Samsung Pamer Dapur Canggih Berteknologi AI di CES 2024: Kulkas sampai Kompor

2 Januari 2024 13:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kulkas Bespoke 4-Door Flex dengan AI Family Hub+. Foto: Samsung
zoom-in-whitePerbesar
Kulkas Bespoke 4-Door Flex dengan AI Family Hub+. Foto: Samsung
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) menjadi fokus Samsung di 2024. Perusahaan mulai merealisasikan rencana tersebut melalui kulkas Bespoke 4-Door Flex Refrigerator dengan AI Family Hub+ 2024, kompor Anyplace Induction Cooktop, dan penyempurnaan layanan Samsung Food.
ADVERTISEMENT
Samsung akan memperkenalkan lini produk dapur canggihnya itu di pameran teknologi CES 2024 yang berlangsung pada 10 hingga 12 Januari 2024 di Las Vegas, Nevada, AS.
"Kami bangga sekaligus senang dapat memamerkan fitur AI dan konektivitas yang telah dipercanggih ini, dengan memanfaatkan teknologi-teknologi terbaru untuk membantu siapapun meningkatkan pengalaman makanan dan dapur mereka ke level yang lebih tinggi," ujar Moohyung Lee, EVP dan Head of the Customer eXperience Team of the Digital Appliances Business di Samsung Electronics, dalam pernyataan resmi, Selasa (2/1).
Bespoke 4-Door Flex, kulkas dengan fitur Internet of Things (IoT) pertama di industri yang dirilis pertama kali pada 2016, kini dilengkapi dengan AI Vision Inside yang menggunakan kamera internal untuk mengenali barang yang masuk dan keluar dari kulkas. Teknologi Vision AI ini dapat mengidentifikasi hingga 33 jenis makanan segar berdasarkan kumpulan data pelatihan yang sudah ditetapkan, meliputi sekitar 1 juta foto makanan.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, layar AI Family Hub+ di Bespoke 4-Door Flex memungkinkan pengguna melihat dan mengedit daftar makanan yang tersedia di dalam kulkas. Pengguna juga dapat menambah informasi tanggal kedaluwarsa secara manual, dan lemari es ini akan mengirimkan peringatan melalui layar LCD 32 inci itu untuk barang yang akan kedaluwarsa sebelum waktunya.
Bespoke 4-Door Flex juga memiliki fitur Fridge Manager yang membantu pengguna memantau status filter air di kulkas dan menginformasikan kapan filter harus diganti di layar Family Hub+, termasuk opsi pembelian filter air baru dengan cepat dan sekali klik dari Amazon.
Daftar makanan di dalam kulkas yang dihasilkan oleh AI Vision Inside di Family Hub+. Foto: Samsung
Bagi pengguna HP Galaxy, mereka bisa mirroring tampilan smartphone-nya ke layar Family Hub+ dengan mudah melalui fitur Tap View. Pengguna juga dapat menikmati aplikasi YouTube dan TikTok di layar kulkas untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan hiburan.
ADVERTISEMENT

Kompor Samsung Anyplace Induction Cooktop dan Slide-in Range

Layar Family Hub+ juga terpasang di Anyplace Induction Cooktop dan Slide-in Range terbaru Samsung. Dengan layar LCD 7 inci, pengguna dapat menelusuri resep yang telah dipilih dan disimpan dari Family Hub+ untuk membantu menyiapkan makanan.
Anyplace Induction Cooktop generasi baru juga meningkatkan fungsi memasak dasar termasuk pemanasan panci dan wajan yang efektif dan tanpa batas di bagian mana pun dari kompor tersebut, berkat teknologi koil lembaran induksi Samsung. Dengan menggunakan Anti-Scratch Glass sebagai pengganti kaca keramik standar, pengguna tidak perlu khawatir akan menggores permukaan kompor induksi Samsung saat memindahkan peralatan masak.
Ditambah, aplikasi Samsung Food yang kini bisa diakses di Family Hub+, Anyplace Induction Cooktop, dan Slide-in Range turut menghadirkan beberapa fitur AI yang telah disempurnakan. Fitur 'Personalize', misalnya, didukung Food AI yang dapat membantu pengguna menyesuaikan resep dengan kebutuhan diet untuk mengakomodasi diet bebas gluten, pescatarian, bebas susu, dan diet lainnya.
ADVERTISEMENT
Ada juga fitur baru 'Image-to-Recipe' dengan Vision AI bisa mengenali makanan dan berbagai bahan makanan dari foto dan mengeksplorasi hidangan yang dapat dibuat dengan bahan-bahan tersebut. Terakhir, fitur Tailored Meal Plan yang mampu menganalisis informasi pengguna dengan menghubungkan profil Samsung Health mereka untuk membuat makanan yang sesuai kebutuhan kesehatannya.