruan OTA dibutuhkan untuk mode olahraga lainnya)
Monitor Kesehatan
- 24-jam Monitor Detak Jantung, Monitor Tidur, Kadar Oksigen Darah - Pengingat Berdiri, Pengingat Minum, Pengingat Detak Jantung - Penghitung Langkah, Kalori, Jarak, Rekaman Aktivitas
Fitur Lain
- Kontrol Musik, Kamera, Telepon, Meditasi, Stopwatch, Jam - Ramalan Cuaca, Tampilan Tanggal, Pembaruan OTA - Alarm, Pengingat Target Langkah, Brightness, Vibrasi - Pemantau Penggunaan, Nyala layar otomatis, Mode Hemat Daya - Mode Jangan Diganggu, Pengaturan Cepat; IOT Control (realme Link)
Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214520)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Pro Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Fitur Lain: realme Link App dan durabilitas

realme Watch 2 dan realme Watch 2 Pro bisa dikoneksikan pada 2 platform populer; Android dan iOS. Tak perlu khawatir konektivitas smartwatch ini terbatas pada satu platform saja. Blueetooth yang dibawa dapat terkoneksi dengan mulus.
Untuk sinkronisasi data dapat dilakukan melalui aplikasi realme Link. Aplikasi ini menjadi kunci penggunaan dan pencatatan semua aktivitas smartwatch.
realme Watch 2 dan Watch 2 Pro juga bisa menampilkan notifikasi pihak ketiga seperti dari WhatsApp atau Gmail. Notifikasi ini amat memudahkan ketika kita berkendara dan sedang tidak memegang smartphone.
Tinggal lihat realme Watch 2 Series, semua informasi dan notifikasi ada di pergelangan tangan. Kedua smartwatch ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP68 alias tahan air. Jam ini bisa dipakai saat mencuci tangan tanpa khawatir air merusak komponen jam.
Tidak perlu ragu pula untuk menggunakannya ketika berkeringat saat berolahraga. Keduanya bisa menjadi trigger untuk mengaktifkan kamera smartphone yang terkoneksi dan menjadi remote untuk memutar lagu saat berolahraga.
Review realme Watch 2 realme Watch 2 Pro: Smartwatch Milenial Baterai Super Awet (214521)
searchPerbesar
Smartwatch realme Watch 2 Pro Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Seluruh produk realme Watch 2 telah menjalani tes durabilitas antara lain 100.000 kali penekanan tombol, menahan beban 7 kg, 3.000 kali uji tekuk, dan 3.000 kali clasped test.
Sementara untuk realme Watch 2 Pro yang dipasarkan telah melalui lolos uji ketahanan 100.000 kali penekanan tombol, 300 kali uji jatuh dari ketinggian 1 meter hingga 5.000 kali uji pengisian daya.
realme Watch 2 dan realme Watch 2 Pro cocok buat kamu yang mencari smartwach yang ringkas, enggak neko-neko. Dia siap menemani kamu berolahraga ringan sampai berat dengan fitur bawaannya yang cukup lengkap namun dengan harga terjangkau.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020