kumparan
9 November 2019 9:06

WhatsApp Business Rilis Fitur Katalog untuk Bantu UMKM Jualan

WhatsApp
WhatsApp Foto: Pixabay
WhatsApp telah menambah satu fitur baru untuk pengguna bisnis mereka di aplikasi WhatsApp Business. Fitur baru yang dimaksud adalah katalog belanja.
ADVERTISEMENT
Melalui fitur ini, pengusaha kecil atau UMKM menampilkan produk dan jasa mereka dengan lebih mudah. Seperti katalog pada umumnya, fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp Business memperlihatkan foto, harga, dan deskripsi produk untuk membantu calon pembelinya memutuskan pilihan.
“Sebelumnya, pemilik bisnis harus mengirim foto produk satu per satu dan memberikan informasi berulang-ulang. Sekarang pelanggan dapat melihat katalog lengkap bisnis di dalam WhatsApp,” ungkap pihak WhatsApp dalam blog mereka, Kamis (7/11).
“Fitur ini membuat pemilik bisnis tampak lebih profesional dan memungkinkan pengunjung terlibat dalam obrolan tanpa perlu situs web.”
Video
Katalog belanja yang dibuat pengguna WhatsApp Business juga dapat dikirim ke pelanggan mereka melalui chat. Sebagai contoh, jika pelanggan meminta rekomendasi atau bertanya tentang barang tertentu, penjual dapat mengirim katalog produk mereka yang mencakup semua informasi yang ingin diketahui pelanggan.
ADVERTISEMENT
Fitur katalog sendiri bisa dibilang pelengkap dari beberapa fitur WhatsApp Business yang telah ada. Sebelumnya, aplikasi tersebut sudah memiliki fitur profil bisnis, balasan cepat, label obrolan, dan pesan otomatis.
WhatsApp Business
Aplikasi WhatsApp Business. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Fitur katalog ini sudah tersedia di aplikasi WhatsApp Business versi Android dan juga iOS. Pengguna di Indonesia, Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan AS sudah dapat menikmati fungsi baru ini.
WhatsApp berjanji akan meluncurkan fitur katalog ini untuk semua pengguna WhatsApp Business.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan