kumparan
25 Februari 2019 18:33

Tidak Semua Smartphone Oppo Pakai Kamera Zoom 10x

Video
Oppo telah resmi memperkenalkan teknologi kamera terbarunya yang dinamakan 10x lossless zoom di ajang pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol. Inovasi ini membuat pabrikan China itu menjadi yang pertama mengenalkan teknologi kamera zoom 10x pada smartphone.
ADVERTISEMENT
10x lossless zoom adalah teknologi terbaru Oppo untuk kamera belakang dengan sistem zoom optik yang sebenarnya. Fitur ini membuat pengguna bisa melakukan banyak hal. Ia bisa melakukan foto zoom. Mengakomodir gambar luas karena ada lensa ultra-wide. Dan, bisa juga mengambil gambar dengan kualitas tinggi karena salah satu kameranya dibekali resolusi 48 megapixel.
Pada kuartal kedua 2019 ini, Oppo berjanji untuk memproduksi dan menjual smartphone dengan kemampuan kamera zoom 10x itu sekitar bulan April sampai Juni mendatang.
Smartphone prototype Oppo yang dibekali fitur 10x lossless zoom
Smartphone prototype Oppo yang dibekali fitur 10x lossless zoom. Foto: Aditya Panji/kumparan
Sayang, Oppo tidak menjelaskan secara detail smartphone seri apa saja yang akan menyematkan teknologi kamera 10x lossless zoom. Product Manager Oppo Chuck Wang hanya menjelaskan bahwa tidak semua seri smartphone Oppo nantinya akan menggunakan inovasi ini.
ADVERTISEMENT
"Kami akan sesuaikan implementasi teknologi 10x lossless zoom ini dengan permintaan pasar. Setiap negara punya permintaan dan pasar yang berbeda, jadi kami akan sesuaikan dengan itu," katanya dalam sesi wawancara dengan media di Barcelona, Spanyol, Minggu (24/2).
Saat ini Oppo memiliki berbagai seri smartphone yang masing-masing memiliki keunggulan dan segmen pasar yang juga berbeda-beda. Seri smartphone Oppo yang sudah beredar di pasar di antaranya seri F, seri R, dan seri Find.
Smartphone prototype Oppo yang dibekali fitur 10x lossless zoom
Smartphone prototype Oppo yang dibekali fitur 10x lossless zoom. Foto: Aditya Panji/kumparan
Pengaplikasian teknologi 10x lossless zoom nantinya akan memakai konfigurasi tiga kamera belakang secara vertikal. Kamera utama, yang berada di urutan teratas, memakai sensor berukuran 48 megapixel. Lalu, pada kamera kedua di tengah, memakai lensa sudut pandang lebar atau ultra wide angle, yang bisa merekam gambar 120 derajat.
ADVERTISEMENT
Sementara, kamera yang ketiga adalah kamera dengan lensa telephoto untuk meningkatkan fokus yang lebih akurat. Kamera yang berada di paling bawah ini punya wujud yang unik. Ia berwujud kotak, tidak seperti dua kamera lainnya yang berwujud bulat.
Dari ketiga kamera itu, Wang berkata Oppo memakai Optical Image Stabilization (OIS) pada kamera utama dan kamera yang pakai lensa telephoto. Fungsinya untuk meredam guncangan saat pengambilan gambar zoom, baik foto maupun video dan hasil akan semakin baik.
Peluncuran produk Oppo Smartphone
Acara peluncuran produk Oppo, Smartphone dengan teknologi kamera 10x zoom Foto: Aditya Panji/kumparan
kumparan sempat menjajal perangkat smartphone prototype Oppo yang berteknologi 10x lossless zoom di Oppo Innovation Event yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, pada Sabtu (23/2) lalu.
Mengoperasikannya cukup mudah dengan aplikasi kamera bawaan yang dipakai untuk mengendalikan zoom hingga 10 kali. Ada kejutan lain, yang ternyata perangkat prototype ini juga mampu melakukan zoom hingga 20x.
ADVERTISEMENT
Sayang, uji coba kami tidak dapat mengetes kemampuan rekaman video karena pilihan itu memang tidak ada di aplikasi kamera pada perangkat prototype.
Penasaran bagaimana produk final dari smartphone berteknologi 10x lossless zoom ini, mari kita tunggu informasi selanjutnya dari Oppo.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan