kumparan
10 Oktober 2019 20:24

Telkomsel Rilis By.U, Bisa Pilih Paket Data dan Pulsa Sesuka Hati

Telkomsel Rilis Aplikasi By.U
Telkomsel remi meluncurkan layanan By.U. Foto: Aditya Panji/kumparan
Telkomsel menghadirkan layanan seluler berbasis digital end-to-end untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi bagi gen Z Indonesia. Layanan ini dihadirkan dengan merek by.U yang memungkinkan pelanggan untuk membeli paket data dan pulsa sesuai kebutuhan.
ADVERTISEMENT
Biasanya, perusahaan telekomunikasi menyediakan pilihan paket data internet dan seluler dengan harga yang berbeda-beda. Meskipun sudah dikostumisasi sedemikian rupa, Telkomsel merasa hal itu tidak menjadi jalan keluar bagi kebutuhan milenial dan Gen Z yang sangat beragam.
Oleh karenanya, Telkomsel memutar mindset tersebut, dengan fitur yang memungkinkan pelanggan memilih paket sesuai keinginan mereka. Di sini, paket data, pulsa, maupun paket data tambahan untuk mengakses aplikasi tertentu, bisa dipilih sendiri oleh pelanggan melalui aplikasi mobile By.U. Enggak cuma itu, nomor pada SIM card By.U juga dapat dipilih sendiri oleh pelanggan lewat aplikasi.
Telkomsel Rilis Aplikasi By.U
Telkomsel remi meluncurkan layanan By.U. Foto: Aditya Panji/kumparan
Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan bahwa ini menjadi salah satu upaya rebranding Telkomsel yang sudah 24 tahun melayani kebutuhan telekomunikasi. Dengan adanya by.U, Emma mengklaim Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi pertama yang menjadi ‘first digital prepaid telco company’.
ADVERTISEMENT
“Kita listening to the voice of customer. Kita address semua masalah dengan produk ini. Ini sangat mengerti customer sangat digital savvy. Generasi milenial sangat tidak mau bergantung dengan orang, tidak mau diatur. Saya yang ingin menentukan kebutuhan saya, dan saya yang choosing,” ujar Emma dalam peluncuran aplikasi by.U Kamis (10/10).
Telkomsel Rilis Aplikasi By.U
Emma Sri Martini, Direktur Utama Telkomsel. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Dengan aplikasi by.U, pengguna bisa membeli layanan seluler dan paket data internet layaknya membeli pizza. Mereka bisa memilih besaran paket data internet yang bisa dipakai selama 24 jam, pulsa reguler, hingga tambahan kuota internet untuk mengakses aplikasi populer seperti Instagram, YouTube, Facebook dan aplikasi lainnya. Tambahan kuota untuk aplikasi tertentu ini disebut Telkomsel dengan istilah topping.
Berikut ini tiga pilihan kuota utama:
ADVERTISEMENT
-Yang Bikin Nyaman: 2 GB/3 hari harga Rp 9.000
-Yang Bikin Happy: 4 GB/7 hari harga Rp 20.000
-Yang Bikin Nagih: 10 GB/30 hari harga Rp 50.000
Telkomsel Rilis Aplikasi By.U
Telkomsel remi meluncurkan layanan By.U. Foto: Aditya Panji/kumparan
Berikut pilihan kuota Topping:
-Instagram: 3GB/30 hari harga Rp 12.500
-YouTube: 3GB/30 hari harga Rp 12.500
-WhatsApp: 2GB/30 hari harga Rp 8.500
-Facebook: 2GB/30 hari harga Rp 8.500
-Spotify: 2GB/30 hari harga Rp 8.500
-Joox: 2GB/30 hari harga Rp 8.500
Telkomsel Rilis Aplikasi By.U
Telkomsel resmi meluncurkan layanan By.U. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Cara Pakai By.U
Untuk menikmati kemudahan itu, pelanggan harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi By.U di Android, dan akan segera hadir di iPhone. Setelah memilih paket data, pulsa, atau topping, pelanggan diminta untuk membayar harga total paket itu dengan metode pembayaran digital. Bisa pakai LinkAja, GoPay, Virtual Account, dan kartu kredit.
ADVERTISEMENT
Kemudian, pelanggan akan disuguhkan lima pilihan rangkaian nomor ponsel. Pelanggan bisa memilih nomor yang mereka sukai. Jika tidak ada satupun nomor yang menarik, aplikasi akan secara otomatis me-refresh nomor tersebut dan memberikan lima pilihan nomor lain dalam waktu 5 menit.
Telkomsel Rilis Aplikasi By.U
Telkomsel resmi meluncurkan layanan baru By.U. Foto: Aditya Panji/kumparan
Telkomsel kemudian menanyakan pelanggan terkait cara memperoleh SIM Card yang bisa dikirim ke rumah atau diambil ke lokasi tertentu. Telkomsel memberi pengiriman gratis lewat JNE.
“Kita akan ada di seluruh Indonesia tapi saat ini kita mau menjaga layanan terbaik terlebih dahulu. Kita mau fokus di beberapa kota agar maksimal, agar kita bisa kontrol distribusinya. Ini awal dari perjalanan kami. Kita harus memastikan JNE bisa mengantar dengan on time,” kata Director Planning & Transformation Telkomsel Edward Ying.
Telkomsel Rilis Aplikasi By.U
Telkomsel resmi meluncurkan layanan By.U. Foto: Aditya Panji/kumparan
Berikut daftar kota dan universitas yang sudah tersedia layanan by.U:
ADVERTISEMENT
Kota
Kota Bogor
Kota Depok
Kab Bogor
Kota Sukabumi
Kabupaten Sukabumi
Kota Cianjur
Kabupaten Cianjur
Kampus
Universitas Indonesia
Universitas Padjajaran Jatinangor
Institut Pertanian Bogor
Universitas Gadjah Mada
Institut Teknologi 10 November
Universitas Brawijaya
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan