Tekno & Sains
·
25 November 2020 10:51

Review Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold: Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Review Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold: Ini Kelebihan dan Kekurangannya (316396)
Xiaomi Redmi Note 9 Lunar Gold Foto: Kevin S. Kurnianto
Xiaomi telah mengumumkan varian baru seri Redmi 9 dengan warna Lunar Gold. Smartphone ini sudah bisa didapatkan di pasar Indonesia sejak 20 November 2020.
ADVERTISEMENT
Varian warna Lunar Gold kali ini jadi pilihan paling baru, sekaligus melengkapi beberapa warna lainnya: Ocean Green, Carbon Grey dan Sunset Purple. Di seri ini, Xiaomi menyematkan julukan 'Jawara Quad Camera' pada seri smartphone Redmi-nya.
Tim kumparanTECH telah memegang ponsel ini. Secara garis besar, tidak ada perubahan spesifikasi pada lini Redmi untuk pasar Indonesia ini.
Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold bisa jadi pilihan buat kamu yang mencari smartphone entry-level dengan spesifikasi Quad Camera. Xiaomi juga menyematkan baterai dengan ukuran besar yakni 5020 mAh.
Di situs penjualannya mi.co.id, smartphone ini dijual dengan harga cukup terjangkau yakni Rp 1.749.000,- untuk versi RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Dengan harga yang cukup terjangkau, seberapa 'jawara' kah smartphone ini?
ADVERTISEMENT

Desain solid

Pemilihan warna Lunar Gold bukan tanpa alasan. Xiaomi merilis Lunar Gold yang melambangkan pertemuan cahaya bulan dengan warna emas sinar matahari saat fajar tiba.
Warna yang ditawarkan terlihat solid, tak seperti smartphone lain, Xiaomi tidak memberikan permainan warna pada bagian belakang smartphone-nya. Serupa dengan kakak-kakaknya Redmi 8, warna Xiaomi Redmi 9 ini dibuat tetap solid.
Bagian belakang Redmi 9 Lunar Gold menggunakan bahan plastik dengan finishing matte. Tekstur ini dipilih Xiaomi, untuk menghindari adanya sidik jari pengguna, tertinggal di bagian belakang yang membuat tampilan smartphone terlihat kurang cantik.
Tekstur matte di bodi belakang Redmi 9 juga bikin smartphone enggak licin dipegang. Tapi, ini lain cerita ya, kalau kamu pakai silicon case tambahan.
Review Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold: Ini Kelebihan dan Kekurangannya (316397)
Xiaomi Redmi Note 9 Lunar Gold Foto: Kevin S. Kurnianto
ADVERTISEMENT
Tak ada perubahan pada posisi kamera Redmi 9 kali ini dengan versi warna sebelumnya. Posisi kamera tetap berada di tengah dengan desain vertikal 3 kamera. Di barisan kamera itu, di paling bawah Xiaomi menaruh sensor sidik jari.
Ada satu kamera lagi yang disematkan Xiaomi di bagian belakang, yakni kamera bokeh dan diikuti flash. Posisinya berada persis di sebelah kanan deret kamera utama.
Beralih ke bagian depan, Redmi 9 masih mengusung desain lawas kamera depan dengan bentuk notch. Tidak ada perubahan terhadap posisi tombol power dan volume yang berada di bagian kanan sisi smartphone, dengan varian warna sebelumnya.
Di bagian atas, Xiaomi menaruh lubang noise cancellation, tak lupa juga ada perangkat infrared. Komponen infrared memang sudah lama jadi ciri khas yang melekat di merek Xiaomi sejak lama.
ADVERTISEMENT
Di bagian bawah smartphone, Redmi 9 dilengkapi dengan port audio jack berukuran 3,5 mm dan speaker. Menariknya, port kabel data smartphone ini sudah bertipe Type-C. Enggak kalah pokoknya sama produk-produk premium.

Kamera

Review Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold: Ini Kelebihan dan Kekurangannya (316398)
Unit Kamera Center Redmi 9 Lunar Gold Foto: Kevin S. Kurnianto
Quad camera di smartphone kelas entry-level? Jelas bikin ngiler. Keempat kamera yang dimiliki Xiaomi Redmi 9 punya perannya masing-masing: kamera utama, ultra-wide angle, macro hingga sensor depth.
Berikut spesifikasi lengkap kamera Xiaomi Redmi 9:

Kamera belakang

  • 13MP+8MP+5MP+2MP (Quad Camera):
  • 13MP kamera utama (wide angle); f/2.2, FOV 75,2°, AF
  • 8MP Lensa ultra wide-angle; FOV 118°, f/2.2, FF
  • 5MP kamera makro; f/2.4, FF (4 cm)
  • 2MP sensor depth; f/2.4, FF
Kamera belakang Redmi 9 mendukung fitur kaleidoskop milik Xiaomi, lalu mode pengambilan gambar ultra wide-angle, macro, HDR (High Dynamic Range) hingga mode portrait.
ADVERTISEMENT

Kamera depan

  • 8MP kamera selfie; f/2.0, FOV 77,8°, FF
Kamera depannya sudah mendukung fitur Palm Shutter. Buat kamu yang suka selfie, ponsel ini bagus banget, ambil foto ramai-ramai jarak jauh, tinggal menunjukkan telapak tangan ke arah kamera. Selfie enggak perlu repot pencet shutter lagi deh.
Xiaomi Redmi 9 juga punya fitur AI Camera. Fitur ini bisa menyesuaikan objek foto yang akan diambil untuk hasil foto maksimal. Saat membidik teks kertas, kamera akan memaksimalkan gambar teks. AI Camera mampu mendeteksi bentuk bangunan, wajah, teks hingga makanan.
Ada juga mode portrait, SlowMo, HDR, flash layar, mode Pro, hingga timer buat selfie. Xiaomi juga enggak pelit memberikan fitur grid, makro, tilt-shift, straighten dan sederet filter foto yang bisa kamu coba.
ADVERTISEMENT
Segala kemudahan itu sudah lebih dari cukup ditawarkan oleh smartphone seharga di bawah Rp 2 juta.
Review Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold: Ini Kelebihan dan Kekurangannya (316399)
Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Foto: Kevin S. Kurnianto

Display

Melansir situs resminya, Redmi 9 mengusung layar ukuran 6,53 inci beresolusi 2340x1010. Layarnya sudah berteknologi FHD+ Dot Drop Display dengan aspect ratio 19,5:9. Rasio layar ke bodinya sebesar 89,83 persen.
Rasio ini lumayan besar walau enggak besar-besar banget, ada notch yang agak mengganggu di bagian atas layar. Layar Xiaomi Redmi 9 sudah diperkuat dengan Corning Gorilla Glass 3.
Di smartphone ini, pengguna bisa menyesuaikan temperatur warna yang diinginkan yang nyaman di mata. Sistem Operasi Redmi 9 sudah mendukung personalisasi display, di mode pengaturan, Xiaomi memberikan preset mode layar seperti Mode Standar dan Mode Baca.
Review Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold: Ini Kelebihan dan Kekurangannya (316400)
Layar Full Redmi 9 Lunar Gold Foto: Kevin S. Kurnianto

Chipset, baterai

Xiaomi Redmi 9 didukung chipset MediaTek Helio G80, CPU: 12 nm FinFET, 2,0 GHz; 2 ARM Cortex A75 + 6 ARM Cortex A55, Octa-core CPU. Ponsel ini juga dibekali oleh GPU Mali G52 MC2. Versi Lunar Gold yang kumparanTECH ulas kali ini punya kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64GB.
ADVERTISEMENT
Spesifikasi dapur pacunya memang tak begitu 'wah' namun ponsel ini punya baterai jumbo berukuran 5020 mAh. Di dalam boks, Xiaomi memberikan kepala charger dengan daya 10W 5 volt dengan arus 2 ampere.
Review Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold: Ini Kelebihan dan Kekurangannya (316401)
Hands On Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Foto: Kevin S. Kurnianto
Daya charger bawaan kurang besar buatmu? Tenang, Xiaomi sudah mendukung teknologi Quick Charge 3.0 dan mode pengisian cepat 18W. Port data juga sudah menggunakan USB Type-C yang merupakan konektor masa depan.
Smartphone ini sudah dual 4G standby, mendukung penggunaan dual SIM card berbeda. Sama seperti Redmi 9 varian warna lain, versi Lunar Gold punya tinggi 163,32 mm; lebar 77,01 mm; tebal 9,1 mm dengan bobot 198 gram.
Review Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold: Ini Kelebihan dan Kekurangannya (316402)
Tombol Powe dan Volume Up Down Redmi 9 Lunar Gold Foto: Kevin S. Kurnianto

Kesimpulan

Overall, Redmi 9 Lunar Gold merupakan smartphone seharga Rp 1,9 jutaan dengan kemampuan kamera yang amat baik. Tagline 'Jawara Quad Camera' bukan cuma isapan jempol belaka. Xiaomi benar-benar mau membuktikan kualitas di balik harga smartphone-nya yang murah lewat sederet fiturnya.
ADVERTISEMENT
Streaming YouTube berjam-jam, video call hingga multitasking makin tenang karena kapasitas baterai yang besar.
Namun, untuk feel di genggaman, smartphone ini terasa berat. Wajar, smartphone ini punya bobot 198 gram, bisa menyentuh 200 gram jika ditambah dengan silikon case.
Smartphone ini juga tidak dibekali sertifikasi IP67, jadi jangan harap bisa tetap menyala jika secara sengaja atau tidak, smartphone tercebur dan terendam air.

Kelebihan:

  • Baterai jumbo, awet
  • Kamera belakang impresif
  • Foto makro berkualitas

Kekurangan

  • Bobotnya berat dipegang
  • Tidak bersertifikasi IP67 atau IP68
Prosesor Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold
chevron-down
RAM Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold
chevron-down
Harga Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold di Indonesia
chevron-down
Kamera Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold
chevron-down
Baterai Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold
chevron-down