Riset LD FEB UI: Internet Telkomsel Sumbang 1,6% PDB Indonesia 2023

17 Mei 2024 18:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Paksi Cattra Kamang Walandouw, Wakil Kepala Bidang Penelitian dan Pelatihan Lembaga Demografi FEB UI, dalam konferensi pers hasil riset 'Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel Terhadap Perekonomian Indonesia'. Foto: Dok. Telkomsel
zoom-in-whitePerbesar
Paksi Cattra Kamang Walandouw, Wakil Kepala Bidang Penelitian dan Pelatihan Lembaga Demografi FEB UI, dalam konferensi pers hasil riset 'Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel Terhadap Perekonomian Indonesia'. Foto: Dok. Telkomsel
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menemukan internet Telkomsel berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Salah satunya berkontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, mencapai 1,6 persen pada 2023.
ADVERTISEMENT
Penelitian juga mengungkap dampak positif infrastruktur telekomunikasi Telkomsel yang semakin mumpuni terhadap peningkatan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita di berbagai kota atau kabupaten di Indonesia. Peningkatan payload (trafik layanan data) Telkomsel di suatu kota mencapai 100 TB, dan itu mampu meningkatkan rata-rata PDRB per kapita di wilayah tersebut sebesar Rp 1,7 miliar.
Peningkatan jumlah pengguna Telkomsel di suatu kota atau kabupaten turut membuat rata-rata PDRB per kapita di wilayah tersebut tumbuh. Peningkatannya mencapai Rp 8,6 miliar setiap 1.000 pengguna.
Internet Telkomsel ikut memberdayakan pelaku usaha di era digital, menurut penelitian LD FEB UI. Studinya menemukan rata-rata penjualan melalui e-commerce dan social commerce mencapai 36,1 persen dan 44,7 persen dari total penjualan pedagang.
ADVERTISEMENT
Penjual yang memanfaatkan internet Telkomsel disebut mengalami peningkatan pendapatan usaha hingga 50 persen. Mereka juga terbantu memperluas jangkauan pasarnya hingga dua kali lipat.
I Gede Dewa Karma Wisana, Kepala Lembaga Demografi FEB UI, dalam konferensi pers hasil riset 'Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel Terhadap Perekonomian Indonesia'. Foto: Dok. Telkomsel
Peningkatan omzet usaha juga dialami oleh mereka yang berdagang dengan memanfaatkan internet Telkomsel. Pelaku usaha yang memiliki kecepatan internet di atas 30 Mbps mencatat pendapatan bersih 15 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang memiliki kecepatan internet kurang dari 1,5 Mbps.
Tim peneliti LD FEB UI merekomendasikan perluasan akses internet Telkomsel ke wilayah yang masih tertinggal, terutama di daerah pedesaan dan terpencil. Kemudian, peningkatan kualitas infrastruktur telekomunikasi Telkomsel untuk memastikan kecepatan dan stabilitas internet yang optimal.
Peningkatan literasi digital masyarakat juga dianjurkan untuk memaksimalkan manfaat internet dalam berbagai aspek kehidupan. Terakhir, pengembangan kebijakan yang kondusif guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan.
ADVERTISEMENT
Hasil studi LD FEB UI terangkum dalam laporan berjudul 'Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel Terhadap Perekonomian Indonesia'. Riset dilakukan selama periode kuartal ketiga 2023 hingga kuartal pertama 2024.
Studi dilakukan tim peneliti LD FEB UI dengan menggabungkan metodologi kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur secara mendalam dampak positif internet Telkomsel terhadap lanskap ekonomi digital Indonesia.