kumparan
5 Desember 2019 7:30

Sony PlayStation Cetak Rekor Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa

Ilustrasi PlayStation 4
Ilustrasi controller konsol game PlayStation 4. Foto: jklugiewicz via Pixabay
Pada Selasa (3/12) kemarin, Sony merayakan ulang tahun ke-25 dari konsol video game andalannya, PlayStation. Pada 3 Desember 1994, konsol PlayStation orisinal pertama kali dijual di toko-toko Jepang dan menjadi awal dari kiprah perangakat tersebut di pasar game.
ADVERTISEMENT
Kini, selang 25 tahun, PlayStation dinobatkan sebagai brand konsol game dengan penjualan terbaik oleh Guinness World Record. Penjualan yang fantastis dari PlayStation edisi pertama, PS2, PS3, dan PS4, hingga November 2019 memastikan raihan rekor tersebut.
"Kami sangat senang dinobatkan sebagai brand konsol video game dengan penjualan terbaik sepanjang masa, dengan 450 juta unit yang terjual dari PlayStation orisinal, PS2, PS3, dan PS4 hingga 7 November, menurut @GWR," kicau PlayStation, dalam akun Twitter resminya.
Sony PlayStation Raih Guinness World Record
Sony PlayStation raih Guinness World Record untuk penjualan konsol game terbaik. Foto: PlayStation/Twitter
Dalam kicauan itu, ditampilkan foto CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan dan mantan CEO Ken Kutaragi yang memamerkan penghargaan dari Guinness World Record.
Jika melihat angka penjualan masing-masing konsol, maka PS2 dan PS4 adalah dua yang paling laris sepanjang masa. Hingga September, PS2 telah terjual sebanyak 155 juta unit, sedangkan PS4 terjual 102,8 juta unit.
ADVERTISEMENT
Di belakangnya, ada PlayStation orisinal dengan 102,5 juta unit, sementara PS3 penjualannya terbilang mengecewakan karena hanya terjual 87,4 juta unit.
Sony PlayStation 4 Slim
Sony PlayStation 4 Slim. Foto: InspiredImages via Pixabay
"Dimulai dari awal yang rendah hati sebagai pijakan Sony, Ken Kutaragi dan tim menelurkan visi mereka dalam mengembangkan video game sebagai bentuk hiburan yang dapat dinikmati semua orang, dan membuat plaftorm bagi pengembang game untuk mengekspresikan kreativitasnya," ujar Ryan, dalam blog PlayStation.
"PlayStation orisinal terjual 100.000 unit di Jepang pada hari pertama dan menjadi konsol game pertama yang melampaui angka 100 juta unit terjual di seluruh dunia," sambungnya.
Kini, Sony sedang bersiap untuk menghadirkan konsol generasi selanjutnya, PlayStation 5. Konsol yang telah diantisipasi para penggemar ini rencananya akan meluncur pada akhir 2020. Selain itu, 2020 juga akan diwarnai beberapa game eksklusif PlayStation yang baru seperti 'The Last of Us Part 2' dan 'Ghost of Tsushima'.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan