Tekno & Sains
·
3 Desember 2020 11:58

Vendor HP China Pastikan Pakai Snapdragon 888, Bagaimana dengan Samsung?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Vendor HP China Pastikan Pakai Snapdragon 888, Bagaimana dengan Samsung? (40966)
searchPerbesar
Qualcomm Snapdragon 888. Foto: Qualcomm
Perusahaan chipset Qualcomm baru saja memperkenalkan prosesor flagship teranyar mereka, Snapdragon 888, pada Selasa (1/12). Tak berselang lama setelah pengumuman prosesor tersebut, sejumlah vendor handphone (HP) asal China langsung berbondong-bondong mengkonfirmasi bahwa mereka akan menyertakan Snapdragon 888 untuk smartphone andalan mereka tahun depan.
ADVERTISEMENT
Setidaknya, sudah ada tiga produsen HP China yang mantap bakal memakai prosesor Snapdragon 888 untuk flagship mereka tahun depan. Ketiganya adalah Xiaomi, Realme, dan Oppo.
Xiaomi, misalnya, langsung mengkonfirmasi bahwa Mi 11 mereka akan dibekali dengan chip baru tersebut. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh perusahaan melalui kicauan akun Twitter mereka, setelah Snapdragon 888 diperkenalkan.
Pengumuman yang disampaikan Xiaomi memang tidak mengagetkan. Mereka memang telah menggunakan lini chipset flagship Snapdragon 8-Series pada jajaran Mi 10 yang mereka rilis tahun ini.
Seperti Xiaomi, Realme juga diketahui akan menyematkan Snapdragon 888 di dalam smartphone andalannya pada tahun depan.
Sebenarnya, masih sedikit yang diketahui soal smartphone “Race” dari Realme ini. Namun, seperti yang dilaporkan XDA Developer, Realme telah membagikan render dan screenshot spesifikasi ponsel tersebut yang menampilkan prosesor yang dipakai, sistem operasi Realme UI 2.0 berdasarkan Android 11, RAM 12GB, penyimpanan 256 GB, dan diluncurkan dengan nama model RMX2202.
ADVERTISEMENT
Selain Xiaomi dan Realme, Oppo juga memastikan lini smartphone flagship mereka berikutnya juga akan memakai Snapdragon 888. Chief 5G Scientist Oppo, Henry Tang, secara blak-blakan bilang Oppo Find X berikutnya akan dibekali prosesor tersebut.
Baik Oppo, Xiaomi, maupun Realme sebenarnya hanya merepresentasikan sejumlah vendor yang bakal memakai Snapdragon 888. Dalam keterangan resminya, Qualcomm menyebut Asus, Black Shark, Lenovo, LG, Meizu, Motorola, Nubia, OnePlus, Sharp, Vivo, dan ZTE juga masuk ke dalam ekosistem Snapdragon 888.
Menariknya, dari nama-nama perusahaan HP yang bekerja sama dengan Qualcomm untuk Snapdragon 888, tak ada Samsung. Hal ini pun menimbulkan dugaan sejumlah media bahwa produsen smartphone asal Korea Selatan itu tak lagi akan memakai prosesor flagship Qualcomm untuk jajaran HP high-end mereka.
ADVERTISEMENT
Samsung sendiri dalam beberapa tahun terakhir sedang mengembangkan prosesor Exynos buatan mereka sendiri. Pada November 2020 lalu, misalnya, Samsung baru saja merilis Exynos 1080 yang menurut laporan GSM Arena punya kemampuan sedikit lebih baik ketimbang Snapdragon 865 yang jadi andalan berbagai HP flagship keluaran tahun 2020.
Sebagai komparasi, sebuah HP dengan nama kode “Orion” yang dibekali Exynos 1080 punya skor AnTuTu sebesar 693.600. Angka tersebut jauh mengungguli Asus ROG Phone 3 12 GB/512 GB, yang saat ini jadi HP tercepat versi AnTuTu dengan skor “hanya” 642.671. Menariknya, Exynos 1080 sebenarnya hanyalah prosesor yang ditujukan untuk segmen HP kelas menengah ke atas, bukan flagship.
Vendor HP China Pastikan Pakai Snapdragon 888, Bagaimana dengan Samsung? (40967)
searchPerbesar
Logo Samsung. Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Sebagian jajaran HP flagship Galaxy S21, yang bakal rilis tahun depan sendiri diperkirakan, akan memakai Exynos 2100. Menengok kemampuan Exynos 1080 itu, leaker smartphone ternama Ice Universe pun yakin kalau Exynos 2100 akan punya kinerja yang lebih baik ketimbang Snapdragon 888.
ADVERTISEMENT
Samsung sendiri biasanya merilis HP flagship mereka dengan dua varian prosesor. Varian pertama memakai prosesor Qualcomm Snapdragon yang biasanya ditujukan untuk pasar AS, sedangkan versi lainnya mengandalkan Exynos bikinan Samsung yang ditujukan untuk pasar global.
Tidak adanya Samsung dalam daftar partner vendor HP yang akan memakai Snapdragon 888 sendiri cukup membingungkan. Sebab, Qualcomm Snapdragon 888 sendiri sebenarnya diproduksi oleh divisi manufaktur Samsung Electronics.
Samsung sendiri sampai saat ini belum mengungkap prosesor yang akan mereka pakai untuk HP flagship mereka tahun depan. Adapun Qualcomm tak bicara banyak soal isu ini.
“Mengenai pilihan mereka, kami tak bisa berkomentar tentang apa yang dilakukan Samsung,” kata Senior Vice President and General Manager, Mobile, Compute, and Infrastructure Qualcomm Technologies, Alex Katouzian, dalam sesi wawancara Snapdragon Tech Summit 2020, Rabu (2/12).
Vendor HP China Pastikan Pakai Snapdragon 888, Bagaimana dengan Samsung? (40968)
searchPerbesar
Qualcomm Snapdragon 888. Foto: Qualcomm
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020