Tekno & Sains
·
14 Oktober 2020 15:43

Rilis Tanpa Charger, Bagaimana Daya Tahan Baterai iPhone 12?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rilis Tanpa Charger, Bagaimana Daya Tahan Baterai iPhone 12? (171567)
iPhone 12. Foto: Apple
Apple baru saja meluncurkan smartphone terbaru, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Bicara soal iPhone, hal yang paling sering dikeluhkan dari para penggunanya ialah soal kapasitas baterai yang kecil dan gampang habis.
ADVERTISEMENT
Phone 12 series  kali ini meluncur tanpa charger dan hanya disertakan kabel lightning dalam boks kemasan pembelian. Dengan menerapkan hal ini, bagaimana sebenarnya kualitas baterai iPhone 12? Apakah lebih tahan lama?
Apple memang tidak pernah buka-bukaan soal besaran kapasitas baterai lewat besaran mAh pada produk iPhone. Namun berdasarkan laporan MacRumors, iPhone 12 Mini memiliki kapasitas baterai lebih kecil dibandingkan iPhone 11 dan iPhone XR.
Perbandingan tersebut dilihat dari tiga kategori, yaitu video playback, streaming video, dan audio playback. Berikut rincian ketahanan baterai iPhone.

Kapasitas baterai iPhone 12 Pro Max

iPhone 12 Pro Max ini bisa bertahan selama 20 jam untuk menonton video, 12 jam untuk streaming video dan film dan 80 jam untuk mendengarkan musik.
ADVERTISEMENT

Kapasitas baterai iPhone 12 Pro

iPhone 12 Pro bisa bertahan selama 17 jam untuk menonton video, 11 jam untuk streaming video dan film dan 65 jam untuk mendengarkan musik.
Rilis Tanpa Charger, Bagaimana Daya Tahan Baterai iPhone 12? (171568)
iPhone 12 Pro. Foto: Apple

Kapasitas baterai iPhone 12 

iPhone 12 bisa bertahan selama 17 jam untuk menonton video, 11 jam untuk streaming video dan film dan 65 jam untuk mendengarkan musik.

Kapasitas baterai iPhone 12 Mini

iPhone 12 Mini bisa bertahan selama 15 jam untuk menonton video, 10 jam untuk streaming video dan film dan 50 jam untuk mendengarkan musik.

Kapasitas baterai iPhone 11

iPhone 11 bisa bertahan selama 17 jam untuk menonton video, 10 jam untuk streaming video dan film dan 65 jam untuk mendengarkan musik.
ADVERTISEMENT

Kapasitas baterai iPhone XR

iPhone XR bisa bertahan selama 16 jam untuk menonton video dan 65 jam untuk mendengarkan musik.

Kapasitas baterai iPhone SE (2020)

iPhone SE (2020) bisa bertahan selama 36 jam untuk menonton video 8 jam untuk streaming video dan film dan 40 jam untuk mendengarkan musik.
Rilis Tanpa Charger, Bagaimana Daya Tahan Baterai iPhone 12? (171569)
iPhone SE generasi terbaru dari Apple. Foto: Apple
Apple mengatakan bahwa, langkah ini mereka ambil untuk mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan dari limbah produk mereka. Alih-alih mendapatkan aksesori baru yang bisa menciptakan sampah baru, pengguna bisa memakai aksesori lama mereka yang masih kompatibel dengan iPhone 12 Series.
Memang sejak generasi iPhone 8, Apple sudah memungkinkan perangkat smartphone untuk melakukan pengisian daya baterai secara nirkabel. Perusahaan pun sekaligus memperkenalkan produk wireless charger terbaru, MagSafe, dengan kecepatan pengisian daya 15 Watt.
ADVERTISEMENT
MagSafe memiliki mekanisme pengisian daya magnetik dengan menggunakan pin magnet untuk menghubungkan smartphone dengan daya listrik. Pengguna cukup menempelkan punggung smartphone ke pin magnet untuk melakukan charging.
MagSafe saat ini tersedia dalam beberapa model, ada yang versi standar bulat, silicone case, leather wallet cover, hingga varian Duo yang bisa cas iPhone dan Apple Watch secara bersamaan. Ke depannya, produsen aksesori smartphone Belkin juga akan merancang MagSafe yang kompatibel untuk iPhone, termasuk, yang memungkinkan untuk mengecas lebih sari satu smartphone.