kumparan
7 Januari 2020 12:28

Samsung Umumkan Ballie, Robot Bola Mirip BB-8 Star Wars

Robot AI Samsung: Ballie (1:1)
Robot AI Samsung: Ballie. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Samsung resmi memperkenalkan Ballie, robot asisten pribadi yang bakal membantu segala urusan rumah milik para pengguna. Acara Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, AS, dipilih perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu sebagai tempat kelahiran Ballie.
ADVERTISEMENT
Ballie memiliki desain bulat dengan ukuran sebesar bola tenis. Ballie terdiri atas 3 bagian. Di kanan dan kirinya dibuat seperti roda yang bisa bergulir. Sementara di bagian tengahnya adalah sebuah sistem kompleks yang meliputi kamera dan sensor lain.
Desain Ballie yang menggemaskan ini mengingatkan kita dengan robot BB-8 di dalam film Star Wars.
Samsung mengatakan Ballie menggunakan kecerdasan buatan atau AI untuk menjadi robot keamanan, asisten kebugaran, hingga ‘antarmuka ponsel baru’. Dia dapat berkeliling rumah, lalu mengatur rumahmu tanpa perlu diperintahkan sama sekali, dengan syarat rumahmu memiliki sistem rumah pintar (smart home).
Video
Dalam video promosi yang diberikan Samsung, Ballie dapat menjalankan serangkaian tugas mulai dari mengatur televisi, hingga membersihkan rumah melalui integrasi dengan smart vacuum cleaner. Dia juga dapat memberitahu kondisi rumah melalui video real-time yang dikirimkan ke smartphone pengguna.
ADVERTISEMENT
Menurut H.S. Kim, President and CEO of Consumer Electronics Division Samsung Electronics, kehadiran Ballie merupakan upaya Samsung untuk mentransformasi kehidupan manusia menuju ‘Era Pengalaman’ (The Age of Experience).
Di era ini, kata dia, teknologi fokus pada bagaimana kita dapat menyesuaikan rumah kita untuk memenuhi kebutuhan pribadi kita, dan bagaimana kita dapat membangun kota cerdas yang lebih aman dan berkelanjutan.
“Di Era Pengalaman, kita perlu memikirkan kembali ruang yang kita miliki untuk mengakomodasi gaya hidup kita yang beragam dan berkembang,” kata Kim, saat mengisi acara CES 2020 pada Selasa (7/1). “Apa yang membuat pendekatan Samsung unik adalah kenyataan bahwa kami memiliki filosofi yang sangat jelas dibangun di seputar inovasi yang berpusat pada manusia. Kami membangun dan menciptakan untuk memecahkan masalah dan meningkatkan kehidupan orang.”
Robot AI Samsung: Ballie
Robot AI Samsung: Ballie. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Tidak banyak hal yang diungkap Samsung selama acara berlangsung. Namun, Ballie jelas memiliki kamera di bagian depan untuk merekam momen dan navigasi di sekitar rumah.
ADVERTISEMENT
Selain spesifikasinya yang belum terungkap, Samsung juga belum memberitahu kapan Ballie mulai tersedia di pasar. Pada titik ini, Samsung hanya ingin publik tahu bahwa mereka sedang mengerjakan proyek robotik bernama Ballie.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan