kumparan
7 Oktober 2019 17:16

Sejak 2015, Telkomsel The NextDev Sudah Bina 4.900 Startup

 Acara Startup Showcase The NextDev Academy
Acara Startup Showcase The NextDev Academy Foto: Muhammad Fikrie / kumparan
Ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi di Indonesia yang digelar oleh Telkomsel, The Nextdev, sudah menginjak edisi tahun ke-5. Selama The NextDev berlangsung sejak 2015, program ini sudah membina 4.900 startup Indonesia, yang memberikan dampak sosial untuk masyarakat, agar naik level.
ADVERTISEMENT
Dari ribuan startup tersebut, ada 78 startup yang sering ditawarkan sebagai bagian dari solusi bisnis Telkomsel. Hal ini diungkap oleh The NextDev Lead Project Manager, Steve Saerang.
Steve mengatakan, The NextDev saat ini memang menjadi salah satu inkubasi startup yang jadi incaran banyak startup Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhannya. Melalui program ini, para peserta The NextDev mendapatkan ilmu, koneksi, dan kolaborasi dengan mitra bisnis Telkomsel untuk mengakselerasi startup mereka.
"Startup yang dibina oleh The NextDev pun bukan sembarang startup. Pasalnya, Telkomsel mencari startup yang memang berupaya membawa dampak sosial bagi lingkungan di sekitarnya sekaligus bagi Indonesia melalui teknologi. Startup tidak hanya melulu soal investasi, tetapi juga ilmu dan koneksi untuk growth," jelasnya saat ditemui di Jakarta, Senin (7/10).
Steve Saerang, The NextDev Lead Project Manager
Steve Saerang, The NextDev Lead Project Manager. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Steve menjelaskan, butuh waktu untuk Telkomsel meraih pencapaian The NextDev saat ini. Program pencarian ini sekarang sudah dipandang oleh para investor dan perusahaan teknologi besar lainnya.
ADVERTISEMENT
Mereka menilai The NextDev dapat memperkuat startup yang masih dalam tahap early stage untuk melengkapi kemampuan dan kapabilitas dari segi bisnis, soft skill, dan hard skill. The NextDev juga bisa memberikan ilmu mulai dari skalabilitas, riset dan pengembangan, desain, branding, hingga model bisnis serta kualitas produk.
"Seleksi di The NextDev amatlah ketat. Apalagi, kini The NextDev memiliki cita-cita besar untuk menjadi agregator startup terbesar di Indonesia. Para peserta akan dituntut untuk memiliki keahlian atau ide tepat guna untuk berkreasi menghasilkan aplikasi digital yang mampu mengatasi masalah di masyarakat," ungkap Steve.
Penyelenggaraan tahun ke-5 ini, pengumuman para pemenang The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy 2019 akan dilaksanakan pada 7 Desember 2019 mendatang di ajang The NextDev Summit 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC).
ADVERTISEMENT
Di The NextDev Summit 2019, tidak hanya akan ada pengumuman pemenang saja, tetapi sebagai ajang tempat showcase para seluruh peserta The NextDev. Di ajang tersebut mereka juga akan dipertemukan dengan para investor.
Masyarakat umum juga bisa mengikuti rangkaian acara di The NextDev Summit 2019, seperti 5G experience, travel fair, dan konferensi dengan topik diskusi seputar teknologi, startup, blockchain, dan lainnya dengan pembicara yang ahli di bidangnya.
Salah satu yang menjadi pembicara di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini, dan Managing Partner of GGV Capital Jenny Lee.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan