Tekno & Sains
·
19 Oktober 2020 10:20

Viral Skor AnTuTu iPhone 12 Kalah dari Android, Apa Perbandingannya Sepadan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral Skor AnTuTu iPhone 12 Kalah dari Android, Apa Perbandingannya Sepadan? (39609)
iPhone 12. Foto: Apple
Baru-baru ini, sebuah gambar skor AnTuTu jadi viral di berbagai media online di Indonesia. Viralnya skor AnTuTu tersebut bisa dimaklumi karena menampilkan penilaian bagi iPhone 12, smartphone terbaru dari Apple yang dirilis pada pertengahan bulan ini.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelusuran kumparanTECH, gambar viral tersebut pertama kali dibagikan oleh kontributor database spesifikasi smartphone GSM Arena, Venkatesh Babu. Ia menyampaikan gambar skor AnTuTu iPhone 12 di akun Twitter-nya pada Jumat (16/10).
"Skor AnTuTu iPad Air 4 dan iPhone 12," kicau Babu sembari menyertakan kedua skor perangkat tersebut.
Pada tanggal yang sama, GSM Arena menerbitkan sebuah artikel yang membahas skor AnTuTu yang disebar oleh Babu. Artikel tersebut berjudul "Skor AnTuTu menunjukkan chipset iPhone 12 di-downclock, GPU lebih lambat dari pada seri 11." Sama seperti judulnya, GSM Arena membandingkan skor iPhone 12 dengan pendahulunya, iPhone 11.
Sejumlah media online Indonesia kemudian menyadur informasi skor AnTuTu iPhone 12 dari Babu dan GSM Arena pada tanggal yang sama. Anehnya, berbeda dengan GSM Arena yang membandingkan iPhone 12 dengan iPhone 11, media-media Indonesia membandingkan skor AnTuTu itu dengan smartphone Android.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelusuran kumparanTECH, di atas kertas skor AnTuTu iPhone 12 (yang punya nilai 572.133) memang berada di bawah skor smartphone Android seperti Asus ROG Phone 3, Xiaomi Mi 10 Ultra, dan Oppo Find X2 Pro yang punya skor di atas 600 ribu.
Viral Skor AnTuTu iPhone 12 Kalah dari Android, Apa Perbandingannya Sepadan? (39610)
Daftar ponsel tercepat AnTuTu bulan September 2020. Foto: AnTuTu
Skor AnTuTu iPhone 12 disebut tak merepresentasikan kemampuan aktualnya. Sebab, iPhone 12 belum resmi dijual saat ini dan belum ada pengguna umum yang memakainya.
Pertanyaannya, bahkan jika iPhone 12 sudah dirilis dan dipakai, apakah sepadan membandingkan skor AnTuTu iPhone dengan Android?

AnTuTu iOS dan Android tak apple-to-apple

Pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab oleh AnTuTu itu sendiri. Platform benchmark smartphone itu bilang, skor iPhone yang mereka buat tak bisa dibandingkan dengan skor Android. Hal ini sudah disampaikan AnTuTu dalam posting-an mereka di situs resmi sejak 2018 lalu.
ADVERTISEMENT
AnTuTu menjelaskan, karena ada perbedaan yang jelas dalam kernel dan bahasa pengembangan yang digunakan oleh sistem iOS dan sistem Android, versi AnTuTu benchmark bagi iOS dan Android adalah dua perangkat lunak yang berbeda. Mereka secara tegas mengatakan kalau metode pengujian untuk iPhone dan Android "berbeda secara signifikan."
Viral Skor AnTuTu iPhone 12 Kalah dari Android, Apa Perbandingannya Sepadan? (39611)
Skor AnTuTu iPhone 12. Foto: Venkatesh Babu via Twitter
"Versi iOS menggunakan Apple's Metal API sedangkan versi Android menggunakan OpenGL ES dan vulkan API. Meskipun skenario pengujian yang digunakan dalam dua versi sama, mekanisme rendering-nya berbeda, begitu pula persyaratan stres untuk perangkat keras.'
Secara keseluruhan, jelas AnTuTu menyebut mekanisme penilaian untuk versi iOS dan versi Android dari Antutu Benchmark sangat berbeda.
"Oleh karena itu hasil tes dari kedua versi tersebut tidak dapat dibandingkan secara langsung," jelas AnTuTu.
ADVERTISEMENT
Sederhananya, hasil pengujian benchmark AnTuTu hanya mendukung perbandingan dalam sistem yang sama berdasarkan versi aplikasi yang sama dan tidak mendukung perbandingan lintas versi atau lintas platform.