Tekno & Sains
·
30 Maret 2020 19:11

Video Conference Pakai Zoom, Google Meet, Skype, Siapa Paling Hemat Kuota?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Video Conference Pakai Zoom, Google Meet, Skype, Siapa Paling Hemat Kuota? (102621)
Cara ganti background virtual video conference Zoom Foto: Zoom
Ada empat aplikasi paling populer untuk melakukan video conference di tengah imbauan belajar dari rumah dan bekerja dari rumah (Word from Home/WFH). Keempat aplikasi itu adalah Zoom, Skype, Google Hangout atau Meet, dan WebEx.
ADVERTISEMENT
Keempat aplikasi itu membutuhkan bandwidth yang berbeda-beda, sesuai dengan fitur dan kapabilitas yang ditawarkan.
Operator seluler Hutchison Tri Indonesia melakukan pengujian terbatas pemakaian bandwidth pada empat aplikasi tersebut. Pengujian ini dilakukan dengan cara melakukan telekonferensi video selama 30 menit dan diikuti oleh 5 partisipan, dan memanfaatkan jaringan internet Tri. Namun, di sini Tri tidak menjelaskan secara rinci perangkat macam apa yang mereka gunakan dalam pengujian.
Hasilnya, ternyata Zoom dinilai oleh Tri sebagai aplikasi video conference paling hemat bandwidth yang berarti paling bisa menghemat konsumsi data saat melakukan telekonferensi, dibandingkan dengan Skype dan Google Hangouts Meet.
Video Conference Pakai Zoom, Google Meet, Skype, Siapa Paling Hemat Kuota? (102622)
Kebutuhan bandwidth Zoom, Skype, Google Hangout Meet, dan WebEx. Foto: Dok. Tri Indonesia
Menurut Tri, bandwidth yang kecil membutuhkan data yang kecil juga, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk telekonferensi. Sementara aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik. Kebutuhan bandwidth setiap aplikasi dapat bervariasi pula tergantung dari perangkat elektronik yang digunakan.
ADVERTISEMENT
Tri mengatakan akses internet terhadap 4 aplikasi video conference ini meningkat 693 persen dibandingkan dua pekan sebelumnya, ketika belum ada imbauan WFH dari pemerintah.
Tim teknis Tri menjelaskan mereka terus memantau jaringan untuk memastikan koneksinya stabil demi mendukung kegiatan belajar dan bekerja di rumah.
"Didukung dengan jaringan 4.5G Pro yang kini 8x lebih cepat dari ketika jaringan 4G pertama kali diperkenalkan, kami berupaya untuk memastikan pengguna 3 Indonesia dapat mengadakan diskusi online maupun rapat tatap muka secara virtual dengan nyaman,” ungkap Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia.
Video Conference Pakai Zoom, Google Meet, Skype, Siapa Paling Hemat Kuota? (102623)
Google Hangouts Meet. Foto: Google
Pada momen ini pula, Tri memberikan kuota unlimited pada jam 01.00 sampai 17.00 untuk mengakses aplikasi yang menunjang kegiatan belajar dan bekerja di rumah. Aplikasi yang didukung adalah Skype, Zoom, WebEx, Google Hangout, aplikasi e-learning Edmodo, Ruangguru, Quipper, Zenius, Google Classroom, media sosial, hingga berbagai aplikasi hiburan.
ADVERTISEMENT