kumparan
3 Oktober 2018 12:14

Samsung Galaxy Watch Dijual di Indonesia, Harga Mulai Rp 4,3 Juta

Samsung Galaxy Watch
Samsung Galaxy Watch. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Samsung diam-diam sudah menjual jam tangan pintar terbarunya, Galaxy Watch, di pasar Indonesia. Vendor asal Korea Selatan ini melepas Galaxy Watch dengan harga mulai Rp 4,3 juta.
ADVERTISEMENT
Banderol Rp 4,3 juta ditujukan untuk jam model ukuran 42 milimeter dengan varian warna Midnight Black dan Rose Gold. Sementara varian 46 milimeter yang hadir dalam warna Silver dilepas dengan harga Rp 4.450.000.
Product Marketing Manager Samsung, Annisa Maulina berkata, pihaknya sudah memasarkan Galaxy Watch di Indonesia sejak 16 September, setelah produk menjalani masa pre-order dari tanggal 7 sampai dengan 15 September.
Jam tangan pintar ini diklaim menerima respons positif dari masyarakat Indonesia. Bahkan pemesanannya melebihi seri jam tangan pintar sebelumnya, yang masih mengusung submerek Galaxy Gear.
"Di atas target, di luar ekspektasi. Lebih tinggi dari Gear S3 jumlah pre-order," kata Annisa dalam acara workshop Samsung di Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (2/10).
Samsung Galaxy Watch
Samsung Galaxy Watch. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Galaxy Watch hadir dengan baterai yang jauh lebih besar dan tahan lama dari pendahulunya. Selain itu, perangkat ini juga memiliki pembaruan dari segi software pada bidang S-Health baru, sleep tracker, dan tingkat pengukuran level stres.
ADVERTISEMENT
Untuk kapasitas baterainya sendiri, smartwatch ini memiliki baterai 472 mAh untuk ukuran 46 milimeter. Kemudian model 42 milimeter dengan kapasitas 270 mAh.
Sayang, Galaxy Watch yang dibawa Samsung ke Indonesia bukan versi 4G LTE, melainkan varian Bluetooth. Hal ini dikarenakan model 4G LTE mengusung teknologi e-SIM yang belum didukung oleh operator Indonesia.
"Di Indonesia, Bluetooth version only. Yang LTE operator belum ready, belum support e-SIM. Yang LTE itu bisa dengar musik, bisa konek langsung ke jaringan seluler," ungkap Annisa.
Spesifikasi Galaxy Watch
Untuk dapur pacunya, Galaxy Watch disokong chipset Exynos 9110 dual core 1.15 GHz yang berlari dengan sistem operasi Tizen 4.0. Kapasitas smartwatch ini mencakup RAM 1,15 GB dan penyimpanan data 4 GB.
ADVERTISEMENT
Seperti smartwatch pada umumnya, Galaxy Watch memiliki kemampuan untuk memonitor detak jantung. Selain itu, arloji ini juga telah memiliki teknologi sensor cahaya yang bisa menyesuaikan pencahayaan di lingkungan sekitar, akselerator, gyroscope, dan barometer.
Samsung Galaxy Watch
Samsung Galaxy Watch. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Galaxy Watch juga memiliki kemampuan untuk mengatur stres dengan adanya sensor pengukur denyut nadi yang dapat mengingatkan pengguna agar lebih santai dengan menarik napas saat tanda-tanda stres mulai terdeteksi.
Terdapat pula fitur yang bisa membantu pengguna untuk tetap sehat dengan adanya enam macam gerakan latihan. Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat menjadi teman tidur yang baik dengan menghitung waktu tidur dan mengetahui kualitas tidur.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan