Tekno & Sains24 April 2018 9:50

Video Pertama di YouTube Kini Berusia 13 Tahun

Konten Redaksi kumparan
Video Pertama di YouTube Kini Berusia 13 Tahun (10836)
Video pertama di YouTube. (Foto: Jawed Karim via YouTube)
YouTube kini telah menjadi salah satu platform berbagi video terbesar dengan beragam konten kreatif yang menarik. Tapi tahukah kamu video apa yang pertama di-upload di platform tersebut?
ADVERTISEMENT
13 tahun yang lalu, tepatnya Senin 23 April 2005, salah satu pendiri YouTube, Jawed Karim mengunggah video berdurasi 18 detik. Video ini diunggahnya ke situs YouTube, setelah nama domain www.youtube.com mulai aktif per 14 Februari 2005.
Video yang berjudul 'Me at the zoo' itu memperlihatkan Jawed Karim berdiri di depan dua gajah dan berkata, "Hal yang menarik dari makhluk ini adalah mereka benar-benar memiliki belalai sangat panjang, dan itu keren.”
Video
Kolom deksripsi tidak dijelaskan di mana video itu dibuat, dan hanya bertuliskan, "Video pertama di YouTube. Mungkin sudah waktunya untuk kembali ke kebun binatang? Nama musik yang diputar di latar belakang adalah Darude - Sandstorm."
Video 'Me at the zoo' juga merupakan video satu-satunya yang diunggah di channel Karim sejak ia mendirikan YouTube.
ADVERTISEMENT
Jika dilihat kembali, video yang kini sudah dilihat sebanyak 48 juta lebih itu mungkin akan sangat membosankan. Berbeda dengan kondisi YouTube saat ini yang banyak sekali konten-konten video lebih keren dan kreatif dari video pertama tersebut.
Video Pertama di YouTube Kini Berusia 13 Tahun (10837)
Aplikasi YouTube. (Foto: Freestock.org)
YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Kantor pertama YouTube berlokasi di atas sebuah restoran Jepang di San Mateo, California, Amerika Serikat.
Pada November 2006, YouTube dibeli Google dengan mahar 1,65 miliar dolar AS dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan raksasa internet Google (sekarang Alphabet).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white