kumparan
16 Februari 2020 20:44

Twitter Punya Filter Baru untuk Hapus Foto Bugil di DM

POTRAIT, Ilustrasi main Twitter
Ilustrasi main Twitter. Foto: Pixabay
Beberapa pengguna media sosial, salah satunya Twitter, mengeluhkan ada orang-orang yang berlaku tidak senonoh lewat Direct Message (DM). Orang-orang itu tiba-tiba mengirimkan foto bugilnya walau sebenarnya baru kenal atau malah tidak kenal sama sekali.
ADVERTISEMENT
Kini, Twitter punya filter baru di platform-nya untuk mencegah pengguna menerima foto-foto bugil semacam itu. Sebuah plugin bernama 'Safe DM' dari Twitter hadir dengan fungsi untuk memblokir dan menghapus foto penis yang dikirim lewat DM, seperti dilaporkan BBC.
Developer Kelsey Bressler menjadi sosok yang mengembangkan plugin tersebut. Ia mendapatkan ide untuk membuat plugin ini setelah tiba-tiba menerima foto bugil dari seorang pria.
Bressler mengatakan para penyedia layanan media sosial seharusnya bisa melakukan lebih banyak tindakan untuk menjamin keamanan pengguna dari aksi semacam ini. Saat ini, filter Safe DM itu masih dalam tahap awal pengembangan untuk dibawa ke platform besar lainnya.
"Kami ingin membawa filter ini ke platform media sosial lain dan membicarakan apa langkah selanjutnya," ujar Bressler, kepada BBC.
ADVERTISEMENT
Untuk mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang bisa mendeteksi foto bugil yang dimaksud, Bressler meminta kepada publik untuk mengirimkan foto penis kepada dirinya pada September lalu.
Ilustrasi Twitter
Ilustrasi Twitter. Foto: REUTERS/Kacper Pempel
"Saya sedang menguji filter yang sedang dikembangkan yang akan secara otomatis mendeteksi foto penis di DM dan mengatasinya," kata Bressler.
Kemudian, ia mengaku menerima lebih dari 4.000 foto. Tim Safe DM mengklaim filter-nya bekerja 99 persen ampuh menangkal foto penis di DM Twitter.
Bagi pengguna yang ingin menggunakan filter ini, maka harus menginstal plugin Safe DM terlebih dahulu ke dalam akun Twitter-nya. Untuk memasukkannya ke plugin Twitter, kamu harus mengizinkan akses DM kepada Safe DM.
Software Safe DM akan memindai foto-foto yang dikirimkan lewat DM. Apabila terdeteksi ada foto yang tidak pantas, maka akan langsung dihapus.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan