Tekno & Sains
·
15 September 2021 16:40
·
waktu baca 4 menit

Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 Jadi HP Layar Lipat Pertama Tahan Air

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 Jadi HP Layar Lipat Pertama Tahan Air (98141)
searchPerbesar
Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3. Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 membawa fitur ketahanan yang lebih baik ketimbang para pendahulunya. Duo HP layar lipat dari Samsung tersebut kini dibekali dengan fitur water resistance dengan rating IPX8, yang berarti mereka dapat tahan air di kedalaman 30 meter dalam waktu 15 menit.
Dengan fitur tersebut, Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 resmi menjadi HP layar lipat pertama di dunia yang punya kemampuan tahan air. Inovasi Samsung ini boleh dibilang menegaskan bahwa foldable phone tak hanya futuristik, tetapi juga punya ketahanan yang tangguh supaya pengguna enggak perlu was-was ketika menggunakannya sehari-hari.
Air memang merupakan musuh utama barang elektronik seperti smartphone. Rembesan air yang masuk ke bodi HP saat tercemplung atau kehujanan dapat memicu korsleting dan membuat internal perangkat jadi berkarat.
Untuk mencegah masalah tersebut, vendor smartphone umumnya akan membekali fitur water resistance bagi HP yang mereka produksi. Fitur ini dihasilkan dengan melekatkan waterproof tape di sela-sela case dan lubang smartphone supaya air enggak gampang merembes masuk ke bagian dalam.
Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 Jadi HP Layar Lipat Pertama Tahan Air (98142)
searchPerbesar
Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3. Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Membuat Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 agar tahan air merupakan tantangan tersendiri bagi Samsung. Berbeda dari HP mainstream kebanyakan yang terdiri dari satu batang bodi, Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 merupakan HP dengan tiga bagian berbeda, yakni dua bodi dan sebuah engsel.
Samsung menjelaskan, dua bodi Galaxy Z Fold3 dan dan Galaxy Z Flip3 dapat dilindungi dari air dengan menggunakan metode konvensional melalui waterproof tape. Nah, masalah paling menantangnya, bagaimana cara mencegah air masuk di bagian engsel?
Engsel merupakan bagian paling rentan di sebuah HP layar lipat. Sebab, air dapat merembes dengan mudah ketika layar dibuka atau ditutup.
Untuk mengatasi masalah ini, para teknisi dan desainer Samsung menggunakan bahan anti-korosi yang dilengkapi dengan pelumas sebagai material engsel Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3. Tujuannya, supaya bagian engsel enggak mudah kena karat atau korosi saat terpapar air.
Tak hanya itu, Samsung juga menggunakan karet dan segel bermaterial CIPG (cured-in-place gaskets) untuk melindungi mainboard dari korsleting karena air. Kedua bahan ini berfungsi mengunci mainboard, yang pada akhirnya melindungi bagian penting Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 terhadap paparan air.
Untuk memperkokoh kedua foldable phone tersebut, Samsung juga melapisinya dengan frame berbahan aluminium dan Corning Gorilla Glass Victus. Kaca anti-gores paling mutakhir dari Corning ini diberikan, baik pada penampang belakang dan Layar Penutup di Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3.
Samsung Galaxy Z Fold3 hadir dengan Layar Utama Dynamic AMOLED 2X Display seluas 7,6 inci beresolusi 2208 x 1768 pixel dan refresh rate mulus 120 Hz. Layar Utama ini telah kompatibel untuk stylus S Pen. Untuk Layar Penutupnya, ia dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 2X Display 6,2 inci beresolusi HD Plus dan 120Hz adaptive refresh rate.
Samsung Galaxy Z Fold3 memiliki total 5 kamera. Ketiganya terdiri dari trio 12 MP di bagian belakang, sebuah kamera bawah layar 4 MP di Layar Utama, dan kamera selfie 10 MP di Layar Penutup. Ia ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 dengan RAM jumbo 12 GB, pilihan memori internal 256 atau 512 GB, dan baterai 4.400 mAh.
Adapun Samsung Galaxy Z Flip3 hadir dengan Layar Utama Dynamic AMOLED 2X Display seluas 6,7 inci dengan resolusi 2640 x 1080 pixel dan refresh rate mulus 120 Hz. Di bagian depan, ia punya Layar Penutup berpanel Super AMOLED dengan resolusi 260 x 512 pixel.
Samsung Galaxy Z Flip3 dibekali dengan 3 buah kamera, yang terdiri dari dua kamera belakang beresolusi 12 MP dan sebuah kamera selfie 10 MP. Performa Samsung Galaxy Z Flip3 mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 dengan bantuan RAM jumbo 8 GB, varian memori internal 128 dan 256 GB, serta baterai 3.300 mAh.
Harga smartphone layar lipat Galaxy Z Fold3 dengan memori internal 256 GB dibanderol Rp 24.999.000. Versi memori internal 512 GB dijual dengan harga Rp 26.999.000. Adapun Samsung Galaxy Z Flip3 dibanderol dengan harga Rp 14.999.000 untuk varian memori internal 128 GB dan Rp 15.999.000 untuk versi 256 GB.
Bagi kamu yang melakukan pembelian selama masa pre-order 11 hingga 29 Agustus 2021 lalu di situs web resmi www.samsung.com/id, berkesempatan mendapatkan penawaran spesial senilai Rp 5.239.000. Special offer ini terdiri dari:
  • Proteksi device selama 1 tahun dengan Samsung Care+
  • Untuk yang telah melakukan pre-registrasi sebelum Galaxy Unpacked berkesempatan mendapatkan proteksi device 2 tahun dengan Samsung Care+
  • E-voucher up to Rp. 1,500,000 untuk pembelian aksesori di Samsung e-store
  • Bank cashback up to Rp. 1.000.000
  • Ada juga 60 persen buy-back program untuk pembelian foldable phone seri berikutnya di tahun depan
  • Samsung juga menawarkan cicilan 0 persen sampai dengan 24 bulan melalui mitra-mitra bank berikut: Mandiri, BRI, Panin, Citibank, HSBC, BCA, Maybank, BNI, DBS, CIMB Niaga, OCBC, Standard Chartered dan Mega