Tekno & Sains
·
28 Juli 2021 14:12
·
waktu baca 2 menit

Samsung Galaxy Note 2021 Batal Rilis, Ini HP Penggantinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Samsung Galaxy Note 2021 Batal Rilis, Ini HP Penggantinya (529371)
searchPerbesar
Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communication Business, Samsung Electronics. Foto: Samsung
Nasib Samsung Galaxy Note akhirnya terjawab. Samsung mengkonfirmasi bahwa mereka tak akan merilis HP tersebut pada tahun 2021.
ADVERTISEMENT
Kejelasan nasib Samsung Galaxy Note disampaikan oleh Head of Mobile Communications Business Samsung, TM Roh, dalam sebuah posting di blog resmi perusahaan pada Senin (26/7). Alih-alih merilis Galaxy Note, Roh mengatakan bahwa Samsung bakal memberikan pengalaman penggunaan HP tersebut lewat smartphone foldable baru yang mendukung S Pen.
“Daripada meluncurkan Galaxy Note baru kali ini, kami akan lebih memperluas fitur Note tercinta ke lebih banyak perangkat Samsung Galaxy,” kata Roh.
Sejak akhir tahun lalu, Samsung Galaxy Note edisi 2021 memang santer dikabarkan tak bakal dirilis. Krisis pasokan chip yang melanda industri smartphone global, serta semakin miripnya seri Galaxy Note dan Galaxy S, ditengarai menjadi penyebab Samsung tak merilis Galaxy Note tahun ini.
Samsung Galaxy Note 2021 Batal Rilis, Ini HP Penggantinya (529372)
searchPerbesar
Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Meski demikian, Samsung tak menjelaskan alasan mengapa Galaxy Note tak jadi dirilis. Dalam pernyataan klarifikasi kepada TechCrunch, Roh hanya menegaskan bahwa HP tersebut tak dirilis pada 2021.
ADVERTISEMENT
“Kami tidak akan meluncurkan perangkat Galaxy Note baru pada tahun 2021. Sebaliknya, Samsung berencana untuk terus memperluas pengalaman Note dan menghadirkan banyak fitur produktivitas dan kreativitas populernya, termasuk S Pen, di seluruh ekosistem Galaxy kami,” kata Roh kepada TechCrunch.
“Kami akan membagikan lebih banyak detail tentang portofolio masa depan kami setelah kami siap untuk mengumumkannya.”
Terlepas dari alasan Samsung enggan merilis Galaxy Note pada tahun ini, langkah yang mereka ambil kemungkinan mengonfirmasi rumor yang beredar tentang smartphone Galaxy Z Fold dan Flip terbaru.
Samsung Galaxy Note 2021 Batal Rilis, Ini HP Penggantinya (529373)
searchPerbesar
Samsung Galaxy Z Fold 2. Foto: Samsung
Sebelumnya, rumor mengatakan bahwa Samsung Galaxy Z Fold baru bakal mendung fitur S Pen. Itu artinya, Samsung Galaxy Z Fold terbaru bakal dibekali dengan layar yang lebih kuat.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, hingga saat ini tidak jelas apakah stylus S Pen untuk Samsung Galaxy Z Fold terbaru bakal hadir sepaket atau dijual terpisah. Tidak jelas pula apakah fitur S Pen itu juga kompatibel untuk Galaxy Z Flip. Samsung hanya menjelaskan bahwa stylus S Pen itu “dirancang khusus” untuk HP lipat terbaru mereka.
“Saya harap Anda akan bergabung dengan kami saat kami memulai debut keluarga Galaxy Z kami berikutnya dan berbagi beberapa kejutan yang dapat dilipat — termasuk S Pen pertama yang dirancang khusus untuk ponsel yang dapat dilipat,” tulis Roh.
Dalam tulisannya, Roh juga menjanjikan "gaya yang lebih halus, dipersenjatai dengan bahan yang lebih tahan lama dan lebih kuat" pada Galaxy Z Flip. Adapun Galaxy Z Fold baru akan memiliki teknologi “yang terbaik yang ditawarkan smartphone dan tablet”, kata Roh.
ADVERTISEMENT
Samsung sendiri bakal menggelar acara peluncuran Galaxy Unpacked pada 11 Agustus 2021. Selain HP layar lipat dan S Pen, mereka juga diprediksi bakal merilis smartwach Galaxy Watch terbaru.