Tekno & Sains
·
7 April 2021 14:02

Tampilan Google Play Store Berubah, di Mana Menu Update Aplikasi dan Game?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tampilan Google Play Store Berubah, di Mana Menu Update Aplikasi dan Game? (439708)
Ilustrasi Google Play store, layanan resmi pengunduh aplikasi. Foto: Shutter Stock
Sejumlah pengguna Android dilaporkan kebingungan dengan perubahan desain toko aplikasi, Google Play Store. Meski perubahan terlihat minor, tapi banyak pengguna Android bingung di mana menu untuk update aplikasi dan game yang letaknya tak biasa.
ADVERTISEMENT
Google memang mengubah tata letak menu di Google Play Store. Menu yang biasa berisi update software hingga pengaturan atau Settings, dibuka dengan ikon hamburger atau garis tiga di sebelah kiri atas, kini tidak bisa lagi.
Tampilan Google Play Store Berubah, di Mana Menu Update Aplikasi dan Game? (439709)
Tampilan menu baru di Google Play Store. Foto: Screenshot dari Google Play Store
Bagi pengguna Android yang sudah update aplikasi Google Play Store, akan menemui perubahan. Di mana menu untuk update software hingga Settings, kini berada di ikon foto profil yang berada di kanan atas layar. Perubahan ini sudah mulai digulirkan untuk pengguna Android 10 ke atas dan akan tiba di sistem operasi yang lebih lawas.
Kebingungan ini rupanya juga sempat dibahas beberapa netizen yang di media sosial Twitter, akibat perubahan letak menu update software di Google Play Store. Seperti akun @watlslamet yang kaget dengan perubahan UI (user interface) Google Play Store dan butuh penyesuaian untuk menggunakannya.
Tampilan Google Play Store Berubah, di Mana Menu Update Aplikasi dan Game? (439710)
Beda tampilan menu baru (kiri) dan lama (kanan) di Google Play Store. Foto: Screenshot dari Google Play Store
Beda lagi dengan akun @patelIn01 yang mengungkap perubahan tersebut mengganggunya sebagai pengguna Android dengan tangan kidal. Pembaruan desain Google Play Store membuatnya butuh effort untuk membuka menu yang baru.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan Android Police, rupanya Google sudah menguji coba tampilan desain baru Play Store sejak bulan Februari 2021. Tampilan baru tersebut membuat wajah toko aplikasi Google tersebut lebih segar dan minimalis.
Menu Play Store di desain baru, kini terbagi menjadi 4 submenu, yaitu General, User Controls, Family, dan About. Mungkin diperlukan langkah tambahan untuk mengakses menu baru dan mencari apa yang butuhkan, tetapi hierarki yang jelas masih dapat mempermudah untuk menemukan opsi yang diinginkan.