Tekno & Sains
·
27 September 2020 9:05

Viral Kritik Iklan YouTube Vivo V20 di Indonesia: Plagiat Lagu Musisi Norwegia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral Kritik Iklan YouTube Vivo V20 di Indonesia: Plagiat Lagu Musisi Norwegia? (48270)
Logo ponsel pintar Vivo. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Musisi Norwegia, Anna of the North, menuding Vivo Indonesia 'mencuri' lagu miliknya guna kebutuhan musik latar pada iklan video komersial yang tayang di YouTube. Iklan video itu mempromosikan smartphone Vivo V20 Series yang dibintangi oleh aktris sekaligus penyanyi Maudy Ayunda.
ADVERTISEMENT
Anna of the North melontarkan tudingan itu di akun Instagram. Dalam unggahan, ia juga menyematkan caption demikian:

"Ekspresi wajahku ketika seseorang mencuri laguku, menggunakannya dalam iklan besar dan mendapatkan keuntungan tinggi tanpa memberikan saya kredit. Mereka benar-benar mencuri semuanya. Geser untuk mendengar kegilaan ini."

Berdasarkan penelusuran kumparan, lagu yang jadi backsound dalam iklan Vivo V20 Series sebenarnya tidak memakai lagu Anna of the North. Namun, iramanya mirip dengan salah satu lagunya yang berjudul 'Dream Girl'.
Video musik 'Dream Girl' diunggah setahun lalu ke akun YouTube Anna of the North, tepatnya pada 18 September 2019. Video itu kini sudah ditonton sebanyak 1,8 juta kali.
Jika didengarkan sekilas, beberapa instrumen dan melodi di dalamnya memang terdengar sangat mirip. Namun, lirik antara 'Dream Girl' dan lagu dalam iklan smartphone Vivo V20 Series jelas berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari dengar dengan saksama perbedaan lagu antara 'Dream Girl' dan iklan Vivo V20 Series:
ADVERTISEMENT
Video

Iklan Vivo V20 Series

Video
Sejauh ini, kumparan sudah mencoba menghubungi pihak Vivo Indonesia, namun belum mendapatkan jawaban.
kumparan juga telah menghubungi pihak Anna of the North, dan belum juga mendapat respons lebih lanjut. Namun, dalam postingan Instagram Stories terbaru Anna of the North, ia mengatakan piihak Vivo sudah menghubunginya melalui email. Anna tidak menyebutkan lebih lanjut perihal isi email tersebut.

Lagu Dream Girl dipakai untuk iklan iPad Pro

Lagu 'Dream Girl' dari Anna of the North punya fakta menarik lain. Lagu tersebut telah dipakai oleh Apple untuk iklan video iPad Pro yang berjudul 'Float'.
Sejumlah orang justru mengetahui lagu ini dari iklan iPad Pro. Hal itu diketahui dari sejumlah komentar yang dipublikasi oleh penonton di akun YouTube Anna of the North.
ADVERTISEMENT
Di akun Instagram, sejumlah follower membela tudingan sang musisi terhadap Vivo Indonesia. Pengguna Instagram dengan nama akun elijahahmed1005 mengatakan bahwa melodi dan instrumen musik latar video iklan itu sama persis dengan 'Dream Girl'.
Viral Kritik Iklan YouTube Vivo V20 di Indonesia: Plagiat Lagu Musisi Norwegia? (48271)
Anna of the North. Foto: Instagram @annaofthenorth
Anna of The North merespons komentar tersebut dengan "so obvious :(". Musisi Anna Perrote dari Madrid, Spanyol, mengatakan bahwa apa yang dilakukan Vivo Indonesia ini 'mengerikan'. "This is horrible," katanya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kemendikbud, plagiarisme merupakan arti lain dari penjiplakan yang melanggar hak cipta. Di Indonesia, aturan hak cipta diatur dalam UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UUHC). Musik dalam Pasal 40 UU tersebut merupakan salah satu yang masuk dalam kategori ciptaan yang dilindungi meliputi ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra.
ADVERTISEMENT