kumparan
search-gray
Tekno & Sains18 Mei 2018 10:06

Review Vivo V9: Performa Kurang Kencang, Kamera Selfie Jadi Andalan

Konten Redaksi kumparan
Review Vivo V9: Performa Kurang Kencang, Kamera Selfie Jadi Andalan (825)
Vivo V9. (Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan)
Pada tanggal 29 Maret lalu, Vivo mengadakan acara peluncuran ponsel terbarunya V9 secara mewah dan meriah di Candi Borobudur, Magelang. Ponsel ini merupakan penerus dari V7 yang diluncurkan tahun 2017.
ADVERTISEMENT
Vivo V9 merupakan ponsel seri V pertama dari Vivo yang mengusung kamera belakang ganda. Selain itu, seri V dari Vivo juga termasuk dalam seri selfie, yang membuatnya didukung kamera depan mumpuni dengan dukungan fitur AI Face Beauty.
Tim kumparan berkesempatan untuk menjajal langsung Vivo V9 selama beberapa pekan. Bagaimana pendapat kami tentang ponsel ini? Simak penjelasannya berikut ini.
Desain
Dari segi desainnya, Vivo V9 memiliki desain yang mirip dengan ponsel jagoan Apple, iPhone X. V9 menggunakan notch atau poni di bagian atas layar serta kamera belakang yang diposisikan secara vertikal.
Untuk layarnya, V9 mengusung layar berukuran 6,3 inci FHD+ FullView Display dengan aspek rasio layar 19:9.
Rasio tinggi tersebut membuat sisi depan dari smartphone ini terlihat hampir seluruhnya dipenuhi oleh layar dan membuat Vivo tidak lagi menyertakan tombol navigasi fisik di smartphone ini. Tombol navigasi Vivo V9 menggunakan tombol virtual yang ada di sisi bawah layar.
Review Vivo V9: Performa Kurang Kencang, Kamera Selfie Jadi Andalan (826)
Vivo V9. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Ukuran layar yang besar dan nyaris menutupi bagian muka ponsel membuat pengalaman melihat berbagai konten di dalam V9 jadi lebih nyaman dan puas. Adanya poni di atas layar rasanya bukan suatu masalah.
ADVERTISEMENT
Dengan bezel di bagian sisi ponsel setipis 1,75 milimeter, menggenggam V9 yang memiliki layar cukup besar ini akan terasa seperti menggenggam smartphone berukuran 5,5 inci. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri jika bagian belakang ponsel ini terasa licin dan mudah meninggalkan bekas sidik jari.
Performa
Vivo V9 menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Funtouch OS 4.0. Di dapur pacunya, dibenamkan cip prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core dengan kecepatan 1,8 GHz dan disokong RAM sebesar 4 GB serta memori internal 64 GB.
Dengan spesifikasi tersebut, performa Vivo V9 terbilang biasa saja dalam menjalankan berbagai aktivitas ponsel atau membuka banyak aplikasi sekaligus alias multitasking. Prosesnya dirasakan agak lambat, meski tidak terlalu mengganggu pengalaman dalam mengoperasikan ponsel.
ADVERTISEMENT
Kalau untuk bermain game-game kelas berat, V9 memang tidak terspesialisasi untuk game, tapi performanya cukup baik untuk dipakai main game, seperti misalnya 'Mobile Legends: Bang Bang'.
Review Vivo V9: Performa Kurang Kencang, Kamera Selfie Jadi Andalan (827)
Vivo V9. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Untuk baterainya, Vivo V9 ditanamkan baterai berkapasitas 3.260 mAh. Saat digunakan dengan pemakaian normal untuk aktivitas sehari-hari seperti email, chat, browsing, foto, dan telepon, daya tahan baterainya mencapai sekitar 12 jam lebih.
Untuk menonton video selama satu jam penuh, daya baterai yang dihabiskan hanya sebesar 10%. Sayangnya, Vivo V9 belum dibekali fitur fast charging, sehingga pengisian daya baterai dari 0 persen hingga 100 persen membutuhkan waktu hingga 2 jam.
Kamera
Pada fitur kameranya, Vivo V9 mengandalkan kemampuan kamera selfie yang memiliki resolusi hingga 24 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Dengan spesifikasi tersebut, kamera swafoto Vivo V9 mampu menghasilkan foto yang cerah dan cukup tajam.
ADVERTISEMENT
Pewarnaan pada hasil foto dari kamera V9 terbilang cukup baik dan tone-nya terlihat sedikit dingin. Namun, terkadang hasil potretnya ternyata buram.
Meski begitu, kamera selfie V9 dapat menjadi andalan bagi kamu yang senang berselfie ria.
Apalagi kamera depan V9 juga memiliki tambahan fitur AI Face Beauty yang bertugas seperti make-up artist. Fitur lainnya adalah AI Selfie Lighting dan AR Sticker untuk menambahkan filter-filter lucu, meskipun pilihannya masih sangat terbatas.
Review Vivo V9: Performa Kurang Kencang, Kamera Selfie Jadi Andalan (828)
Hasil foto kamera selfie Vivo V9. (Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan)
Untuk kamera belakangnya, V9 memiliki kamera belakang ganda yang ditempatkan di bagian sisi kiri atas. Dengan dua modul kamera yang digunakan disusun secara vertikal, hasil kamera belakang V9 terbilang mengecewakan.
Hasilnya kurang tajam dan seringkali buram. Berbeda jauh dengan hasil foto yang diambil menggunakan kamera depan.
ADVERTISEMENT
Efek bokeh yang dihasilkan Vivo V9 juga tidak begitu rapi, terkadang bagian-bagian yang buram terlihat berlebihan. Walau begitu, pengguna dapat mengganti fokus pada objek foto yang telah diambil. Pengguna juga dapat mengatur kedalaman efek bokeh.
Review Vivo V9: Performa Kurang Kencang, Kamera Selfie Jadi Andalan (829)
Hasil foto kamera belakang Vivo V9. (Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan)
Fitur Lainnya
Selain menambahkan teknologi AI pada kameranya, Vivo V9 juga banyak menghadirkan fitur-fitur tambahan untuk membuat aktivitas yang dilakukan lewat ponsel jadi lebih nyaman, seperti misalnya Game Mode.
Dengan fitur Game Mode, V9 mampuan memblokir semua pesan, panggilan, dan notifikasi saat pengguna sedang bermain game. Sebagai alternatif, kita dapat mengatur sendiri ingin menampilkan panggilan telepon hanya dari kontak pilihan atau white list.
Jika menerima pesan penting dari white list, terdapat juga fitur picture-in-picture untuk bermain game yang memungkinkan kita untuk tetap menjalankan permainan sekaligus membalas pesan penting.
ADVERTISEMENT
Selain itu, tak hanya sensor fingerprint yang V9 miliki untuk mengamankan perangkat, tapi V9 juga sudah dibekali teknologi AI Face Access terbaru. Saat dicoba, Face Access mampu memindai wajah dalam waktu kurang dari satu detik dengan menandai karakteristik wajah yang telah didaftarkan sebelumnya pada smartphone.
Review Vivo V9: Performa Kurang Kencang, Kamera Selfie Jadi Andalan (830)
Bagian notch atau poni di ponsel Vivo V9. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Kesimpulan
Sebelum menarik kesimpulan, perlu diketahui jika Vivo V9 dijual dengan harga Rp 4 juta di Indonesia.
Secara keseluruhan penggunaan Vivo V9 untuk aktivitas sehari-hari bisa dibilang sudah cukup memadai, misalnya untuk chatting, browsing, media sosial, dan mengambil foto.
Tapi, kalau kalian mencari smartphone yang ingin dipakai untuk menjalankan aktivitas berat seperti multitasking atau main game-game sekelas 'Mobile Legends' dan 'PUBG', maka Vivo V9 tidak masuk dalam rekomendasi.
ADVERTISEMENT
Tentu saja Vivo V9 akan cocok dengan kamu pencinta selfie. Apabila kamu gemar melakukan selfie dan tidak peduli dengan spesifikasi lain dari ponsel ini, maka V9 bisa menjadi jawabanmu untuk memenuhi kebutuhan berselfie sehari-hari.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white