kumparan
21 Januari 2020 8:12

Rio Ferdinand: Main Game Penting untuk Kesuksesan Man United

Rio Ferdinand
Rio Ferdinand di Manchester United. Foto: AFP/Adrian Dennis
Manchester United merupakan klub tersukses di Inggris dan pernah menjadi raja di Eropa. Rio Ferdinand, menjadi salah satu bagian dari masa kesuksesan United ini.
ADVERTISEMENT
Mantan pemain yang membela United dari 2002 hingga 2012 itu mengungkap satu hal menarik yang menjadi bagian kesuksesan klub berjuluk Setan Merah tersebut. Dalam sebuah wawancara dengan Radio 1 Newsbeat, Ferdinand mengatakan bermain game menjadi salah satu hal penting yang membuat United jadi sukses.
Ia mengatakan bermain game seperti SOCOM dan FIFA berhasil mempererat hubungan antar pemain. Hal inilah yang menurutnya turut membantu kesuksesan United.
"Saya bisa bilang itu (bermain game) telah membantu kami," ujar Ferdinand. Menurutnya, aktivitas bermain game ini bisa diimplementasikan pada Timnas Inggris.
"Jika saya bisa membantu Gareth Southgate (pelatih Inggris) maka ia harus terlibat," sambungnya.
Rio Ferdinand
Ferdinand (kanan) geram dengan tim-tim Inggris. Foto: Reuters/Carl Recine
Ferdinand sendiri saat ini bergabung dalam sebuah kampanye untuk membantu orang tua terlibat dalam kebiasaan bermain game anak-anaknya, bertajuk Get Smart About P.L.A.Y.
ADVERTISEMENT
"Saya rasa Anda tidak memiliki waktu pengingat dan notifikasi saat mereka (anak-anak) membeli sesuatu (di game). Sampai Anda bisa memiliki kemampuan itu, Anda tidak perlu benar-benar tahu apa yang mereka lakukan," ucap Ferdinand.
"Saya pikir para orang tua mulai sekarang harus bisa menerima bahwa bermain game adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan anak-anaknya, jadi jangan tertinggal."
Dalam game saat ini memang ada perhatian terhadap loot box yang bisa dibeli dengan uang. Ada anggapan loot box ini sebagai judi, karena pemain tidak tahu apa isi loot box itu. Pemain akan mendapatkan item secara acak dari pembelian loot box.
PlayStation 4
Bermain konsol game Sony PlayStation 4. Foto: Ina Fassbender/Reuters
Asosiasi Hiburan Interaktif Inggris telah meminta para orang tua untuk memperhatikan kebiasaan main game anaknya, terutama pada waktu yang dihabiskan dan berapa banyak uang yang mereka habiskan untuk game.
ADVERTISEMENT
Ferdinand sendiri mengaku sering bermain game FIFA bersama anak-anaknya. Meski karier sepak bolanya telah berakhir, ia masih senang bermain sepak bola secara virtual.
"Saya tidak akan membiarkan mereka (anak-anaknya) menang, mereka harus memahami ini adalah cinta yang sulit di rumah ini," ungkap Ferdinand.
Meski begitu, Ferdinand memiliki aturan bagi anak-anaknya agar mereka tidak menghabiskan waktu semalaman bermain game.
Ferdinand juga mengaku masih sering bermain game bersama mantan rekan setimnya jika mereka bertemu. Bahkan sering kali ada kompetisi FIFA kecil di kamar hotel yang dilakukan Ferdinand bersama teman-temannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan