Tekno & Sains
·
15 Mei 2020 16:06

Viral Latihan Kartu Prakerja Instal Windows 10 Seharga Rp 260 Ribu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral Latihan Kartu Prakerja Instal Windows 10 Seharga Rp 260 Ribu (150952)
Logo sistem operasi Windows dari Microsoft. Foto: Shannon Stapleton/Reuters
Topik Kartu Prakerja sering menjadi perbincangan masyarakat. Kali ini yang menjadi perhatian adalah soal kursus atau pelatihan instal sistem operasi Windows 10 yang ditawarkan oleh salah satu mitra Kartu Prakerja, Pijar Mahir.
ADVERTISEMENT
Pelatihan instal Windows 10 yang ditawarkan oleh Pijar Mahir dengan harga Rp 260 ribu tersebut menjadi salah satu produk yang dapat dibeli menggunakan Kartu Prakerja. Sontak topik itu pun menjadi viral di media sosial Twitter. Sentimen negatif terhadap kursus itu pun muncul.
Banyak netizen yang mengkritik adanya kursus instal Windows 10 dengan harga Rp 260 ribu, dibandingkan dengan konten serupa yang tersedia gratis di YouTube.
"Cuman ngeklik tombol sampe ntar nyadar malah instal Windows 10 di legacy BIOS/MBR terus ga bisa buat partisi baru. But yea, kalau isinya kelas troubleshooting instalasi Windows (dan bisa banyak masalah yang bikin jengkel) masih masuk lol," salah satu netizen yang mengkritik program pelatihan tersebut.
ADVERTISEMENT
Dalam penelusuran kumparan, memang benar Pijar Mahir yang merupakan mitra Kartu Prakerja yang dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ini menyediakan pelatihan yang ramai dibicarakan dengan judul "Desktop Modern untuk Pemula: Instalasi Windows 10".
Viral Latihan Kartu Prakerja Instal Windows 10 Seharga Rp 260 Ribu (150953)
Pelatihan instalasi Windows 10 di Pijar Mahir. Foto: Dok. kumparan
Pelatihan seharga Rp 260 ribu itu dapat dibeli dengan pilihan pembayaran menggunakan saldo Kartu Prakerja. Dalam deskripsinya, kursus mencakup video pembelajaran, dokumen pembelajaran, soal dan penugasan, dan sertifikat penyelesaian.
Berikut deskripsi lengkap pelatihan instalasi Windows 10.
Kursus akan dilaksanakan di aplikasi MyEduSolve dalam bentuk pembelajaran online dan akan disediakan sertifikat di akhir kursus.
Dalam kursus ini, siswa akan belajar bagaimana mendukung tugas-tugas instalasi yang terkait dengan Windows 10. Siswa akan mengembangkan keterampilan yang mencakup mempelajari cara menginstal dan menyesuaikan sistem operasi Windows 10. Siswa juga akan belajar tentang model layanan Windows baru dan metode untuk menjaga Windows up to date. Kursus ini akan ditutup dengan tugas-tugas umum pasca instalasi.
ADVERTISEMENT
Yang Anda Pelajari:
Bersiaplah untuk menginstal Windows 10.
Instal Windows 10.
Konfigurasikan Pembaruan untuk Windows.
Lakukan tugas konfigurasi pasca pemasangan.
Prasyarat
Pemahaman dasar tentang jaringan komputer dan konsep perangkat keras.
Pemahaman dasar konsep OS dan Aplikasi.
Pengalaman menggunakan OS Windows.
Durasi kursus diperkirakan dapat diselesaikan selama: 8 (delapan) jam.
Kursus dilaksanakan: setiap saat (secara online).
Pengajar: Brian Hinkelman
Senior Content Developer @Microsoft
Brian memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang TI, bekerja sebagai Teknisi Desktop, Administrator Jaringan, Manajer TI dan Pengembang Aplikasi Web. Dalam beberapa tahun terakhir, ia telah bekerja sebagai insinyur pra-penjualan di ruang perusahaan, dan sebelumnya merupakan Microsoft Datacenter TSP. Brian sekarang mengelola trek Desktop Modern di Microsoft Worldwide Learning.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan konten serupa di YouTube? Hasil pencarian dengan kata kunci "instalasi windows 10" pun banyak ditemukan. Berbagai video tutorial instal windows 10 tersedia lengkap, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris.
Perlu diketahui total dana untuk program Kartu Prakerja sebesar Rp 20 triliun, yang dibagi bantuan insentif langsung dan kredit pelatihan. Dana bantuan insentif langsung sebesar Rp 14,28 triliun dan kredit pelatihan sebesar 5,6 triliun.
Viral Latihan Kartu Prakerja Instal Windows 10 Seharga Rp 260 Ribu (150954)
Pelatihan instalasi Windows 10 di YouTube. Foto: Dok. kumparan
Setiap peserta Kartu Prakerja yang lolos akan mendapatkan deposit dana Rp 1 juta. Dana deposit itu diambil dari kredit pelatihan yang digunakan untu mengikuti pelatihan online di 7 platform yang tersedia termasuk Pijar Mahir.
Dana kredit pelatihan menjadi hak penuh peserta Kartu Prakerja untuk menentukan pemakaiannya dan memilih kursus yang ingin diikuti, misalnya pelatihan instalasi Windows 10. Peserta Kartu Prakerja juga tidak dipaksa untuk mengikuti salah satu kursus tertentu.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.