kumparan
13 Oktober 2019 12:06

Visa dan Mastercard Cabut Dukungan Mata Uang Libra Milik Facebook

Logo mata uang digital Libra
Logo mata uang digital Libra. Foto: Facebook
Masa depan mata uang digital Facebook, Libra, makin tidak menentu. Setelah PayPal menarik keanggotaannya pada awal pekan ini, kini jumlah perusahaan yang menarik dukungannya untuk Libra bertambah.
ADVERTISEMENT
Mereka yang baru saja memutuskan keluar dari anggota Libra Association setelah PayPal adalah Visa, Mastercard, eBay, Stripe, dan Mercado Pago. Libra Association sendiri merupakan organisasi nirlaba yang beranggotakan 28 lembaga atau perusahaan, dan dibentuk pada Juni 2019 lalu untuk mengawasi Libra.
Mundurnya kelima perusahaan tersebut sebenarnya tidak terlalu mengagetkan. Visa, Mastercard, dan Stripe, contohnya, yang memang dikabarkan sedang mempertimbangkan keanggotaan mereka dari asosiasi.
Menurut juru bicara Visa, perusahaan jasa keuangan multinasional itu memutuskan mundur karena ragu dengan kemampuan asosiasi untuk memenuhi tuntutan regulasi.
"Visa telah memutuskan untuk tidak bergabung dengan Libra Association saat ini. Kami akan terus mengevaluasi dan keputusan akhir kami akan ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk kemampuan asosiasi untuk memenuhi harapan peraturan yang diperlukan," kata juru bicara Visa, seperti dikutip The Verge.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, mata uang digital Libra memang mendapatkan banyak kritik. Salah satu permasalahan utama adalah belum adanya regulasi yang mengatur mata uang digital, sehingga memunculkan kekhawatiran terhadap dampaknya pada sistem keuangan global.
Adapun anggota Libra Association lain yang masih tersisa akan menghadapi tekanan dari pemerintah dan regulator. Pada Rabu (9/10), misalnya, Brian Schartz dan Sherrod Brown, dua senator dari Partai Demokrat AS, memperingatkan bahwa perusahaan keuangan yang bergabung dalam Libra Association akan mendapatkan 'pengawasan tingkat tinggi'.
Libra Association
Libra Association. Foto: Facebook
"Jika Anda melanjutkan ini (keanggotaan), Anda dapat mengharapkan pengawasan tingkat tinggi dari regulator tidak hanya pada aktivitas terkait Libra, tapi pada semua aktivitas pembayaran," kata Brian dan Sherrod dalam surat yang mereka kirim ke CEO Mastercard, Visa, dan Stripe.
ADVERTISEMENT
Untuk membahas tekanan yang diterima mereka, anggota Libra Association akan menggelar pertemuan tahunan di Jenewa, Swiss, pada 14 Oktober 2019. Pertemuan tersebut diperkirakan akan membahas komitmen dari semua anggota yang tersisa.
"Kami fokus melangkah dan membangun asosiasi yang kuat dari beberapa perusahaan terkemuka di dunia, organisasi yang berpengaruh kepada masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. Kami menantikan pertemuan dewan Libra Association perdana dalam 3 hari dan mengumumkan anggota yang tersisa dari Libra Association," jelas Dante Disparte, Head of Policy and Communication Libra Association.
Dengan keluarnya PayPal, Visa, Mastercard, eBay, Stripe, dan Mercado Pago, kini jumlah anggota Libra Association menjadi 22 lembaga atau perusahaan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan