kumparan
13 Mar 2019 13:49 WIB

Sempat Gangguan, Layanan Gmail Sudah Normal Kembali

Ilustrasi platform Google. Foto: Dado Ruvic/Reuters
Sempat mengalami gangguan sejak Rabu (13/3) pagi, akhirnya layanan Gmail sudah normal kembali. Pengguna sudah dapat memanfaatkan platform pesan elektronik atau email milik Google itu.
ADVERTISEMENT
Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Google. Selain meminta maaf, perusahaan juga berjanji akan terus mengoptimalkan sistem di Gmail menjadi lebih baik.
"Masalah dengan Gmail sudah diatasi. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan terima kasih atas kesabaran serta dukungan Anda yang berkelanjutan. Keandalan sistem adalah prioritas utama Google, dan kami terus melakukan peningkatan untuk menjadikan sistem kami lebih baik lagi," tulis Google dalam pesannya di GSuite Status Dashboard.
Ilustrasi Gmail. Foto: gabrielle_cc via Pixabay
Sebelumnya, pengguna internet dilaporkan tidak dapat mengirim email serta mengunduh lampiran di Gmail. Isu ini terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia.
Laporan mengenai platform email milik Google yang bermasalah meramaikan lini masa media sosial, terutama Twitter. Bukan hanya Gmail, sejumlah pengguna juga melaporkan layanan Google Drive ikut mengalami masalah.
ADVERTISEMENT
Tidak semua pengguna Gmail mengalami gangguan ini. Tim kumparan di Jakarta masih bisa menggunakan layanan Gmail seperti biasa dan tidak ikut terdampak masalah tersebut.
Meski begitu, banyak pengguna yang mengeluhkan Gmail-nya bermasalah, termasuk di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia.
Gmail saat ini memang menjadi salah satu layanan email terfavorit. Setelah masalah peretasan besar yang dialami Yahoo, tampaknya pengguna ramai-ramai berpindah ke Gmail sebagai platform email mereka.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan