WhatsApp Bikin Fitur Video Call hingga 50 Orang, Siap Saingi Zoom

13 Mei 2020 8:29
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
WhatsApp Group calls. Foto: Dok. Facebook
zoom-in-whitePerbesar
WhatsApp Group calls. Foto: Dok. Facebook
ADVERTISEMENT
WhatsApp baru-baru ini menambah jumlah partisipan dalam panggilan suara atau video call grup di aplikasinya, dari empat orang menjadi delapan orang. Kapasitas itu rupanya masih dinilai kurang oleh perusahaan.
ADVERTISEMENT
Ada kabar aplikasi pesan instan milik Facebook itu akan menambah lagi partisipan fitur video call grup. Tak tanggung-tanggung, jumlah maksimal pesertanya bakal mencapai 50 orang. Langkah yang akan membawa WhatsApp menjadi pesaing langsung aplikasi video conference Zoom dan Google Meet.
Fitur video call 50 orang dari WhatsApp pertama kali dilaporkan oleh WABetaInfo, blog yang khusus memberitakan update terbaru dari aplikasi tersebut. WhatsApp disebut tengah mempersiapkan fitur panggilan grup besar yang terintegrasi langsung dengan fitur Messenger Rooms.
Messenger Rooms sendiri merupakan layanan terbaru dari Facebook yang memungkinkan kamu melakukan video call, bahkan dengan orang yang tidak memiliki akun Facebook. Fitur ini mengizinkan kamu untuk untuk menelepon 50 orang sekaligus dalam satu sesi video call.
Facebook Messenger Rooms. Foto: Dok. Facebook
zoom-in-whitePerbesar
Facebook Messenger Rooms. Foto: Dok. Facebook
Di aplikasi WhatsApp Beta 2.20.139 untuk smartphone Android, ada tombol shortcut yang terintegrasi dengan Messenger Rooms. Fitur serupa juga ada di WhatsApp Beta versi iOS.
ADVERTISEMENT
Belum diketahui kapan WhatsApp akan merilis versi final dari fitur ini. Menurut WABetaInfo, WhatsApp tengah memastikan fitur tersebut tidak mengandung bug yang mengganggu pengguna, sebelum resmi dirilis ke publik.
Selain aplikasi, tombol shortcut Messenger Rooms juga ditemukan WhatsApp Web versi 2.2019.6. Meski demikian, fitur baru di WhatsApp Web itu baru bisa digunakan oleh sebagian kecil pengguna.
Ilustrasi WhatsApp Foto: REUTERS/Thomas White
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi WhatsApp Foto: REUTERS/Thomas White
WABetaInfo menjelaskan, shortcut Messenger Rooms dapat ditemukan oleh pengguna WhatsApp Web ketika sedang chat kepada pengguna lain. Jika pengguna klik tombol tersebut, nantinya WhatsApp bakal memberikan perkenalan fitur Messenger Rooms kepada mereka.
Selain di dalam sesi chat, WhatsApp juga menyediakan shortcut Messenger Rooms di menu utama. Nantinya, baik ketika pengguna mau membuat video call tersebut, WhatsApp akan meminta izin pengguna untuk mengalihkan mereka ke aplikasi Messenger Rooms.
ADVERTISEMENT
Belum diketahui kapan fitur video call 50 orang dari WhatsApp ini diluncurkan untuk iOS, Android, dan Web. Namun, keberadan fitur ini merupakan jawaban WhatsApp untuk menantang Zoom, aplikasi konferensi virtual yang booming saat pandemi virus corona, yang bisa melakukan video conference hingga 100 orang dalam satu sesi panggilan.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·