kumparan
16 April 2018 16:51

Tokopedia Mulai Pakai WhatsApp Business untuk Notifikasi Transaksi

Tokopedia
Perusahaan E-commerce anggota idEA, Tokopedia. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Perusahaan e-commerce marketplace Tokopedia mulai memanfaatkan platform WhatsApp Business untuk mengirim notifikasi kepada pengguna atas transaksi yang sukses dilakukan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pantauan, pengiriman notifikasi lewat WhatsApp ini mulai dilakukan Tokopedia sejak April 2018. Perusahaan memakai nama akun bisnis "Tokopedia" dan nomor yang dipakai adalah +62-878-8178-2009.
Dalam pesan notifikasi yang dikirim, aplikasi WhatsApp pengguna secara otomatis memberi tahu bahwa pesan tersebut dikirim oleh akun bisnis Tokopedia yang terverifikasi.
Notifikasi Tokopedia di WA Business (NOT COVER)
Notifikasi Tokopedia di WhatsApp Business. (Foto: Aditya Panji/kumparan)
Tokopedia mengatakan kepada kumparan (kumparan.com), dasar inovasi mereka melakukan hal ini adalah memberi kemudahan, kenyamanan, dan pilihan kepada pengguna dalam menerima notifikasi. Startup yang dipimpin William Tanuwijaya itu mengaku telah memikirkan aspek keamanan dalam hal notifikasi via WhatsApp.
Langkah ini sebenarnya adalah pelengkap atas notifikasi yang juga dikirim Tokopedia lewat email dan SMS. Ketika pengguna sedang berada di luar negeri, kemudian mematikan jaringan seluler perangkat mobile namun terkoneksi oleh Wi-Fi, notifikasi WhatsApp ini dapat memberi tahu pengguna atas transaksi yang sukses dilakukan di Tokopedia.
ADVERTISEMENT
Akun pengguna WhatsApp sejatinya "menempel" dengan nomor seluler yang didaftarkan pengguna. Satu nomor WhatsApp ini hanya bisa aktif di satu perangkat ponsel atau tablet.
Apa itu WhatsApp Business?
Sementara WhatsApp Business adalah aplikasi mandiri yang dibikin oleh WhatsApp guna mendukung kegiatan bisnis para penggunanya. Ia diuji coba mulai September 2017, dan dirilis versi finalnya pada Januari 2018.
Perbedaan mendasar WhatsApp Business, terletak pada profil bisnisnya. Aplikasi ini akan meminta pengguna memasukkan nama akun bisnis, dan di kemudian hari, nama akun bisnis ini tidak dapat diubah lagi.
WhatsApp Business
Aplikasi WhatsApp Business. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Kelebihan lain dari WhatsApp Business adalah ia memiliki fitur membalas pesan otomatis (chatbot) secara cepat, setelah diatur lebih dulu oleh pengguna. Ia juga memiliki fitur analisis data interaksi pelanggan di aplikasi WhatsApp.
ADVERTISEMENT
WhatsApp sendiri bakal mencari uang dari layanan WhatsApp Business dari para pengguna yang ingin membuka sejumlah fitur tambahan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan