kumparan
12 Apr 2019 20:08 WIB

Strategi Baru Huawei di Indonesia: Buka Toko Premium untuk Jual Ponsel

Smartphone Huawei P30 Pro. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Setelah sekian lama tampak 'malu-malu', Huawei mulai menunjukkan keseriusannya terhadap pasar smartphone di Indonesia. Pada 2019 ini, brand smartphone asal China itu memiliki strategi baru untuk mendekatkan produknya kepada masyarakat Indonesia.
ADVERTISEMENT
Untuk pertama kalinya, Huawei menghadirkan toko premium di Indonesia yang dinamakan Huawei High-end Experience Shop. Toko premium pertama itu berlokasi di lantai 3, Mal Taman Anggrek, Jakarta.
Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng, mengatakan hadirnya Huawei High-end Experience Shop merupakan bagian dari strategi baru Huawei untuk meningkatkan potensi pasar smartphone di Indonesia. Selain itu, juga untuk menunjukkan eksistensi Huawei di pasar Tanah Air.
"High-end store ini adalah salah satu bagian dari strategi baru kami untuk lebih mendekatkan produk-produk dari Huawei. Kita punya banyak perangkat tidak hanya smartphone tetapi ada yang lainnya, seperti Huawei Band, smartwatch, sampai laptop. Tetapi akan lebih banyak produk smartphone," ujar Seng, saat ditemui usai acara peresmian Huawei High-end Experience Shop di Jakarta, Jumat (12/4).
Suasana Pembukaan Huawei High-end Experience Shop di Jakarta. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
ADVERTISEMENT
Selain menawarkan produk, Huawei High-end Experience Shop juga terdapat layanan purna jual. Konsumen bisa datang untuk service dan mengklaim garansi dari perangkat Huawei.
Lo Khing Seng menjelaskan alasan kenapa menghadirkan konsep toko premium dibandingkan dengan toko biasa. Menurutnya, konsep tersebut sesuai dengan strategi Huawei yang ingin lebih dikenal sebagai brand smartphone premium yang lebih mengedepankan inovasi.
"Kami ingin dikenal sebagai produsen smartphone premium karena banyak produk kami yang memiliki banyak inovasi dari segi teknologi. Dulu kita selalu mengikuti pasar Indonesia di entry level, sekarang berubah kita fokus di kelas middle-up," terangnya.
Lebih lanjut, ia menjelaskan salah satu alasan Huawei berpindah kelas adalah untuk mengembangkan potensi pasar yang baru. Huawei sudah mulai meninggalkan kelas smartphone di bawah Rp 2,5 juta.
Suasana Pembukaan Huawei High-end Experience Shop di Jakarta. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
ADVERTISEMENT
Berubahnya pandangan Huawei menjadi brand smartphone premium akan membawa dampak yang baik bagi masyarakat Indonesia pencinta produk mereka. Khing Seng memastikan Indonesia akan menjadi bagian dari negara yang akan selalu menerima produk-produk premium Huawei.
"Supaya bisa menjalankan strategi kami tadi, menjadi tugas kita untuk selalu membawa masuk produk-produk high-end dari Huawei," tuturnya.
Keseriusan Huawei terhadap pasar Indonesia mulai terlihat ketika mereka tak lagi membutuhkan waktu lama untuk memboyong smartphone flagship anyarnya P30 dan P30 Pro ke Indonesia. Sebelumnya, Huawei dikenal selalu terlambat dalam meluncurkan smartphone premium terbarunya ke Indonesia.
Dapatkah strategi baru Huawei ini membawa mereka merangsek ke posisi lima besar brand smartphone terlaris di Indonesia?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan