Ilustrasi anak belajar dari rumah
29 Juli 2020 20:08

Starter Pack Belajar dari Rumah: Peralatan Wajib Supaya Belajar Makin Nyaman

Starter Pack Belajar dari Rumah: Peralatan Wajib Supaya Belajar Makin Nyaman (82104)
Ilustrasi anak belajar dari rumah Foto: Shuutterstock
Hingga saat ini, pelajar dan mahasiswa di hampir seluruh dunia masih harus melaksanakan aktivitas belajar dari rumah. Itu dilakukan selama menghadapi situasi pandemi untuk mencegah penularan virus corona.
ADVERTISEMENT
Meski terdengar menyenangkan dan tidak melelahkan seperti belajar di sekolah dan kampus, namun aktivitas belajar dari rumah tidak sepenuhnya mudah. Semua aktivitas belajar yang dilakukan secara online, justru membuat pelajar kadang jadi sulit fokus.
Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa hal yang bisa disiapkan oleh orang tua, atau bahkan kamu sendiri, agar proses belajar di rumah tetap fokus dan produktif. Apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk belajar dari rumah? Berikut daftarnya.

Meja dan kursi belajar

Banyak yang berpendapat kalau belajar sambil rebahan di kasur itu membuat jadi lebih rileks. Tunggu dulu. Kalau kelamaan, justru membuat tubuh jadi pegal dan konsentrasi jadi buyar atau bahkan ketiduran.
Oleh karena itu, tetaplah belajar di meja dan pakai kursi yang nyaman untuk belajar. Pastikan kursi memiliki sandaran agar tidak pegal seharian di depan laptop. Lengkapi area kerja dengan dekorasi yang membuat nyaman seharian duduk di sana.
ADVERTISEMENT

Laptop atau tablet

Belajar dari rumah tentu menuntut siswa dan mahasiswa untuk memiliki perlengkapan elektronik seperti laptop atau tablet untuk menunjang aktivitas kelas online. Kamu perlu memastikan laptop atau tablet bekerja dengan baik dan tidak lemot saat digunakan untuk belajar online.
Laptop memang lebih bertenaga dari sisi performa. Tapi tablet juga tak bisa dipandang sebelah mata, karena kini sudah banyak aplikasi yang dioptimalkan agar berjalan lancar di tablet.

Alat tulis

Kalau biasanya di sekolah atau kampus pelajar bisa saling pinjam meminjam alat tulis, beda ceritanya kalau belajar dari rumah. Meski semua aktivitas dilakukan secara online, siswa tetap harus menyiapkan peralatan tulis seperti pensil, pulpen, buku catatan dan sebagainya agar bisa lebih fokus.
Starter Pack Belajar dari Rumah: Peralatan Wajib Supaya Belajar Makin Nyaman (82105)
Ilustrasi meja belajar untuk belajar dan bekerja dari rumah Foto: Shuutterstock
ADVERTISEMENT

Cairan pembersih laptop

Selama semua orang melakukan kegiatan belajar dan bekerja di rumah, tidak menutup kemungkinan perangkat laptop harus digunakan secara bergantian. Nah, untuk meminimalkan resiko perpindahan bakteri dari satu pengguna ke pengguna lain, ada baiknya untuk secara rutin membersihkan laptop.
Sebelum memakai laptop, ada baiknya selalu menggunakan hand sanitizer agar tidak meninggalkan bakteri atau virus di perangkat yang digunakan bersama-sama. Begitu pula setelah selesai menggunakannya.

Modem

Belajar online artinya belajar lewat media virtual yang membutuhkan koneksi internet. Agar proses belajar online jadi lebih maksimal dan tidak terganggu, harus dipastikan jaringan internet yang stabil.
Buat yang di rumahnya tidak tersedia jaringan Wi-Fi, kamu bisa mengakalinya dengan membeli modem broadband yang pembayarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Nilai tambahan lainnya ialah pemasangan modem broadband tidak ribet harus dengan memanggil teknisi ke rumah. Modem broadband bentuknya portabel, sehingga bisa digunakan dengan mudah di manapun dan kapanpun.
ADVERTISEMENT

Pulsa dan kuota internet

Setelah modem dibeli, jangan lupa untuk membeli pulsa dan kuota internet. Kuota internet ini bisa dimasukkan untuk modem atau smartphone supaya bisa tethering ke perangkat laptop dan tablet. Kalau pakai kuota internet untuk smartphone, ada baiknya pilih paket yang unlimited agar lebih hemat.
Sementara kuota internet untuk modem, biasanya sudah disediakan oleh operator telekomunikasi dengan jumlah yang lebih besar. Hal itu karena modem sudah disesuaikan dengan penggunaannya yaitu untuk internet rumahan.
Starter Pack Belajar dari Rumah: Peralatan Wajib Supaya Belajar Makin Nyaman (82106)
Ilustrasi belanja online di Lazada Foto: Lazada
Perlengkapan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan aktivitas belajar dari rumah ternyata tidak murah, ya. Tapi, tidak perlu khawatir, karena para orang tua bahkan kamu sendiri bisa membeli semua kebutuhan belajar bahkan bekerja dari rumah di kanal Murah Nampol yang bisa diakses melalui aplikasi Lazada. Kanal Murah Nampol menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan potongan harga besar-besaran dari merchant-merchant terpercaya.
ADVERTISEMENT
Kita tinggal masuk ke kanal Murah Nampol di aplikasi Lazada (pastikan kamu selalu update aplikasi Lazada kamu ya!). Tidak sulit menemukan produk yang dijual dengan harga rendah, karena Lazada menyediakan satu kanal khusus yang bisa ditemukan di home atau beranda aplikasi. Sekali sentuh, kamu langsung dibawa ke laman barang-barang yang dijual super murah.
Menariknya, Lazada menyediakan mesin pencari di Murah Nampol agar kamu tidak capek cari-cari barang incaran yang didiskon. Cukup tuliskan produk yang ingin kamu beli di kolom pencarian produk di bagian atas jendela aplikasi. Setelah proses pencarian selesai, muncul opsi “Tampilkan Produk Murah Saja”. Jika kamu klik opsi itu, aplikasi akan menyaring produk-produk dengan harga yang sudah didiskon oleh merchant.
ADVERTISEMENT
Setelah menemukan barang yang diincar, jangan langsung buru-buru checkout. E-commerce biasanya kasih berbagai voucher menarik untuk potongan harga tambahan. Seperti di Lazada, kamu juga bisa memakai voucher belanja yang tersedia untuk pembelian produk-produk Murah Nampol. Besaran voucher bermacam-macam, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 100.000 atau ada juga potongan harga 20 persen. Dengan begitu, potongan harga semakin besar dan belanja online makin hemat.
Selamat belanja!