Tekno & Sains
·
26 April 2021 7:30

Sosok Miliarder Muda yang Kaya Usai Investasi Semua Tabungan ke Dogecoin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sosok Miliarder Muda yang Kaya Usai Investasi Semua Tabungan ke Dogecoin (184868)
searchPerbesar
Jaysn Prolifiq atau Glauber Contessoto adalah seorang investor Dogecoin yang kaya dalam semalam. Foto: Dok. Jaysn Prolifiq
Jaysn Prolifiq atau lebih dikenal sebagai Glauber Contessoto adalah seorang investor Dogecoin yang mengeklaim telah menjadi miliarder baru dalam semalam ketika harga mata uang kripto itu tiba-tiba meroket.
ADVERTISEMENT
Prolifiq yang mempertaruhkan seluruh tabungannya di Dogecoin memilih untuk tidak menguangkan keuntungannya saat nilai valuasinya berada di puncak. Kini, dia harus menelan pil pahit, ketika Dogecoin sekarang turun kembali setelah pasar cryptocurrency jatuh.
Warga Los Angeles, AS berusia 33 tahun itu, mengatakan kepada Newsweek bahwa dia tak menyesal untuk tidak mencairkan keuntungannya, bahkan ketika nilai Dogecoin turun lagi. Saat berada di puncak, Prolifiq bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan dolar AS.
Balik ke awal mulai berinvestasi di Dogecoin, Prolifiq yang berprofesi sebagai produser video musik dan manajer artis ini menceritakan pada Februari 2021, ia menginvestasikan seluruh tabungan dan menjual semua saham yang dimilikinya, termasuk saham Tesla dan Uber untuk bermain Dogecoin sebesar 188 ribu dolar atau sekitar Rp 2,7 miliar.
Sosok Miliarder Muda yang Kaya Usai Investasi Semua Tabungan ke Dogecoin (184869)
searchPerbesar
Ilustrasi Dogecoin. Foto: Instagram @dogecoinusa
Alasan mengapa Prolifiq memasukkan tabungan ke dalam Dogecoin, ternyata juga terinspirasi oleh cuitan Elon Musk yang berulang kali membahas tentang cryptocurrency.
ADVERTISEMENT
Pada saat itu, Dogecoin harganya per koin masih di bawah 0,05 dolar AS setelah melakukan beberapa hari penelitian, Prolifiq merasa itu nilai terlalu rendah, sehingga dia berani untuk berinvestasi.
Hasilnya, pada pertengahan April, Dogecoin melonjak ke rekor tertinggi mencapai 0,45 dolar AS per koin. Prolifiq langsung dapat durian runtuh dalam semalam dengan nilai investasinya melonjak jadi dua juta dolar AS atau sekitar Rp 29 miliar hampir 10 kali lipat keuntungan yang diraihnya.
Sosok Miliarder Muda yang Kaya Usai Investasi Semua Tabungan ke Dogecoin (184870)
searchPerbesar
Meme Dogecoin dan Elon Musk. Foto: Elon Musk via Twitter

Nilai Dogecoin turun, tetap jadi miliarder

Dogecoin saat ini bernilai sekitar 0,23 dolar AS turun tajam dari puncaknya. Meskipun ada upaya komunitas untuk memompa harga koin tidak mampu menaikannya kembali. Pasar cryptocurrency turun secara luas di tengah laporan Presiden AS, Joe Biden merencanakan kenaikan pajak capital gain.
ADVERTISEMENT
Saat kondisi ini, Prolifiq mengatakan investasinya turun di bawah 1 juta dolar AS pada Jumat (23/4). Meski begitu, ia tetap untung dan masih menjadi miliarder muda yang kaya berkat investasinya.
"Saya berbagi informasi kerugian di halaman forum Doge di Reddit. Seperti saya membagikan cerita keuntungan yang kemarin saya dapat. Akan sangat tidak jujur bagi saya untuk berpura-pura seperti Doge hanya naik, naik, naik, naik dan tidak pernah turun," katanya.
Keputusan Prolifiq untuk memasukkan sejumlah besar modal ke dalam satu aset adalah risiko keuangan yang sangat besar dan bertentangan dengan nasihat investasi yang diterima secara umum. Andreas Park, profesor keuangan di University of Toronto, mengatakan volatilitas Dogecoin mengejutkan dan risiko harus selalu dikendalikan.
ADVERTISEMENT
"Berinvestasi di banyak aset memastikan bahwa orang-orang terdiversifikasi sehingga mereka tidak menderita kerugian yang tidak proporsional dalam investasi individu. Volatilitas banyak aset kripto sangat mengejutkan: Tidak jarang harga berfluktuasi plus atau minus 10 persen atau lebih hanya dalam beberapa jam," kata Park.
Kedepannya, Prolifiq masih optimis tentang masa depan Dogecoin. ia ingin menggunakan investasi tersebut untuk mengganti mobil baru dan mendanai karier musik dan label rekaman miliknya.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020